Jumat, 31 Maret 2017

A-to-Z : Pengalaman Mempersiapkan Pernikahan selama 3 Bulan (Venue Jakarta)




Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum) 


Siapa yang akhir-akhir ini sering banget dikasih pertanyaan :
" Kapan NIKAH? "
Hayooo ngakuuuu ;)
Tenang aja, berdasarkan pengalaman saya, pertanyaan itu sih gak sehoror ketika vendor-vendor nikah menyebutkan nominal-nominal untuk biaya pernikahan hehe..

Alhamdulillah pernikahan saya telah terlaksana dan berjalan lancar walaupun hanya dipersiapkan dalam waktu 3 bulan (tanpa bantuan WO). Terimakasih buat ibuku yang merangkap mulai dari WO, bendahara, teman curhat dll serta bantuan dari saudara dan teman-temanku sekaliaaan pada hari H #peluk satu-satu hehe

Dan ini lah perjalanan 3 bulan yang menegangkan...

Dari awal saya sudah berencana menikah dengan tidak merepotkan saudara-saudara dan teman-teman sehingga semua persiapan mulai dari lamaran hingga pernikahan ditangani hanya oleh keluarga inti saja. Konsep pernikahan saya adalah simpel, kreatif dan instagramable hehe. Oiya waktu persiapan ini ada beberapa komitmen dari kami untuk menghemat budget yaitu tidak ada seserahan serta acara adat-adatan.

Persiapan pernikahan saya bisa dibilang sangat singkat, hanya 3 bulan saja!, mulai dari lamaran sampai menikah, saya dilamar tanggal 27 Agustus 2016 dan alhamdulillah menikah 3 bulan kemudian yaitu 27 November 2016. Alhamdulillah keseluruhan persiapan dan acara berlangsung sukses dan lancar.

1)LAMARAN
Karena konsep lamaran kami yaitu simpel dan tidak mau merepotkan keluarga besar, maka acara lamaran pun kami laksanakan di Restaurant tepatnya di Rumah Makan Mang Engking belakang Universitas Indonesia. Lamaran cukup dihadiri keluarga inti saya yang berjumlah 4 orang, sedangkan dari pihak (calon) suami saya juga sudah sepakat tidak mengirimkan banyak orang karena domisili mereka yang kebanyakan di daerah. Acara lamaran kami gelar saat jam makan malam, menurut saya waktu tersebut memang pas, karena setelah sedikit basa basi perkenalan, melamar, bisa langsung menikmati makan malam yang telah tersaji.

Hasil dari acara lamaran saya, disepakati kami menikah bulan November yaitu 3 bulan dari acara lamaran, hanya saja tanggalnya belum ditentukan karena untuk tanggal menyesuaikan ketersediaan gedung nantinya.

Jadi, bagi teman-teman yang masih bingung menentukan hari baik pernikahan, patut direnungkan bahwa semua hari itu adalah hari baik, soal rejeki, maut, dll itu ALLAH yang menentukan, selagi niat itu baik insyallah akan dibantu oleh Allah SWT, apalagi perkara menikah merupakan suatu yang harus disegerakan :) .

2) PERBANYAK DOA, SIAPKAN BUDGET DAN RISET 
Ini terpenting, karena tanpa doa, tanpa kepada Allah SWT, segala rencana dan acara kita takkan berjalan lancar.

Hal penting kedua adalah budget (biaya), apalah jadinya sebuah acara kalo tiada biaya, untuk pernikahan saya ini bisa dibilang budget nya standard aja, gak sampai 100 juta, tidak usah saya sebutkan nominal pastinya, yang jelas ini termasuk standar untuk pelaksanaan pernikahan di Jakarta yang dihadiri 500 undangan (1000 orang) dan diselenggarakan di gedung.

Kalau untuk riset saya mengandalkan kecanggihan dunia maya. Jadi setiap vendor yang disebutkan di blog sampai dengan 5 kali langsung saya masukan ke list calon vendor. Riset melalui dunia maya ini amat sangat membantu karena amat sangat menghemat waktu, jadi kita tidak perlu tuh datengin vendor yang ada di Jakarta satu-satu. Oiya untuk ceklist to do list, saya terbantu sekali sama list ini dari blognya http://told.byputy.com, btw makasihhh kak buat to do list nya :)

3) MENCARI GEDUNG PERNIKAHAN
Hal yang pertama harus dilakukan dalam persiapan pernikahan (jika memiliki waktu persiapan terbatas dan berada khususnya di Jakarta), adalah menentukan gedung.

Kriteria saya untuk memilih gedung :
1. Dekat dari Rumah dan kantor
2. Posisi strategis (gampang di akses oleh angkutan, tol, busway, stasiun kereta)
3. Bisa menampung 500 undangan/1000 orang
4. Harga di bawah 8 Juta
5. Parkiran luas
6. Dekat dengan penginapan (karena keluarga saya banyak yang dari daerah)

SIAPA CEPAT DIA DAPAT
karena di jakarta- sangat sulit mencari gedung yang sesuai keinginan dan budget kita, kalo kita terlambat sedikit, barang satu jam saja- gedung itu sudah dibooking orang lain, di tanggal dan jam yang sama dengan rencana kita, hilang lah semua impian kita menggelar pesta di gedung itu, terpaksa harus cari2 lagi gedung lain dan itu tidak mudah, jadi... begitu kita sudah mengincar suatu gedung dan hari serta jam yang kita inginkan masih kosong- saya sarankan segera booking gedung tersebut.

Karena rumah saya dan kantor di Area Pasar Minggu-Ragunan, maka semakin sedikit list yang sesuai kriteria kami antara lain :
1. Gedung KKO Marinir Cilandak (akses ke sana sedikit sulit)
2. Gedung Balai Rakyat (parkiran kurang begitu luas)
3. Graha SMK 57

Gedung yang saya pilih dengan persyaratan yang memenuhi yaitu SMK 57 namun pada SMK 57 kapasitas gedung hanya cukup untuk 400 undangan, maka untuk mensiasati hal tersebut saya memanfaatkan lahan samping kiri gedung yang lumayan luas dan menambah tenda karena pada bulan November adalah musim hujan.

Kondisi gedung SMK 57 saat saya survey :




Kondisi lahan samping gedung SMK 57 :





Alhamdulillah Gedung SMK 57 pada hari, tanggal, dan jam yang saya ingin masih kosong, langsung aja saya booking, waktu itu biaya sewa gedung untuk hari Minggu pagi adalah 4,5 juta dengan tambahan sewa tenda dan AC outdoor untuk samping gedung menjadi 6 jt. Menurut saya ini cukup murah dibanding gedung lain, harga tersebut sudah termasuk termasuk charge untuk tambahan kursi, listrik, kebersihan, dan keamanan.

Review Graha SMK 57 :
> Gedung tidak terlalu mewah
> Lantai banyak lakban hitam yang sedikit mengganggu
> Parkiran Luas
> Pengelola gedung sangat membantu
> Posisi sangat strategis
> AC gedung dingin
> Kondisi ruang rias lumayan nyaman

Untuk penginapan sendiri di Hotel Pradana SMK 57 yaitu range harga antara 150 rb s.d 350 rb. Posisi hotel berada di samping gedung (masih pada komplek yang sama) sehingga mempermudah akses keluarga ke tempat kegiatan. Saat acara tersebut saya memesan 8 kamar.

Review Hotel Pradana SMK 57 :
> Kebersihan kurang
> Kondisi kamar terkesan tak terawat
> Tidak tersedia sarapan pagi
> OB dan pengelola gedung sangat responsif
> Fasilitas yang tersedia : Mesin pemanas air minum, AC/Kipas angin, handuk

Sebenarnya di depan SMK 57 terdapat hotel yang lumayan bagus bernama Hotel Sehati dan beberapa blok dari SMK 57 pun terdapat penginapan milik Kementerian pertanian yaitu Wisma Tani. Saat itu saya tetap memesan kamar di SMK 57 dikarenakan toh hanya semalan saja kami menginap dan posisi kamar yang dekat dengan tempat kegiatan dapat menjadi tempat istirahat ketika acara berlangsung bagi keluarga kami yang sudah sepuh.


Kondisi kamar penginapan pada SMK 57 : 




Graha dan Hotel Pradana di SMK 57
Pasar Minggu, Jl. Taman Margasatwa No.38 B, RT.12/RW.5, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12540, Indonesia

Penilaian Gedung : 4
Penilaian Penginapan :3.5

4) PERBURUAN WEDDING RING DAN KOTAK MAHAR
Wedding ring akhirnya kami beli di Toko Kenanga, Cikini Gold Center. Untuk model untungnya kami gak terlalu banyak maunya dan kalau  harga saya gak tau deh termasuk murah atau mahal hehe, kalau berdasarkan survei di dunia maya sih termasuk murah. am buka toko : 09.00 s.d 18.00 dan antrinya sih lumayan apalagi kalau hari libur. Saran saya sih kalau mau k sana pagi hari dan di telfon dulu karena terkadang jam buka toko suka berbeda.

Review Toko Kenanga :
> Respon penjualnya bagus, koordinasi via telfon pun lancar
> Pengerjaannya yang tepat waktu (kurang lebih 1-2 bulan)
> Modelnya lumayan beragam


Toko Emas Kenanga
Cikini Gold Center
Lt LG No.20
Telp. 021-44661688

Penilaian : 4.5/5 

Kalau untuk kotak mahar, karena mahar saya kalung serta emas batangan maka kriteria kotak saya yang kecil namun instagramable untuk di foto hehe. Untungnya saya menemukan kotak impian saya di Cikini Gold Center. Di CGC banyak sekali pilihan kotak mahar ataupun seserahan dan hargapun hampir sama, namun yang punya kotak seperti yang saya impikan dengan harga yang murah hanya ada di Gatara Bali. Satu kotak kayu plus kustom desain hanya 70 rb. Setelah menikah kotak tersebut saya pakai untuk tempat makeup hehe.



Toko Gatara Bali
Cikini Gold Center, 
Lantai 2 No 69 70

Penilaian : 5/5 

5) MENGURUS BERKAS PERNIKAHAN DI KUA
Ini juga hal terpenting yang harus disiapkan dengan segera, kenapa? karena penghulu pada hari, tanggal, dan jam kita menikah, juga memiliki jadwal lain menikahkan orang lain juga, itulah kenapa kita harus segera mendaftarkan berkas pernikahan kita di penghulu, agar kita mendapat jam dinikahkan yang sesuai rencana kita, jangan sampai pada jam yang kita inginkan tersebut- jadwal pak penghulu sudah padat. Mengurus berkas di KUA sangatlah mudah.


  • Berkunjung ke RT dan RW tempat kalian tinggal untuk mengurus surat pengantar ke KUA
  • Setelah mendapatkan surat pengantar ke KUA, kedua calon pengantin harus mengurus surat N1, N2, N4, dan surat keterangan belum menikah ke kelurahan tempat tinggal masing-masing. Dokumen yang dibutuhkan adalah pas foto ukuran 3×4 (2 lembar) dengan background berwarna biru/merah, fotokopi KTP CPW & CPP (2 lembar), fotokopi KK CPP & CPW (2 lembar), dan surat pengantar RT/RW.
  • Setelah itu surat N1, N2 dan N4 tersebut dibawa ke KUA kecamatan masing-masing untuk didaftarkan. Jika kamu ada surat menumpang nikah, maka surat itu juga perlu dibawa ke KUA. Baru setelah itu diberi tahu ketersediaan penghulu yang akan menikahkan, serta diberi pembekalan tentang pernikahan. (dokumen: surat rekomendasi nikah dari KUA domisili, pasfoto 2×3 (4 lembar), dan surat-surat lain dari KUA setempat)
  • Lalu akan mendapatkan surat N7 atau surat pendaftaran KUA. Di sini kita harus menyampaikan info penting mengenai pernikahan kamu seperti:


  1. Jam akad nikah
  2. Penjemputan penghulu pada jam berapa dan lokasinya
  3. Apakah sari tilawah dan qori akan disiapkan oleh penghulu atau dari pihak kamu sendiri
  4. MC akad nikah
  5. Wali nikah
  6. Saksi pernikahan (Jangan lupa juga untuk memberikan fotocopy KTP dari masing-masing saksi). 

oiya saran saya sebelum ke KUA, kita harus tau dulu mahar pernikahannya apa karena waktu kemarin saya mengurus belum dibicarakan mahar berbentuk apa dan nilainya hehe jadi waktu di tanya penghulu rada bingung jawabnya hehe...

6)  MEMILIH KARTU UNDANGAN
Setelah mendapat gedung dan mengurus berkas (ijin) menikah di KUA selesai, langkah selanjutnya adalah pesan undangan, yup!, undangan baru bisa dipesan (dicetak) setelah hari, tanggal, jam,  nama gedung, alamat gedung, jadwal akad nikah, sudah dipastikan, barulah pesan undangan.

Banyak web2 yang menawarkan undangan dipesan secara online, tapi saya kurang yakin kalo lewat online, saya lebih suka datang langsung dan memilih langsung, sehingga saya tahu bentuk asli undangan itu. Berdasarkan hasil survey, dapat lah informasi bahwa tempat percetakan undangan yang murah ada di pasar Tebet. Setelah mendapat beberapa list toko dari internet, kami kunjungi lah satu per satu toko tersebut. Dan akhirnya pilian saya jatuh pada Pekalongan Printing.

Review Pekalongan Printing :
> mereka ramah dan sabar meladeni saya
> proses pembuatannya pun cepat, karena waktu saya mepet- hanya tinggal 2 bulan, mereka bisa mengerjakan lebih cepat dari yang saya duga.
> segi harga pun sangat murah menurut saya yaitu Rp 6500 dengan jumlah yang dicetak hanya 350 undangan dan model undangan yang lumayan sulit.
> pegawai yang desain undangan jago dan masi muda serta ide-idenya kreatif

Bentuk undangan saya yaitu frame foto, alasan pemilihan ini karena nantinya setelah undangan di baca, undangan tersebut dapat dipajang di meja kerja sebagai frame foto dan di bagian belakan terdapat kalender 2017 (Undangan yang saya undang sebagian besar adalaah pegawai kantoran). Selain itu jika undangan bersisa (karena tidak semua yang saya undang saya berikan undangan) , foto hasil pernikahan saya yang terdapat foto keluarga besar dapat saya cetak dan saya letakan di frame tersebut kemudian saya berikan kepada keluarga saya. Alhamdulillah bermanfaat :)

Pekalongan Printing
Pasar Tebet Barat Lt. Basement Blok BKS No.15/16, Jalan Tebet Barat, RT.2/RW.5, Tebet Bar., Tebet, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12810, Indonesia
Penilaian : 5/5 

# 7) MEMILIH CATERING ALL IN ONE 
Dari awal saya memang sudah niat sekali menggunakan Chikal Primarasa Catering dan alhamdulillah pilihan saya tidak salah :)
alasan saya memilih catering ini dengan segenap hati yaitu :
> Pemilik catering yaitu Bu Sri super duper baik. Saya dapat banyak banget masukan dan bonus-bonus yang banyak banget kalau harus disebutkan satu persatu.
> Chikal Primarasa adalah catering All in one yaitu harga yang di tawarkan sudah mencangkup catering, dekor, baju pengantin, ortu pengantin, keluarga dan panitia, foto dan video nikahan serta perias yang ciamik.
> Pelunasan dapat dilakukan satu minggu setelah acara selesai

berikut merupakan kontrak saya dengan chikal :

Mungkin ada beberapa orang yang kaget dengan nilai paketnya, tapi berdasarkan hasil survei saya di Jakarta harga tersebut termasuk murah dengan kualitas makanan yang T.O.P Banget, dekor yang keren, porsi makanan yang berlimpah (sampai acara selesai makanan masih banyak padahal teman-teman saya banyak yang nambah makannya karena enak), Baju nikah dan makeupnya yang yang bagus banget (saya di makeup oleh mba Rini)

Inilah hasil karya Chikal Primarasa yang loveable banget :





Catering Chikal Primarasa
Jl. Kramat Aris RT 04 / RW 03 No.43, Setu, Cipayung, RT.4/RW.3, Setu, Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13880, Indonesia
 Penilaian : 5/5

8) MENCARI SOUVENIR
Untuk sovenir saya memang dari awal ingin sovenir yang bermanfaat dan gak pasaran.Akhirnya kami memilih sekulen sebagai sovenir dan membelinya di kenalan saya (kontak bisa dimintakan ke saya). Untuk harga sendiri lebih murah dari Erick Kaktus. Pelayanan pun sangat bagus. Rekomen!

 Penilaian : 5/5

9) H-2  PENGAJIAN SEBELUM AKAD NIKAH
So far acara pengajian berlangsung lancar, kami hanya mengundang bapak2 masjid, untuk kue2 saya pesan di dekat rumah dan untuk yang di bawa pulang saya pesan satu ekor ayam utuh di restaurant Soto Bu Tjondro Depok, Enak! Alasan pesan satu ekor ayam di kotakan agar bisa dinikmati bersama keluarga, kalau nasi pasti kan sudah ada di rumah masing-masing hehe.

Soto Bu Tjondro (Ayam satu Ekor)
No.1, Jl. Sersan Anning, Depok, Pancoran MAS, Kota Depok, Jawa Barat 16431, Indonesia
 Penilaian : 5/5

9) Mempersiapkan mental & belajar
Jujur ya, melihat pengalaman orang-orang yang menjalani rumah tangga sepertinya tidak mudah karena banyak tantangan yang dihadapi. Untuk mengantisipasi hal tersebut dan mempersiapkan mental, ku mulai belajar-belajar mengenai cara menjadi istri, ilmu apa saja yang dibutuhkan saat membangun rumah tangga dan lainnya. Informasi tersebut dapat diperoleh dari buku atau sharing dari orang sekitar ataupun mengikuti kuliah whatsapp seperti yang diselenggarakan Institut Ibu Profesional (IIP) ataupun bengkel diri.

Baca juga :
Materi IIP ke 1
Materi IIP ke 2
materi IIP ke 3 
materi IIP ke 4
Materi IIP ke 5
Materi IIP ke 9

Buat yang mau menikah semoga acaranya sukses lancarrr... Aamiin Yaa Rob
Jangan stress nikmati prosesnya karena nanti bakal kangen lohhh sama suasana persiapan nikahan :)


Feel free to ask me in comment section ya, if you want to know further :)

22 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. malam mba, terimakasih sdh berbagi cerita. saya mau minta kontak souvenir kaktusnya boleh? :) kalo boleh bisa tlg kirim ke email saya: zaharaf287@gmail.com terimakasih :)

    BalasHapus
  11. haaii mba salam kenal!
    infonya berguna banget! makasih yaa :)

    mamaku suka banget sm smk57
    jadi aku mau tau detailnya
    klo masih ada no kontak pic smk57 dan kontak chikal primarasa boleh tolong di share ke emailku cikucaki@gmail.com ?

    atas perhatiannya makasih ya :)

    BalasHapus
  12. Thanks infonya. Oiya, temen-temen tau ga sih kalo sebenernya ada cara sangat ampuh untuk persiapkan biaya nikah? Dan ternyata bukan dengan nabung loh! Jawabannya bisa cek di sini nih: jangan menabung untuk persiapan menikah

    BalasHapus
  13. Haiii Para Calon Pengantin
    Buat pasangan yang belum menemukan venue untuk resepsi pernikahannya karena udah terlalu banyak venue yang kamu datangi jadi buat kamu bingung dan pusiiing buat pilih pilihnya. Datang yukkkk ke HIS Office Graha Elnusa Lt.2 (Jl. TB. Simatupang Kav. 1B, Cilandak- Jakarta Selatan), karena kita punya paket All In yang akan membantu kamu dalam mempersiapkan pernikahan impian. Apa aja sih paket All In yang akan di dapat :
    - Gedung (Full Karpet, Full AC)
    - Catering (Buffe dan Foodstall)
    - Dekorasi
    - Photography
    - Entertaiment
    - Rias dan Busana / Bridal
    - 1 Wedding Planner
    - 8 Orang Wedding Organizer
    - MC
    - Wedding Car Alphard

    * Bonus :
    A. Pick Your Bonus 1 : -Undangan dan Souvenir 300pcs @ 7.000, -Penginapan di RA Premiere Simatupang
    B. Pick Your Bonus 2 : -Foodstall Millenial HONG TANG 200 porsi, -Screen & Photoboth, -Penginapan di RA Premiere Simatupang
    Info lebih lanjut hubungi DWI 0857-1837-2283 Wedding Public Relation HIS Graha Elnusa

    BalasHapus
  14. Hallo, aku mau sharing tentang pernikahan aku di gedung HIS GRAHA ELNUSA di TB Simatupang yang sudah full karpet harganya jauh lebih murah looh untuk gedung di daerah Jak-Sel, parkirannya juga luas bgt, udah gitu gak ribet cari2 vendor lg karena disitu sistemnya udah ALL IN PACKAGE dan sudah ada WEDDING PLANNERnya juga..

    Kemarin acara aku di arrange sama wedding consultant yang kooperatif bgt acara berjalan lancar dengan budget aku yg tidak terlalu mahal dan masuk akal..

    Silahkan langsung kontak wedding consultant yang handle aku 085887972972 mba INES namanya dia udh berpengalaman dalam hal wedding biasanya juga dia suka kasih bonus banyaakk.. hehehe ;)

    BalasHapus
  15. Dear Akang & Teteh Calon Pengantin,

    Salam hangat dari HIS Balai Sartika Bandung.

    Sebelumnya apakah Akang & Teteh sudah mendapatkan gedung pernikahan yang tepat untuk pernikahan Akang & Teteh? Jika belum, perkenalkan kami dari HIS Wedding Venue and Organizer Balai Sartika Convention Hall.

    HIS Wedding Venue & Organizer sudah berpengalaman menangani lebih dari 200 pernikahan dengan berbagai macam tema dan impian para pengantin. Kami dengan senang hati akan membantu menjadi bagian dari kesuksesan hari bahagia calon pasangan pengantin berikutnya.

    PAKET SUDAH TERMASUK :
    1. Venue full carpet di Balai Sartika Convention Hall.
    2. Catering - Bebas memilih vendor.
    3. Dekorasi all area - Bebas memilih vendor.
    4. Paket Make Up & Busana - Bebas memilih vendor.
    5. Dokumentasi Prewedding-Siraman-Akad-Resepsi.
    6. Music Entertainment - Bebas memilih vendor.
    7. Upacara Adat.
    8. MC Akad & Resepsi.
    9. Acara Adat Siraman & Pengajian.
    10. Wedding public relations & wedding planner untuk calon pengantin.
    11. Wedding executor by HIS.

    KELEBIHAN YANG DIDAPATKAN:
    1. Ballroom Full AC.
    2. Gedung Full Carpet, Lampu Kristal.
    3. Ruang rias ekslusif.
    4. 350 kursi permanen, sudah termasuk listrik 15.000 watt & genset.
    5. Service dari Wedding Public Relations, Wedding Planner & Wedding Executor di HIS Balai Sartika.
    6. Free Charge Kebersihan, Free Charge Masjid dan Akses Tol & Jalan Mudah.
    7. Paket Fleksibel dapat berubah sesuai kebutuhan Calon Pengantin.
    8. Porsi Catering menyesuaikan kebutuhan Calon Pengantin.

    Jika Akang dan Teteh membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan untuk menghubungi saya melalui telfon atau Whatsapp di 081220713315 (Rica Valenti), atau Akang dan Teteh bisa langsung mengunjungi kantor HIS Balai Sartika di Jalan Suryalaya Indah no 1-3 Bandung.

    Berikut photo dan video lainnya bisa kunjungi
    INSTAGRAM : @his_balaisartika

    Diantos Akang Teteh..

    BalasHapus
  16. Hallo, aku mau sharing tentang pernikahan aku di gedung HIS GRAHA ELNUSA di TB Simatupang yang sudah full karpet harganya jauh lebih murah looh untuk gedung di daerah Jak-Sel, parkirannya juga luaaaass bangett, udah gitu gak perlu ribet cari2 vendor lg karena disitu sistemnya udah ALL IN PACKAGE dan sudah ada WEDDING PLANNERnya lho.. 

    Kemarin acara aku di arrange sama Wedding Public Relation & Wedding Planner yang kooperatif bgt.. Alhamdulillah acara berjalan lancar dengan budget aku yg tidak terlalu mahal dan masuk akal..

    Silahkan langsung kontak Wedding PR yang handle aku 085887972972 mba INES namanya dia udh berpengalaman dalam hal wedding biasanya juga dia suka kasih bonus banyaakk.. hihihi

    BalasHapus
  17. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    BalasHapus
  18. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    BalasHapus
  19. Dear brides and grooms to be 
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music&entertaiment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik di hari Bahagia akang teteh 
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Grand Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    BOOKING FEE ONLY RP. 5000.000
    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    GIYANTI : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    BalasHapus
  20. Haii Calon Pengantiin ..

    Mau Menikah tapi bingung cari Gedung, belum lagi catering, dekorasi dan yang lain-lainnya ..

    HIS Graha Elnusa Menawarkan All in Wedding Package, Sudah termasuk :
    -Gedung (Full Carpet, Full Ac, Lampu kristal)
    -Catering ( Buffet dan Foodstall )
    -Dekorasi
    -Entertaiment
    -Rias & Busana
    -Photography
    -MC
    -Wedding Planner serta Wedding Organizer .

    Dan dapatkan bonus foodstall milenial 200porsi (Sushi Tei, Flip Burger, Hongtang , Gulu-Gulu)

    Jadi Callon Pengantin cuma tinggal siapin Souvenir dan Undangan ajjah 😊
    Booking sekarang yuukk kak 😉

    For More Information :
    Nurul 085695671976

    BalasHapus
  21. Dear brides and grooms to be
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music & entertainment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik dalam membantu dari awal hingga di hari Bahagia akang teteh
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    Giyan : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    BalasHapus
  22. Thanks infonya. Oiya bicara persiapan pernikahan, ada juga loh hal penting yang harus dibicarakan dengan pasangan sebelum membina bahtera rumah tangga. Tentu saja terkait keuangan. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya konflik di kemudian hari. Cek disini ya man teman: Penting, masalah keuangan yang harus dibicarakan dengan pasangan sebelum menikah

    BalasHapus