Kamis, 24 Oktober 2019

5 Bahasa Cinta

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)




Wahahaha ku baru bisa update lagi nih, parah euy sibuk banget di rumah dan di kantor. Mohon maaf buat diri sendiri karena ngelanggar janji buat selalu nulis di blog hahaha. 

Jadi apa aja si kesibukanku sampe menelantarkan blog ini :
1. Bulan lalu lagi megang event lumayan gede dan sangat menyita waktu dan pikiran banget
2. Dirumah lagi hactic karena lagi ngajarin anak toilet training dan menyapih 

Nahh mungkin next di tulisan berikutnya akan ku bahas deh pengalaman handel kegiatan kantor, toilet training anak dan menyapih wahahha banyak deh peernya wahahha.

Jadi sebenarnya tulisan ini terinspirasi dari Vlog raditya dika di sini. Ku baru tau euy ada yang namanya bahasa cinta dan ternyata bahasa cinta orang itu berbeda-beda. 

Nah, menurut Gary Chapman, penulis buku The Five Love Languages, ternyata setiap orang punya bahasa kasih berbeda. Yuk, cari tahu!
  1. Pujian. Untuk orang yang punya bahasa kasih satu ini, dia senang sekali mengucapkan kalimat penyemangat ke pasangan. Menurut dia, itu adalah caranya menyayangi seseorang. Orang tipe ini gampang dibuat happy kalau kita sering mengucapkan kalimat-kalimat manis dan penuh perhatian. 
  2. Waktu Berkualitas. Orang yang punya bahasa kasih tipe ini paling suka berada dekat si pasangan. Pokoknya, pengin punya waktu bersama-sama terus. Nggak cuma asal ditemani lho, tapi si pasangan harus fokus sama dia. Nggak boleh sibuk sendiri atau sambil main handphone. 
  3. Hadiah. Orang dengan bahasa kasih tipe ini akan sering memberi seseorang hadiah berbentuk barang. Nggak harus mahal dan mewah, kok. Asalkan bermakna, barang simpel pun akan sangat berarti bagi orang tersebut. Jadi, nggak melulu kita yang menerima hadiah dari pasangan. Kalau si pasangan punya bahasa kasih ini, yuk, buat atau belikan sesuatu ke pasangan, agar ia merasa disayang. 
  4. Tindakan. Kalau orang dengan bahasa kasih tipe ini, suka banget kalau pasangan melakukan tindakan-tindakan untuk membantunya. Misalnya, membantu bikin tugas kelompok, membuatkan bekal ke sekolah, selalu siap antar-jemput kalau kita butuh. Pokoknya, kasih sayang dinilai dari tindakan, deh. Jadi nggak ada tuh, istilah no action, talk only! 
  5. Sentuhan. Eh! Jangan berpikir macam-macam dulu, ya! Hihihi… Bahasa kasih sentuhan ini seperti menepuk-nepuk pundak, mengelus kepala, atau menggandeng tangan. Orang dengan bahasa kasih tipe ini merasa disayangi, ketika pasangannya melakukan kontak fisik dengan dia.
FAKTANYA !
Bahasa cinta ini ternyata gak hanya berlaku ke pasangan dalam hal ini suami/ pacar, namun bisa juga loh ke orang tua atau anak. Menurut saya sih dengan kita mengetahui bahasa cinta diri sendiri dan bahasa cinta orang lain, kita jadi tahu cara memperlakukan seseorang.

Ada yang pernah tau kasus marshanda yang menganggap ibunya gak care sama dia? Nah setelah didalami, ternyata bahasa cinta marshanda dan ibunya berbeda. Jika marshanda memiliki bahasa cinta sentuhan dan waktu berkualitas (kalau tidak salah) sedangkan ibunya pujian, namun pujian itu tidak langsung ditunjukan ke marshanda namun ke teman-teman ibunya (beliau memuji marshanda ke teman-temannya). Nah dengan kasus tersebut, jika kita tidak memahami satu sama lain maka akan ada salah persepsi dan miss komunikasi. 

Jadi.. apa bahasa cintamu ?


9 komentar:

  1. Iya mba, kadang kita mempelakukan orang lain sesuai keinginan kita. Tapi dikira nggak sayang karena bahasa cintanya beda.

    BalasHapus
  2. Kutelaah ternyata bahasa cinta ku dan Suami beda banget wkwk... Kalau aku pujian dan hadiah doi mah cuma quality dan sentuhan

    BalasHapus
  3. MasyaaAllah..
    Nice shara mba....nambah ilmu nih
    Jazakillah khayran😊

    BalasHapus
  4. Ternyata bahasa cinta ini banyak macamnya ya mba. Penting banget memahami bahasa cinta satu sama lain

    BalasHapus
  5. Bner banget mba, kudu cari tau dlu bahasa cinta orang2 yg kita cintai biar nyampe yaa

    BalasHapus
  6. bahasa cintaku sama suami adalah sentuhan. hihihi jadi malu ^_^

    BalasHapus
  7. Kondisi belum mengenali dan menemukan bahasa cinta sendiri dan pasangan ini yang sering menimbulkan konflik ya Mba hehe.. Itulah terkadang harus banyak belajar berkomunikasi agara semua bisa diungkapkan..

    BalasHapus
  8. Waah baru sadar saya mba. Kalau setiap orang memiliki definisi bahasa cinta ny.
    Dan kadang kita suka gak peka
    Kalau orang terdekat kita, secara tidak langsung memberikan rasa cinta ny

    BalasHapus
  9. Masya Allah. Nice sharing. Poin terakhir, sentuhan bagi anak anak yang sudah besar ini udah mulai berkurang. Udah sibuk dengan dunia mereka sendiri. PR bagi saya.

    BalasHapus