Senin, 28 Desember 2020

Liburan Selama Pandemi

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)



Yuhuuu memasuki masa liburan akhir tahun 2020 gimana nih kabarnya?
Pas banget ya libur akhir tahun ini bertepatan dengan liburan sekolah anak. Biasanya akhir Desember ini dimanfaatkan untuk berlibur. Hampir semua tempat wisata baik di dalam maupun luar negeri penuh dengan orang-orang yang ingin berisitirahat sejenak setelah leleah berjibaku dengan rutinitas padat di tahun tersebut. Namun, mengingat pandemi ini belum ada tanda-tanda berakhir, masih bisakah kita dengan tenang pergi berlibur ke luar rumah?

Kebanyakan orang pastinya masih khawatir ya buat keluar rumah, mengingat lonjakan pasien pandemi ini belum berakhir, malah kabarnya semakin parah karena varian baru yang baru ditemukan di Inggris. (Baca : Varian Baru Virus Corona)

Pemerintah pun mengeluarkan kebijakan pengurangan libur dan cuti bersama. Sebelumnya berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Nomor 440/2020, 03/2020, 03/2020 tanggal 28-30 Desember tersebut ditetapkan sebagai pengganti cuti bersama Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah. Pengurangan ini merupakan tindaklanjut dari arahan Presiden Joko Widodo dalam Rapat Terbatas pada 23 November 2020.

Jadi apa yang bisa kita lakukan selama liburan ?


Sebenarnya ada 2 mahzab yang beredar di masyarakat mengenai liburan ini, ada yang tim dirumah saja , ada juga tim tetap keluar rumah dengan menerapkan protokol kesehatan. Kalau aku tim dua duanya hehe. Jujur jenuh banget, khususnya anakku. Akhir-akhir ini doi jadi sering ngomel-ngomel, sampe kebawa mimpi pingin main ke pantai, nginep ke hotel, main ke Bandung huhu.. Kalau aku dan suami kebetulan kami masi sering keluar rumah untuk bekerja, jadi masih bisa melihat pemandangan di luar selain area sekitar rumah.

Jadi, mempertimbangkan kesehatan mental anakku, kita putuskan sesekali keluar rumah, namun lebih banyak liburan di rumah aja.

Tim Dirumah aja


Beberapa tips yang sebaiknya dilakukan jika akan liburan dirumah saja :
🏡 Rubah Jadwal keseharian
Hal ini penting untuk agar vibe liburannya terasa. Semula kegiatan belajar anak, bisa dirubah menjadi aktivitas seru agar anak tidak merasa bosan di rumah. Oiya, biar tambah seru lagi, aktivitas yang dibuat memiliki tema. Misal minggu ini air, berarti nanti aktivitasnya bisa berhubungan dengan air seperti bermain tembak-tembakan air, membat es mambo bersama, berenang di kolam karet, bermain hujan, membaca buku tentang air dan lainnya.

🏡 Masak atau beli makanan kegemaran anak
Jika ada budget lebih, sebaiknya mempertimbangkan tips ini. Agar anak merasa senang di rumah. terlebih jika bisa mengajak anak beraktivitas memasak bersama selama dirumah.

🏡 Ubahlah dekorasi rumah untuk menyemarakkan hari libur ananda
Nah ini bisa ajak anak bikin kreasi DIY buat dekor rumah, atau bisa rubah tata letak barang-barang sambil Decluttering.

🏡 Membelikan atau membuat mainan untuk anak
Nah setelah anak sibuk belajar, alangkah baiknya jika ada budget lebih bisa dialokasikan untuk membeli atau membuat mainan bersama anak, idenya bisa nyontek d google ataupun pinterest.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan selama liburan di rumah aja :
🎉Liburan virtual 
Bisa banget nih manfaatin youtube buat keliling Indonesia bahkan dunia hehehe.. Terus kalau mau lebih seru lagi, bisa pakaian kita ala2 turis, terus makan yang di makan khas daerah tersebut. Misal siang2 menjelang makan siang kita jalan-jalan virtual ke Jogja, nah makan siangnya bisa bikin atau beli gudeg hehehe.. Oiya tak lupa bisa juga kita bersilahturahmi dengan keluarga yang ada di daerah tersebut via videocall.

🎉Masak bareng
Klo ini aktivitas favorit anak aku, selama masak bisa diselipin belajar warna, berhitung dll. Masakan favorit anakku : donat yang paling seru menghias donat bersama sama waktu ulenin adonan hehe, bikin cireng, roti, biskuit dari oat, pisang goreng, bakwan, puding dan lain-lain.

🎉Bercocok tanam dan memelihara ikan atau hewan lain
Karena sulit berinteraksi dengan orang lain secara tatap muka, mari kita ajarkan interaksi dengan makhluk hidup lain seperti hewan ataupun tumbuhan hehe. Seru loh ini, anak bisa di kasi tanggung jawab buat menyiram tanaman dan memberi makan hewan. Untuk tanaman dan hewan, aku memberikan pilihan ke anakku mau memelihara apa, akhirnya doi putuskan untuk memeliharai satu ekor cupang dan satu tanaman bunga matahari. Anakku saking menghayati perannya, tanaman dan ikan cupang peliharaannya diberi nama. 

🎉Menonton bersama
Kami sekelurga biasanya melakukan aktivitas ini bersama pada malam hari. Karena saat ini usia anaku masih 3 tahun, jadi tontonan yang diberikanpun masih terbatas. Beberapa judul serial anak favorit :

1. Jamal Laeli
Series ini lumayan Indonesia banget bahasanya, ceritanya pun cerita sehari-hari.
2. Omar dan Hana
Kalau ini dari malaysia, ada dua bahasa yang digunakan bahasa Inggris dan Melayu. Ceritanya bagus, animasinya kece dan yang bikin betah anak ku nonton karena tiap cerita ada lagu-lagunya. Ini termasuk favorit anakku.


3. Riko the series
Series ini buatan Indonesia, animasinya keren. Tiap episode ada pembacaan ayat suci alquran ataupun hadis.



4. Nussa 
Ini mah anak-anak zaman now pasti kenal lah. Gemes banget sama Rara haha. Animasinya keren, ceritanya bagus apalagi yang tentang ibu, anakku sampe nangis hehe. Lagu-lagunya pun lumayan bagus.

🎉Membaca buku
Kalau ini aktivitas rutin si sebenernya. btw kalau zaman aku kecil dulu, pas liburan huning buku bekas di senen ataupun hunting buku baru di pameran. Terus selama masa liburan sibuk baca buku deh.

🎉Membuat DIY
kegiatan ini seru banget loh, ide kegiatannya pun bisa nyontek di google atau pinterest. Paling seru si ngelakuin ini sama anak TK atau SD,jadi bisa nempel gunting bareng-bareng.

🎉Membuat projek keluarga
Ide ini menurutku ok banget. Bisa melibatkan seluruh anggota keluarga. Contoh projeknya sih beragam, bisa mengecet rumah bersama atau membuat kue bersama dll. Intinya melibatkan seluruh anggota keluarga dan semua punya peran masing-masing dalam projek tersebut.

🎉Belajar hal baru 
Liburan kali ini ku pingin ngajarin anakku naik sepeda, maklum lah sepeda udah 3 bulan nganggur gak kesentuh. Semoga berhasil yaaaaa..

🎉Deep cleaning dan Decluttering
Rumah anda penuh dan sesak? debu bertebaran di mana2? barang rongsok tersebar di seluruh penjuru rumah? cusss Deep cleaning dan Decluttering aja. Lumayan ampuh bikin pikiran juga ikut jernih loh. Bisa banget melibatkan anak dalam kegiatan ini, namun yaa jangan berharap bisa bersih sempurna ya hahha.

🎉Olahraga
Ini seru banget dilakuin bareng-bareng, gerakannya ya nyontek d yutup aja hahaha. Maap maap daku kurang kreatif ya. Kalo lingkungan sekitar rumah kondusif, bisa banget diajak keluar rumah buat lari ataupun naik sepeda. 

🎉Bermain mainan tradisonal ataupun boardgame
Seru banget main ini, kalau zaman ku dulu main kartu remi, gaple, ular tangga dan monopoli. Karena kalau mainan tradisional ya udah dimainin tiap hari sama temen2 haha. Buat anak-anak zaman sekarang menurutku perlu si dikenalin mainan tradisional macam engklek, congklak, kelereng, karet, gerobak sodor, galasin, benteng-bentengan, tajongkok dll. Selain buat seru-seruan juga sekaligus melestarikan permainan tradisional yang ada. 

🎉Bermain roleplay
ini favorit anak ku banget. Ala-ala lagi di rumah sakit, hotel, pantai, piknik dll, sampai ku beli tenda-tendaan jadi kita ala2 di hutan lagi kemping. Btw roleplay ala2 tenaga medis dan pasien saat mau melakukan swab juga perlu di coba loh. Kita kan gak tau ya kedepannya bakal gimana. Dengan rolepaly tersebut, anak jadi punya pengalaman oh kalau di swab kira kira apa yang harus dilakukan dan apa yang akan dirasakan.

Tim Keluar Rumah


Seperti yang kuinfokan tadi, kami sekeluarga sebelum liburan anak sekolah memilih untuk beraktivitas bersama anak di luar rumah.

Ada beberapa tips dari ku yang mungkin bisa diterapkan juga :
⛱ Patuhi protokol kesehatan : Jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan
⛱ Pastikan kondisi sekeluarga sehat
⛱ Pilih tempat outdoor, fasilitasnya lengkap, menerapkan protokol kesehatan dan sekiranya tidak ramai
⛱ berpergian dengan kendaraan pribadi
⛱ Datanglah pagi hari karena pada umumnya masih sepi
⛱ Bawa perlengkapan sendiri mulai dari makanan serta minuman, perlalatan kebersihan : sabun cuci tangan, handsanitizer, masker cadangan, semprotan disinfektan.
⛱ Usahakan agar tidak menginap di luar rumah, jika terpaksa menginap, pilih penginapan yang menerapkan protokol kesehatan, tidak menggunakan AC sentral serta memiliki pertukaran udara yang bagus
⛱ Semua pembayaran sebisa mungkin cashless

Jadi berdasarkan tips dari aku, ya yang memungkinkan cuma 2 opsi : ke tempat wisata terdekat yang tidak perlu menginap atau hanya di lingkungan sekeliling rumah.

🎉 Berkunjung ke tempat terbuka : TK, SD ataupun Universitas
Nah karena taman banyak yang tutup, terpaksalah kita cari tempat main sekitar rumah yang tidak terlalu ramai. Dan dapat lah ide main di sekolah hahaha tapi ya mesti izin dulu kalau kesana. Terkadang malah ketika kami main di TK, permainannya seperti ayunan, seluncuran bisa dimainkan loh. Sepi pula karena cuma kami yang disana. Lumayan banget kan bisa lari-larian di lapangan basket atau di parkiran UI haha. Sudah sepi, tempatnya luas, gratis pula.

🎉 Berkunjung ke tempat wisata :  Pantai Ancol
Jadii sebelum libur anak sekolah, ku curi start ke Pantai Ancol. Pantai yang dipilih yakni pantai Lagoon Ancol karena pantai dan fasilitas kebersihannya yang lumayan bersih.

Pembelian tiket masuk ancol dan tiket wahana lainnya saat ini melalui online : https://www.ancol.com/tiket


Sebelum melakukan transaksi pembelian, ada beberapa ketentuan yang dituangkan dalam surat pernayatan sebagai berikut :

Ini adalah harga tiket untuk memasuki kawasan pantai ancol. Waktu ku datang kesana karena belum musim liburan jadi mendapat harga promo, untuk 4 orang + 1 kendaraan hanya Rp 100.000 . Oiya sebenarnya jika membeli via online shopping macam tokopedia, shopee dll bisa mendapat harga lebih murah, namun kita harus reservasi dulu H-2 hari .


Setelah memilih jenis dan jumlah tiket yang akan dibeli,  kita diwajibkan mengisi form dibawah ini dan melakukan pembayaran. Btw, untuk email gunakan email yang valid ya, karena nantinya tiket online akan dikirimkan ke email tersebut. 

Nah waktu sampai di ancol sekitar pukul 08.00 masih sepi banget. Ketika di pintu masuk, tiket online di minta untuk di scan, dan suhu kami diperiksa. 

Sejujurnya sih, baru kali ini kami ke pantai lagoon, karena biasanya kami ke pantai Festival Ancol. Selain kebersihan yang aku sampaikan tadi, ada banyak spot foto di Pantai Lagoon ini hehe. 

Jembatan Cinta Beachpool

Kenapa dinamakan Jembatan Cinta? Karena jembatan ini didesain berbentuk hati dan tempat yang seru buat nongkrong-nongkrong santai. Di jembatan ini juga terdapat dua tempat makan yaitu Columbus Resto dan Le Bridge Cafe. 


Pantai dengan View Gedung
Kapan lagi kan foto di pantai berasa kayak di luar negeri hehe. sudah viewnya berbeda dengan pantai-pantai lain di Indonesia, pasirnya putih pula. Berhubung pas daku kesana lagi mendung-mendung gitu, mohon dimaklumi foto-foto yang didapat rada kelabu. 



Ayunan di bibir pantai
Nah sayangnya kemrin pas kesini fotonya kurang ciamik, jadi pakai foto ini aja ya. Kece kan hasil jepretannya. Kepinginnya si sore kesana biar dapat view sunset, tapi pasti rame banget. Jadi untuk sementara ngalah dulu, setelah pandemi hilang, cuss ke sana lagi hunting foto ciamik hehe.

sumber foto : https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3991996/dari-pantai-lagoon-hingga-bundaran-gerbang-timur-5-spot-keren-di-ancol

Brighton Toilet 
Zaman Now yak, toilet aja bisa jadi spot foto hehe. Salut deh sama idenya Ancol. Dan agi-lagi ku lupa fotoin ini kamar mandi, wahahah. Jadi ya ambil dari tempat lain ya. Lumayan bgt kan ini spot buat foto OOTD haha.

sumber foto : https://korporat.ancol.com/id/news/ini-dia-5-spot-keren-di-ancol-yang-wajib-ada-di-instagram-kamu

Sumber foto : https://jakarta.tribunnews.com/2019/01/14/ancol-hadirkan-toilet-instagrammable-di-kawasan-pantai-lagoon-begini-tampilannya

🎉 Jalan-jalan di lingkungan sekitar rumah

Dari pada bosen kan ya tu bocah, ada baiknya ajak sesekali ke lingkungan sekitar rumah, bisa sambil jalan atau lari pagi juga. Intinya si tetap menerapkan protokol kesehatan. Kemarin sempat kepikiran ide bikin permainan biar makin seru jalan-jalannya. 

Jadi saya menggambar benda-benda atau makhluk hidup yang sekiranya akan kami temui di lingkungan sekitar rumah dengan gambar ala kadarnya ya haha.


Terus ketika kami menemukan benda-benda tersebut, kami ceklist lah. Senang sekali anakku ketika menemukan bendanya. Selain itu, kita juga dapat mengajarkan anak dapat mengamati lingkungan sekitar.



Buat teman-teman selamat liburan yaaa, baik di rumah ataupun di luar rumah. Mesti ingat 3M ya : mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak. 

9 komentar:

  1. Lengkap tulisannya mbak, Aku team dirumah aja sih, terlalu beresiko kalau keluar rumah.. Dan permainan find me untuk anak bisa juga dicontek ya, Aku contek ya mbak, anakku paling suka main ala ala detektif gitu haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini bisa juga d main d rumah, lumayan bisa d tinggal Mandi sebentar hehe

      Hapus
  2. Mba.. checklist find me-nya menginspirasi sekali.. Kayaknya mau ak coba deh sama anakku hehe.. Keren ni tulisannya Mba, super lengkap dan menginspirasi..

    BalasHapus
  3. Wah ternyata anak kita seunuran ya mba, liat HTM2 gitu hdi bergejolak deh pengen main, tpi tetep kudu jdi tim rumahan aja

    BalasHapus
  4. Ide jalan-jalan keliling sekitar rumah menarik mba, apalagi diajak untuk mengamati sekelilingnya. Jadi bermain sambil belajar deh :)

    BalasHapus
  5. Lengkap tipsnya. Saya tim di rumah saja. Tidak mau ambil resikl. Alhamdulilah srmua mengerti. Tetap semangat. Semoga wabah segera berakhir biar bisa liburan ke mana pun. Aamiin

    BalasHapus
  6. Masyaa Allah lengkap sekali tipsnya. Terima kasih sudah share. Di BW kali ini, aku banyak membaca tentang liburan di rumah aja, ternyata kayaknya lebih seru yaa.. Hehehe

    BalasHapus
  7. Ide jalan-jalan di sekitar rumah keren banget mba. Dikasih misi pula. Jadi anak-anak berasa kayak detektif di film-film

    BalasHapus