Jumat, 15 Maret 2019

Mamak Buka Jastip

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)



Alhamdulillah minggu lalu tepatnya tanggal 7-10 Maret 2019 saya diberi kesempatan dan izin dari suami untuk buka Jastip. Gak tanggung-tanggung loh 3 tempat loh yaitu Ikea, BBW dan Festival Betawi.  Perasaan? seneng banget lahh bisa belanja sepuas-puasnya tanpa mengurangi jatah belanja. Banyak banget pengalaman yang saya dapat dan mau saya share di tulisan ini.
Awalnya saya kira buka jastip itu mudah loh makanya waktu dikasih izin sama suami, saya langsung semangat hahaha. Ternyata oh ternyata... banyak yang harus dilakukan khususnya di bagian administrasi yang notabennya saya paling gak suka. 

Jastip itu apasih ?
Bagi yang masih awam masalah Jastip, Jadi jastip kepanjangan dari Jasa titip, ya semacam personal shopper gitu, jadi kita minta tolong orang buat belanjain barang yang kita mau di event atau tempat tertentu. 

Waktu yang tepat buka jastip ?
Kapan ajaaaa dan dimana sajaa.. banyak loh yang buka jastip waktu mereka ke Luar Negeri, Ke event-event, bahkan ke mall atau dimanapun yang tersedia barang yang kamu anggap banyak peminatnya.

Pangsa Pasar Untuk Buka Jastip?
Nah ini lebih mudah si ditargetkan ke ke ibu-ibu. Kalau startegi saya kemarin, saya share di Whatsapp status, whatsapp group, insta story di Instagram dan sosial media lainnya yang saya punya. Buat para peminat jastip saya kumpulkan di satu whatsapp group. Sebenarnya lebih enak menggunakan telegram atau Line sih tapi entah kenapa ibu-ibu di area saya sedikit yang menggunakan line dan telegram. Alhamdulillah ketika saya kemarin terkumpul 60 peserta di Whatsapp Group.

Fee jastip?
Untuk harga jasa titip biasanya ditetapkan di awal. Kalau saya kemarin jasa titip yang dikenakan untuk setiap barang yang di beli :
  • harga barang 0 s.d 100 rb dikenakan jasa 5 rb
  • harga barang diatas 100 s.d 150 rb dikenakan jasa 10 rb
  • harga barang diatas 150 s.d 200 rb dikenakan jasa 15 rb
  • harga barang diatas 200 rb dikenakan jasa 5% 
  • untuk barang yang besar/ berat dikenakan tambahan 20-50 rb/ barang

nah jasa ini masih diluar ongkos kirim (ongkir) loh..

Jadi biaya yang dikenakan untuk pembeli :
Harga Barang + PPN (Jika ada) + Jastip + Ongkir


Yang dibutuhkan ?
Yang dibutuhkan pastinya :
NIAT, kondisi badan yang fit, Smartphone, jaringan internet, kalau untuk jika menggunakan mekanisme saya yaitu harus bayar full baru dibelikan barangnya berarti hanya butuh untuk ongkos ke TKP dan internet banking untuk cek transferan.

Rules jastip ?

Kalau rules jastip yang saya buat seperti ini :

1. Live shopping mulai hari Kamis, 7 Maret 2019, jamnya akan diinfo saat kita sudah sampai di tempat. 
Setiap harinya akan diinfo juga 2-3 jam sebelum Live Shopping dimulai sehingga para member bisa standby pegang HP ☺

2. Admin akan upload gambar buku beserta harga (belum termasuk jastip)

3. No chat selama live shopping kecuali utk pemesanan agar irit battery n memory 😁. 
Apabila ada yg mau ditanyakan bs lgsg DM ke admin yah, 

4. Rekap per judul buku akan langsung ditampilkan, sehingga bisa terlihat member yg dapat dan yg tidak.

5. Apabila sudah FIX tdk bisa di cancel atau oper2an antar member. Please dipikirkan benar saat akan membeli yah 😁

6. Mohon kerjasamanya untuk mentransfer setiap buku yg sudah diorder. MOHON MAAF SEKALI apabila tidak ditransfer berarti dianggap batal order dan akan diberikan kepada yg waiting list.
*Apabila sekiranya tdk bisa transfer selama Live berlangsung, DP bisa ditransfer sebelumnya minimum 100rb, apabila tidak ada transaksi akan kami kembalikan.
Transfer ke Rek Mandiri xxxx a.n xxxx

Bukti transfer bisa dikirim ke xxxxxx
berupa screenshot pembayaran, JANGAN COPY PASTE dari sms yah..

7. NO HIT & RUN ya, please menghargai waktu dan kerja keras kami yg akan berjuang mendapatkan buku-buku untuk para member. Dan menghargai member lain yg juga serius ingin membeli.

8. Mohon utk tidak mengganti nama di wa saat BBW berlangsung untuk memudahkan proses rekap dan verifikasi pembayaran.

9. Format Order :

Nama :
Alamat :
No HP :
Pengiriman : JNE/Gosend/COD
Buku :

dikirim ke xxxxx

Be A Smart Buyer 💞


Nah selain fee jastip, rules jastip pun harus dibuat dan diinformarsikan kepada peserta. Alasannya? biar adanya kejelasan, dan apabila ada yang tidak setuju bisa keluar dari grup jastip tesebut. Kalau waktu saya kemarin karena hampir sebagian peserta saya kenal maka saya tidak menetapkan DP untuk mengikuti jastip saya, namun ada beberapa jastip yang memberlakukan DP tersebut, biasanya antara 50-100 rb, dan jika tidak ada pembelian maka DP tersebut akan dikembalikan. 

Pelaksanaan Bagaimana ?
Jadi setelah para peminat terkumpul dalam satu grup kita kasih tau rules dan fee/harga jastip kita. Selanjutnya kita infokan juga jam berapa kita akan Live Shopping (LS) dan apakah para peserta memiliki Wish List (WL) yang ingin dibeli atau tidak. 

Nah ketika dilapangan tugas kita adalah memfoto setiap barang plus kondisi barang dan harganya. Jika ada yang berminat maka kita catat. Dikarenakan saya menerapkan rules harus membayar full maka sebelum saya menuju kasir saya rekap semua dan saya infokan ke peserta jastip untuk melakukan pembayaran. Setelah semua di bayar full baru saya ke kasir untuk membayarnya.

Tahap selanjutnya adalah packing barang sesuai orderan. Nahh ini ni yang saya malesin yaitu proses packing, maklumlah ku bukan anak yang rapi. udah deh terus tinggal panggil kurir Jne kalau menggunakan media pengiriman JNE.
kalau untuk jumlah pembeli di bawah 20 masih ok lah di handle sendiri tapi kalau d atas itu lebih baik ada 2 personil yang terlibat.
satu orang bagian belanja, dan satu orang bagian rekap/administrasinya. Nanti tetap untuk pengepakan dikerjakan bersama. Oiya ketika beli barang jangan lupa cek apakah barang tersebut sudah include PPN atau belum, huhuhu karena ku kejadian euy buka jastip pakai harga yang tertera, tapi ternyata itu belum include PPN. sedihh lah yaw hahha



sekian share pengalaman saya semoga bermanfaat :)

3 komentar:

  1. Waah cocok nih buat yang hobi belanja, biar tersalurkan dengan positif ��

    BalasHapus
  2. Mantull tipsnya..smoga bisa buka jastip juga kelak

    BalasHapus