Sabtu, 18 April 2020

A-to-Z : Persiapan MPASI

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)


Wih tiba-tiba pingin nulis ini dong wahahha
Setelah 2.5 Tahun membersamai si kakak, dan lebih dari 1.5 tahun menemani kaka MPASI. Akhirnya ku bisa review perlengkapan perang buat MPASI.

Jujur, ada beberapa barang yang menurutku harusnya gak ku beli karena gak guna wkwkwk, dan alhamdulillah ada beberapa produk yang berguna sekali.
Pengalaman selama MPASI 
Alhamdulillah selama MPASI ini perjalanannya penuh suka duka. Awalnya saya punya pakem-pakem idealis yaitu makan harus di meja makan, duduk rapi , makan sendiri. Kenyataannya hahha  si dedek kalau akan ga bertah euy di kursi makan. Akhirnya di naikin di atas sepeda hahahaha. Ya gpp sih tetep terpenuhi aspek makan harus duduk. Doi itu tipe yang bosenan dan harus ada yg di lihat. Dan di umur 2.5 tahun ini karenaada wabah corona, gak bisa dongg makan sambil naik sepeda keliling komplek,akhirnya ya kasi youtube atau sambil melakukan sesuatu seperti menggambar wkwkkwk. 

Oiya untuk perlengkapan MPASI yang menurutku wajib punya :

1. Tempat Makan
Nah ini aku lumayan kecolongan, karena mengikuti emak-emak IG (astagah ku terlalu mainstream) yang pada beli tempat makan lucu-lucu ku pun beli haha, tapi ternyata yang terpakai dan lebih terpakai adalah tempat makan tuperware yang telah teruji dari berbelas tahun yang lalu. Memang si modelnya standar, kotak gitu. Tapi dijamin anti tumpah dan ada tutupnya. Nantinya pun kalau si anak sudah besar, bisa dipakai lagi karena modelnya yang tidak kekanak-kanakan.


2. Sendok
Nah ini ku beli beberapa jenis sendok wkwkwk. Memang si sendok silikon membantu buat nyuapin anak (buat kita yang takut gusinya kena) tapi menurutku cukup beli 2 aja itupun jangan silikon tapi cukup yang plastik ujungnya tumppul udah cukup ok ko dan bisa dipakai lebih lama. Paling ok si sendok pigeon buat bayi umur 6-1 tahun. setelah itu ku kasi sendok teh atau sendok dari pesawat garuda (entah kenapa ada di rumah hahha)

3. Tempat minum
Untuk ini mah aku udah nemu yang lumayan kece yaitu baby safe. Harganya murah, kalau masangnya bener, aman gak bocor. Kupakai dari Usia 6 bulan sampai sekarang. sama sekarang ada tambahan botol minum dari tuperware yang kaya botol aqua.


4. Buat masak
Jujur ya ini ku pernah beli slowcoker tapi ternyata gak cocok karena masaknya lama bangettt dan ga ok klo dibawa jalan-jalan. Akhirnya ku cari ditokopedia ketemulah ricecooker mini 3 tingkat merk sparco. Kece banget gak perlu lah masak bubur dikompor yang nanti takut g jadi hahaha. bisa juga dipakai di mobil (buat jalan-jalan).bagian bawah buat masak nasi/bubur, bagian atas bisa buat sayur dan lauk.






5. tempat buat simpan di kulkas
Jujur kalau ini aku ngerasa berdosa banget karena nyimpen di ziplock abis itu ku buang. huhuhu berdosaaa banget. Jadi biasanya ku belanja lauk itu sebulan sekali di Superindo atau dipasar. Terus lauknya ku wadahin di palstik per sekali masak (untuk 3 kali makan). nah ini belum nemu solusi penyimpanan yang ok apa. Mungkin bisa pake pelastik ziplock, tapi palstikny nanti ku pakai ulang ya.. hmm

6. Kursi makan
nah ini salah aku si sebenarnya karena gak ngebiasain makan di meja makan(karena aku dan suamipun gak makan di meja makan) jadi ya gak kepake kursi makannya, cuma kepake sampe umur 1 taun. Dia udah bisa jalan, udh deh makannya sambil jalan (bye idealis wkwkwk)

7. Food maker dan alat masak
Nah ini aku beli merk pigeon, sebenernya pake gak kepake si hahha. yang kepake cuma saringan aja sama parutan n perasan jeruk. Kalau dirumah udah punya yang satuan mah menurutku gak usah beli lagi karena harganya lumayan mahall. Kalau alat masak yang lain kupakai yang ada di rumah seperti talenan, pisau, wajan dll.

8. Gunting makanan
Nah ini guna banget si, jadi kita bisa makan yang sama dengan anak tapi nanti kia cacah kecil pake guntingan itu. Ini aku pake kalau lagi jalan-jalan (udah males bawa bekel makanan dari rumah ) hahaha

9. slabber makanan
nah ini aku sok-sokan beli dari cina. Ok sih dan gampang dibersihkan karena bahannya bukan dari kain yang gampang menyerap dan yang paling ok bawahnya ada yang buat nampung dan bisa dilipet. Kekurangannya satu, sablonnya gampang lepas.

10. Alat steril
ini ku pakai panasonic dish drayer. hmm entah lah ini termasuk butuh banget atau ga buat MPASI, tapi buat ASIP guna banget, karena kita ga perlu sterilin botol asi dan pompa dengan cara direbus. Ini ku dapet dari kado si. sampai sekarang masi ku gunakan. Pingin beli upang tapi mahal hahha dan kapasitasnya kecil.

ya itulah TOP TEN rekomendasi yang menurutku penting buat mendukung MPASI

dan tentuuu ada peralatan yang kubeli dan berakhir sebagai mainan masak-masakan :
  • Tempat minum pilips, entah mengapa ya dia ga mau dong minum pake itu. Dikasi babysafe yang sedotan baru mau.
  • Sendok lentur-lentur. Ini susah banget nyuapin pake ini huhu.
  • Bowl ijo. entah apa yang merasuki ku untuk membeli ini wkwkwk.

Menurutku, sebenarnya untuk MPASI peralatan itu tidak terlalu penting karena bisa menggunakan barang di rumah. Yang penting adalah apa yang kita sajikan kepada anak yang memenuhi kaidah makanan sehat bergizi. 

20 komentar:

  1. Wah info yang sangat membantu sekali buat mamak² newbie dalam per-MPASI-an 😁

    BalasHapus
  2. Semangat berMPASI mba..
    Sama nih isinya dengan blog saya juga ada tentang MPASI..
    Memang saat2 anak memasuki usia makan memang sangat menantang dan menyenangkan ya mba..

    BalasHapus
  3. Wuah infonya keren, berdasarkan pengalaman

    BalasHapus
  4. Semangat MPASI Bunda.. waah bisa jadi contekan kelak nii pas ada baby..
    Terima kasih atas sharing nya ya

    BalasHapus
  5. Kalau aku lebih ke tempat minum yang di eksplor 😂 kalo tempat masak dan makan pake yang ada di dapur aja

    BalasHapus
  6. Jazaakillahu khairan ilmu MPASInya sangat bermanfaat untuk saya kelak hii

    BalasHapus
  7. Hahaha aku Bacanya sambil senyum sendiri, Sama kita dibagian piring dan sendok, beli krna faktor keinginan bukan kebutuhan tanpa mikirin anaknya Cocok ato ga😅 dan berakhir dlm kontainer ga kepake juga.. Tp itulah pengalaman ilmu yg berharga, smgt trs mamak Indonesia peluukk❤️

    BalasHapus
  8. Hi3 jadi ikut inget waktu dulu punya bayik pertama Mba.. Kurleb sama kita, segala macam peralatan dibeli. Akhirnya yang kepake yang itu-itu juga..Tobaat >_< Semangat MPASInya Mba :)

    BalasHapus
  9. semangat ya mbaaak 😘💛 aku juga baru mulai nulis lagi bulan april kemarin setelah 4 taun 'istirahat' nulis punya balita hihi

    BalasHapus
  10. semangat buat momi2 yg lg MPASI dan yg lg persiapan
    semoga sehat2 selalu😊

    BalasHapus
  11. Mba aku penasaran sama gambar dari alat-alat itu deh 🤣

    BalasHapus
  12. tulisannya sangat informatif 😊

    BalasHapus
  13. Klo ingat mpasi kok slalu teringat anak GTM ya, seneng dlu otak atik resep mpasi demi anak lahap makan, yg lgi cri menu2 mpasi bisa mampir ke ig @ivacwicha ya..😁

    BalasHapus
  14. Jadi belajar MPASI walaupun belum nikah 😆😆

    BalasHapus
  15. Wah banyak yg belum familiar nih sama alat2nya, tp semoga tetep bisa bermanfaat pas ntar sudah dipertemukan jodoh dan dikasih amanah anak sama Allah. Makasih sharingnya mbaa

    BalasHapus
  16. Sharing MPASInya informatif mbak. Bisa buat bekal saya kalau nanti punya baby ^^

    BalasHapus
  17. Masya Allah Tabarakallah. Saya jadi ingat dan kangen masa-masa memberikan MPASI pada anak-anak. Ah, sungguh masa yang penuh perjuangan dan drama. Masa yang harus disyukuri banget. Bismillah. Tetap semangat ngeblog berbagi inspirasi kebaikan, ya!

    BalasHapus
  18. Dibaca dulu, walaupun belum nikah 😄😄

    BalasHapus