Senin, 25 Juni 2018

Puasa Yuk Ibu Menyusui

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)





(Baca cerita Rani di sini, mungkin lebih detail : Menyusui saat Puasa)

Hayoo siapa yang lagi jadi Busui dan galau mau puasa atau gak?
Alhamdulillah Bulan Ramadhan sudah berakhir dan ternyataa saya kuat puasa!! padahal awalnya ragu haha
Ya walaupun produksi asi turun setengahny tapi ya alhamdulillah lah masi keluar :)
Alasan mengapa ngotot banget buat puasa ya karena tahun kemarin karena hamil dan air ketuban kurang jadi ga puasa. Berhubung tahun ini Baby Q sudah MPASI yo wes lah puasa aja, karena kan kita ga tau tahun depan masih ketemu Bulan Ramadhan lagi gak :)

Selama bulan puasa saya pumping sebanyak 4-5 kali, maklum lah si dedek nyusunya selama saya tinggal ke kantor masi 800-900 ml (usia saat ini 8 bulan). Lumayan  berat sih buat mencukupi 900 ml/hari karena rata-rata selama bulan puasa saya pumping dapat sekitar 500 ml. Akhirnya tiap hari nombok deh tapi tenang ga mengganggu stok yang ada loh..

Pasti banyak yang nanya, emang gak lemes apa pumping 4-5 kali? ko bisa si ga mengganggu stok asi? 

Ya bisa dong.


Luruskan Niat
Pertama harus luruskan dan kuatin niat. Karena niat saya memang mau full ASI sampai 2 tahun ya apapun akan saya tempuh haha. Ya mau gimana lagi, menyusui merupakan kewajiban saya saat ini dan ada di dalam Alquran :) 


Jadwal Pumping
Menyusuilah dengan keras kepala. Mau ada rapat kek mau ada tugas kek, kalau jadwal pumping ya saya izin dulu
Jadwal pumping saya :
03.00 : Pumping pertama sebelum nyiapin buat sahur
06.00 : Pumping kedua ketika di rumah (suka kelewat karena keenakan main sama anak)
07.00 : Pumping ketiga ketika sampai kantor (biasanya power pumping sambil nunggu jam kerja mulai)
09.30 : Pumping keempat
12.00 : Pumping kelima 

udah deh haha abis itu jam 15.00 pulang kantor langsung nemplok si dedek :)

Makan Makanan Bergizi
Nah ini nih yang penting. Biar buibu ga pada lemes, ya kannn? 
Untuk makanan biasanya memenuhi 4 bintang (lah kan menunya samaan sama debay haha)
terus ada tambahan, 
Saya biasanya ketika buka puasa ngerendem kurma 7 biji, menjelang sahur saya jus pakai susu n di minum deh. Enak banget loh!

Manajemen Asip
Nah kenapa saya bilang walaupun tiap hari saya nombok ASIP s.d 400 ml tapi stok ASI beku di kulkas aman karena kuncinya adalah manajemen asip.
Di Kulkas saya target kan minimal harus ada 100 botol yang masing-masing isinya 90 ml untuk stok kalau saya dinas atau sedang sakit. Nah alhamdulillah waktu itu stok di kulkas saya lebih dari 100 botol dan bisa deh saya pake tapi kan ga mungkin pake itu terus, ya kann...

entah kenapa kalau lihat hitung-hitungannya kayaknya ga mungkin banget ya masa iya sih anak saya butuh 800 ml/hari yang saya hasilkan 500 ml berarti saya nombok 300ml/hari (- 1500 ml/per minggu )

uwoo banyak banget ya.. biasanya kalau kurang gitu saya pakai ASI beku.
Buat nutupin tombokan Asip beku itu begini cara saya :
Jumat saya dapat 500 ml (+ 500 ml)
Untuk sabtu minggu saya dapat 400 ml/hari (+800 ml)
Nah kalo di hitung-hitung saya ternyata masih nombok 200-300 ml/minggu
200-300 ml itu biasanya ketutup dari tanggal merah/ dari libur lebaran. Karena walaupun gak kerja saya tetap mompa minimal pagi hari dan malam hari.

Nah bisa kan ternyata :)
Insyallah kalau niat baik mah pasti ada jalannya

Cari Teman Seperjuangan
Uwooo ini mah harus banget, teman yang jadi tong sampah buat berbagi unek-unek masalah perASIan. Kalau saya biasa curhat ke suami .Abis curhat kalau asi terjun bebas pasti langsung di buatin susu kurma 

Selain curhat ke suami, curhat ke teman mah pasti. Salah satunya Rani ini karena dia lebih berpengalaman menjalani asam garam dunia motherhood yang katanya penuh bebatuan namun indah ini hahha..


Yuk ah semangat bagi ibu-ibu menyusui yang ingin menjalankan puasa 



1 komentar: