Senin, 15 Juni 2020

Langkah-langkah Pengiritan 2020

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum) 


Entah kenapa, semakin mengenal saham, reksadana, SBR dan instrumen investasi lainnya, ku merasa semakin pelit dalam ngeluarin uang buat hedon (semoga ini berlangsung seterusnya AMIINN)

Apalagi saat pandemi COVID-19 ini, dari pada hedon gak jelas mending nyiapin dana darurat atau perbanyak sedekah karena kita gak akan tau pandemi ini selesai kapan dan apakah kita akan selamat huhuhu sediih bayanginnya.

Biasanya tuh ya, pasti alokasiin dana hedon buat ke Mall cuma sekedar makan dan nonton dan beli barang gak jelas yang ngabisiin uang minimal 500 ribu sekali pergi. Atau sekedar beli baju atau printilan online gak jelas.

untuk saat ini hedon tetep masi ada si tapi jumlahnya diminimalisir dan dialihkan ke yang lebih berguna kayak beli bahan-bahan buat kreasi kue atau beli buku (ya iyalah mana bisa selama #dirumahaja kita ke Mall)


Nah langkah-langkah pengiritan apa saja sih yang sudah saya lakukan sepanjang pertengahan tahun 2020 ini?

Jumat, 12 Juni 2020

Pengalaman Membuat Kurikulum Anak


Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)


Membuat kurikulum untuk anakku adalah salah satu target besar saya ketika Covid-19 melanda.

Ketika kantorku melaksanakan WFH ataupun sistem piket, membuat manajemen waktuku menjadi lebih longgar. Alasan lainnya karena saya lihat anak usia 2-5 Tahun memiliki daya tangkap yang cepat, jadi kalau tidak dirangsang dengan baik menurut saya sayang saja. Dan alasan utama membuat kurikulum ini yaitu :

“Pengasuhan anak nanti akan diminta pertanggungjawabannya”

huhu horor yaaa.. 

Apasih kurikulum anak itu?
Sistem kegiatan aktivitas keseharian anak yang didesai agar seluruh nilai dalam keluarga tersampaikan dengan baik.

Bagaimana dengan anak saya?
wahahaha karena tidak ada kurikulum yang jelas, jadi pelaksanaan metode bermain sambil belajar pun sesuai mood saya atau sesuka anak saya. Pernah tu anak saya nonton youtube seharian huhuhu sediih. Selain itu dengan tidak ada kurikulum anak, anak saya terkadang sering saya abaikan ketika saya sibuk kerja huhu sedihnyooo.. Ya seperti yang diketahui bersama endingnya pasti ke gadget. Nah gadget sih gak buruk-buruk banget kalau tidak sampai ketergantungan. Tapi kalau sampai ketergantungan.. hmmmm ya kayak saya ini sekarang. Gak bisa lepas dari HP. huhu sedih.

Maka akhirnya demi detoks dari gadget bagi saya dan keluarga, akhirnya kami mulai menyusun kurikulum keluarga dan anak agar aktivitas kami lebih terarah.

Kamis, 11 Juni 2020

Food Preparation ala Mamak Malas

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)



Haiiiii, apa kabar #NewNormal kalian?

Kalau dikantorku alhamdulillah sudah mulai masuk kantor, tapi masih sistem piket. Nah berhubung sudah masuk kantor dan karena #NewNormal ini wajib bawa bekel, jadilah tiap pagi pas Work From Office (WFO) ku sibuk banget nyiapin bekal makanan hahha. Ditambah pula lokasi kantor yang makin jauh, jadiku naik mobil jemputan yang pagi banget hahaha, gak ada cerita lagi tu bangun mepet-mepet atau lupa bawa bekel dan berakhir jajan.

Selasa, 02 Juni 2020

Sasha Pencegah Gigi Berlubang: Senjata Andalan Saat Social Distancing

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)



Wah pasti teman-teman pada bingung yaa. 
Apa sih kaitannya Pasta gigi Sasha dengan Social Distancing?

Jadi ku jujur aja ya, aku tu dulu waktu kecil paling malessss gosok gigi. Jadi ya gitu deh, ada beberapa gigi yang berlubang (plis jangan dicontoh yaaaa). Dann kalau lagi sakit gigi, huhu ngiluuuu banget.

Tapi tenang jangan sedih dengar ceritaku, 
Kabar baiknya, yang berlubang itu alhamdulillahnya gigi susu, jadi ketika tumbuh dewasa satu per satu gigi susu yang belubang itu copot. Ya Allah itu seperti dikasi kesempatan kedua sama Allah SWT buat bener-bener ngejaga gigi dari gigi berlubang seperti waktu kecil dulu.

Sabtu, 30 Mei 2020

Cybermom : Keamanan Silaturahmi Online Ditengah Covid-19

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)


Alhamdulillah ya dimasa seperti ini kita masih diberikan nikmat sehat. Jujur sebenarnya ini adalah lebaran yang saya harapkan (tapi tanpa Covid-19 ya). Lebaran yang :
  • Tanpa mudik
  • ART tidak mudik
  • toko-toko H+3 sudah buka
  • Tidak berkunjung ke banyak orang (biasanya banyak banget yang aku kunjungi, saking banyaknya H+1 minggu langsung sakit karena kecapean huhu)
Tapi ya karena ada Covid-19 ini jadi tidak terlalu menggembirakan merasakan lebaran yang aku idamkan selama ini. Dan entah kenapa ku jadi kangen mudik dan berkunjung ke banyak orang wkwkwk (dasar manusia gak pernah puas)

Rabu, 27 Mei 2020

Tetap Produktif dan Mampu Beradaptasi dengan Berbagai Tantangan di Masa Pandemi

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)



Wihh salah satu newnormal yang saat ini sering ku lakukan yaitu ikut seminar/ diskusi online yang pastinya bermanfaat dan kalau bisa geratis hehe.
Tanggal 27 Mei 2020 ke berkesempatan ikut diskusi yang dilaksanakan oleh kumparan bekerjasama dengan AIA melalui youtube.

Buka Buku : Bunda Cekatan

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)



Akhirnya selesai juga ku baca buku ini, entah kenapa buku ini merupakan whistlist buku pertama yang wajib aku baca ketika Work From Home. Alasannya sebenarnya karena selama ini ku jadi ibu dan istri terkesan lelet dan ngasal haha. Pekerjaan rumah gak beres, pekerjaan kantor juga gak dikerjain maksimal, suami gak terlalu diperhatiin apalagi pendidikan anak bukan jadi konsernku dan ibadah juga belum maksimal huhu sedihhh..

Intinya mah ku terlihat sibuk tapi ternyata setelah dilihat lebih teliti sibuknya kebanyakan baca webtoon, nonton youtube dan main instagram zzzzz. Memang tantangan mamak zaman now sungguh lah berat wkwk

Terus tiba-tiba kepikiran, selama ini aku kerja jadi PNS pasti pakai ilmu dan ada teorinya agar yang kita kerjakan berkualitas dan efektif. Pasti adalah buku panduan menjadi ibu, eh ternyata susah dong nyarinya. Kalau parenting atau mendidik anak seabreg-abreg itu buku di gramedia. Kalau menjadi Ibu, hmmm mungkin ku memang belum ketemu.

Sewaktu ikut Institut Ibu Profesional, ada yang ngenalin buku ini dan ku langsung beli karena di Cover Buku menjelaskan tentang 12 ilmu dasar manajemen rumah tangga (sebagai anak manajemen ku sangat tertarik).