Jumat, 07 Juli 2017

A-to- Z : Happy Mom to Be (Trimester 2)

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)


Memasuki trimester ke 2 ini alhamdulillah banyak perubahan yang terjadi antara lain :
> Badan sudah kembali fit untuk beraktifitas (tidak gampang lelah)
> Perut semakin terlihat membesar
> Tidak sering mual hanya sesekali saja
> Nafsu makan semakin bertambah
> Di beberapa area menghitam seperti pusar (terjadi pada usia kandungan 6 bulan)
> Alhamdulillah perut masih aman dari stretch mark (sepertinya karena rajin mengoleskan minyak kelapa ke tubuh)
> Sering Bangun tengah malam karena haus

Berpergian dengan Pesawat
Memasuki usia 6 bulan bertepatan dengan Idul Fitri sehingga kami sekeluarga dipastikan akan mudik. Beberapa alternatif pilihan moda transportasi yang nyaman menurut saya yaitu kereta dan pesawat dengan pertimbangan mudahnya jika saya ingin ke kamar mandi untuk buang air kecil (Karena berdasarkan buku yang saya baca : ibu hamil sebaiknya jangan menahan buang air kecil). 
Dikarenakan tiket kereta yang susah sekali didapatkan sehingga saya mengambil alternatif menggunakan pesawat. Saat itu saya menggunakan pesawat Lion Air untuk berangkat dan Air Asia untuk pulang. Ternyata kebijakan dari maskapai tersebut mewajibkan usia kandungan di atas 27 minggu wajib disertai dengan surat dokter (yang memiliki masa berlaku 3 hari) sedangkan untuk yang dibawah 27 minggu ataupun di atas 27 minggu wajib melaporkan dan menandatangani surat pernyataan dari maskapai. (Kebijakan setiap maskapai berbeda, sebaiknya sebelum keberangkatan kita menelfon maskapai tersebut untuk memastikan apa saja yang harus dipersiapkan)
Pada saat mudik tersebut usia kandungan saya belum mencapai 27 minggu namun untuk amannya saya membuat surat dokter.

Alhamdulillah ketika saya mudik dengan pesawat saat hamil tidak mengalami kendala :)
Barang-barang yang saya persiapkan saat berpergian:
- Surat dokter
- Air Minum
- Snack berupa buah/Roti
- Kelengkapan lain seperti baju, identitas dan tiket pesawat

USG 4D
Dikarenakan ketika usia kandungan 6 bulan posisi bayi saya sedang bagus, maka saya memutuskan untuk USG 4D. USG tersebut saya lakukan di BWCC (Bintaro Women Children Clinic) Jagakarsa. Alhamdulillah kondisi bayi dalam keadaan baik dan dokter yang pada saat itu menangani saya sangat baik yaitu Dokter Dini. Biaya yang dikeluarkan sekitar 300/350 rb sudah termasuk biaya dokter, USG 4D, USG 2D dan foto 4D dan video 4D. 

Menurut saya klinik ini memiliki harga murah dengan pelayanan yang di dapat sangat memuaskan serta gambar dan video 4D sangat jelas :)
Sebenernya kepingin lahiran di sini, karena kualitas dokter-dokter yang bagus, bidan yang ramah serta tempat yang bersih.


Pijat saat Hamil

Saat hamil berdasarkan pendapat dokter ada beberapa titik yang tidak boleh dipijat seperti telapak kaki dan pinggang serta perut dan posisi pijat yang tidak boleh telungkup. Berdasarkan hasil rekomendasi teman terdapat 2 pilihan pijat ibu hamil yaitu di Klinik bersalin Any Raharjo dan pijat Homecare Rumah Cantik Muslimah Mom and Baby Spa.
Selama kehamilan ini saya baru mencoba pijat Homecare Rumah Cantik Muslimah Mom and Baby Spa karena kita cukup di rumah saja dan mba-mba pijatnya datang ke rumah. Treatment yang diberikan bermacam-macam tidak hanya untuk ibu melainkan untuk bayi juga ada. Alhamdulillah saya sangat merasa nyaman setelah pijat di Rumah Cantik Muslimah Mom and Baby Spa

Rumah Cantik Muslimah Mom and Baby Spa :021 2296 9853

Body Tratment saat Hamil
Pada saat hamil saya mencoba mengganti semua produk skincare saya yang aman untuk ibu hamil dan cocok untuk kulit saya serta nyaman di kantong. Berikut merupakan skincare andalan saya saat hamil :

Wajah 
Pembersih wajah : sariayu facial foam putih langsat
Toner :Viva Face Tonic Bengkoang
Pelembab : Wardah Hydrating Aloe Vera Gel
Sunscreen : Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA ++

Badan 
Body Oil : Minyak kelapa buatan sendiri
Deodorant : Mineral salt deodorant dari Dukha to Sukha

Untuk makeup saya masih menggunakan makeup sebelum hamil namun untuk frekuensi pemakaiannya diminimalisir. Alhamdulillah dengan skincare ini kulit tidak kering dan insyallah sejauh ini berut bebas dari stretch mark.



Happy Preggo Mom  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar