Senin, 28 Oktober 2019

A-To-Z : Mempersiapkan Acara Skala Internasional

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)



Alhamdulilahhh....
Akhirnyaaaa Acara selesai juga huhuhu terharuu. Banyak banget yang saya dan rekan-rekan kerja  alami dan korbankan demi kelancaran acara ini baik waktu tenaga dan pikiran. Alhamdulillah karena kegiatan ini, kami semakin akrab dan tau karakter satu sama lain. Pernah yaa saking stressnya handle acara ini sampai saya dan rekan kerja merasa asam lambungnya kambuh dan setiap pagi serasa mau muntah hahaha. Selain itu, kami pernah saking stresnya seharian gak mau ngapa-ngapain, jadi cuma nontonnn film-film gak jelas yang pastinya gak pakai mikir haha. 

Pokoknya pingin ngucapin terimakasih banyak buat rekan-rekan kerja kuuuuu atas gotong royongnya dalam menyukseskan acara ini.

Dikarenakan pengalaman ini merupakan pengalaman pertama bagi saya, pingin banget mendokumentasikannya dalam bentuk tulisan. Oiya, apapun yang saya share di sini sepengalaman saya yaa :)

Jadi ide awal kegiatan ini hanya seminar berskala nasional, tapi di H-2 minggu berubah jadi skala internasional wahahha. mantep kan. Sebenarnya banyak hal tak terduga lain yang terjadi wahahha.

Hal-hal yang waktu itu kami persiapkan :


1. Bentuk Kepanitiaan

Ini penting untuk membagi tugas dan tanggung jawab agar tidak terjadi tumpang tindih atau ada hal yang terlupakan/tidak ada yang handle. Jadi susunan kepanitiaan waktu kegiatan saya :











Wahahha banyak kan printilannya. Terus untuk jumlah orangnya sendiri ?
hmmm.. di saya sekitar 10 orang tim inti yang in charge dari awal persiapan sampai akhir dan ketika hari H adanya bantuan dari beberapa pihak yang bertindak sebagai runner, penjaga registrasi, among tamu VIP dan teknisi (operator).

2. Tentukan Konsep Acara
Seperti yang saya sudah infokan sebelumnya, kegiatan ini memang cukup besar karena melibatkan hampir 400 orang dalam pelaksanaannya dan lebih dari 60% merupakan pejabat eselon I dan II dari Kementerian, BUMN dan pihak swasta serta beberapa negara. Dikarenakan banyaknya orang penting pada acara ini, maka tentunya protokoler acara pun harus resmi. Oiya kegiatan saya ini dilaksanakan 2 hari dengan konsep diskusi panel dan paparan dihari pertama dan malamnya gala dinner. Untuk hari kedua kegiatan semi formal karena akan dilakukan 

3. Cari Venue Acara


5. Bikin Alokasi anggaran per seksi


6. Printilan lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar