Kamis, 28 Februari 2019

Hit Pan Project

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)


Hai ! 


Ada yang tau istilah Hit Pan di dunia per beauty an?
Yup, hitpan merupakan istilah buat menunjukkan suatu produk makeup yang telah digunakan sampai dasar wadahnya terlihat. Tau project ini awalnya dari beauty vlogger tapi lupa euy namanya. Nah menurut saha sih ini project bagus banget karena menghindari kita dari gaya hidup mubazir. 
Huhuhu ku sebenarnya tipe orang yang punya banyak banget lipstik atau serba serbi makeup lain dannn sering banget expired tapi masih banyak banget isinya. Padahal kita ga tau kan kalau di luar sana mungkin ada ibu-ibu atau wanita lain yang ingin berhias namun gak punya uang buat beli makeup.
Dan Berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang ada dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghamburkan (hartamu) dengan boros. (27) Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudaranya setan dan sesungguhnya setan itu sangat ingkar kepada tuhannya.” (QS Al Isra : 26-27)

Baca ayat tersebut langsung tertampar, ya gak mau dong kalau kita jadi temennya setan. 


Dan atas latar belakan itu ku pun mulai beberes pilah dan pilih mana yang butuh atau gak terutama untuk lipstik dan makeup/skincare lainnya. Alhamdulillah yang dulu ku punya lipstik lebih dari 15 kini tinggal 5 (yang kefoto cuma 3). Masih banyak sih sebenarnya insyallah akan dikurangi lagi atau saya harus berkomitmen untuk bisa menghabiskannya. No beli-beli lagi deh insyallah karena ku sudah ketemu shade-shade lipstik yang dipingin hehhe. Nanti deh akan dibuat tulisan terpisah mengenai ini.

Langkah-langkah yang saya lakuin buat mulai project ini  :
1. Stop beli-beli makeup atau skincare kecuali kalau sudah habis.
2. Pilih makeup dan skincare yang benar-benar mau dipakai, sisanya kalau masih layak bisa diberikan atau dijual lagi. Kalau saya sih dijual via Instagram : @mamak_charity sehingga hasil penjualannya pun bisa kita donasikan.
3. Habiskan skincare dan makeup tersebut, kalau bisa sih semua skincare dan makeup yang udah abis di foto dan posting di channel media sosial milik kamu dengan hashtage #Hitpanproject. Kenapa? ya biar kita bangga sama pencapaian yang kita lakukan. 

Sayangnya ku lupa foto euy beforenya karena project ini sebenarnya sudah ku lakukan dari akhir tahun kemarin. Beforenya mungkin pakai kondisi dimana masih pakai makeup storage yang lama :




Dulu storage di atas isinya full makeup dan skincare saya loh.. Dan alhamdulillah sekarang sudah berkurang jauh. Btw makeup storagenya buat sendiri dari bekas kotak sepatu dewasa. terus tingal di skat2 sesuai kebutuhan. Harusnya biar rapi dasarnya di lapisin kertas kado juga, tapi entah kenapa ku mager sekali haha. Ya anggep aja kreasi ku ini go green yaaa. Sebenernya pingin banget pakai makeup storage dari plastik yang kece itu tapi ya kembali lagi ke prinsip #mamakirit hahaha. 

Berhubung storage yang lama sudah banyak yang kosong, akhirnya ku buat lagi storage yang baru tetep dari kardus bekas lah yaaa.. Alahamdulillah dapat kardus yang pas, kali ini pakai kardus sepatu baby zizy, kotak obat, kotak hp sama kotak kado.

Taraaa jadi dehhhhh, mohon maap ku belum sempet lapisin pakai kertas kado. Jadi deh ada 4 sekat. lumayannn


Sekalian mendokumentasikan makeup dan skincare mamak sehari-hari yang alakadarnya ini setelah project beres-beres, alahamdulillah berkurang drastis. Berikut hasil sortiran ku insyallah akan dihabiskan semua :  

Untuk baris pertama penampakannya kayak gini, lumayan kan padet merayap hahhaa 






Ada hadalabo, serum wardah, bedak bayi,bio oil, bedak, eyeshadow dan blushon plus brush. Alhamdulillah pada baris ini satu fungsi cuma punya satu item. Nah untuk eyeshadow ini yang sedikit sanksi apakah bisa di habiskan karena jarang euy pakai ini.

Untuk baris kedua isinya perlipstikan, banyak bener ada 5 tapi ya mohon maaf yang kefoto cuma 3. Insyallah shade yang saya punya berbeda-beda menurut saya, tapi menurut orang lain tetep sama hahaha cuma beda di hintnya aja. Pada baris dua ini ada antis kalau mau makeup tapi taku tangan ga bersih, ada lipbalm dari lucas pawpaw. Ini sebenarnya punya anak tapi ya jarang dipakai. selanjutnya ada brush buat pakai masker dan pensil alis.



Untuk baris ketiga isinya botol yang besar-besar. Ada serum rambut, micellar water, handbody, sunblock, pembersih wajah, face spray, essence dan body mist. Nah untuk baris ini yang entah bakal habis atau gak itu adalah micellar water karena aku termasuk yang jarang pakai.




Berikut Foto keseluruhan makeup dan skincare koleksi mamak yang minimalis :



Bismillah, doakan istiqomah yaaa... Dan semoga projek ini tidak hanya untuk makeup dan skincare tapi juga ke barang-barang lainnya. AMIN.


1 komentar:

  1. Wah, semoga bisa istiqomah. Menjadi semakin semangat untuk selalu menggunakan barang-barang sampai habis dan tidak mubazir. Salam kenal, Mbak. Semoga berkenan blogwalking. :)

    BalasHapus