Selasa, 09 Mei 2023

Indihome Mengembangkan Kompetensiku

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum) 


Tak terbayangkan dipikiranku selama ini bahwa aku bisa mendapat income lain terutama dari berjualan. Entah kenapa jika disuruh memilih pekerjaan maka berjualan adalah opsi terakhir yang kupilih. Dibenakku bahwa berjualan adalah pekerjaan yang merepotkan karena kita harus memiliki modal, memikirkan marketnya serta strategi berjualannya belum lagi jika tidak laku maka bagaimana? Dan yang pasti entah kenapa dipikiranku kalua jualan itu malu, padahal mah kenapa harus malu ya toh kita bukan minta-minta atau nyolong hahaha.

Ketika pandemi dimulai dan kantor membuat kebijakan WFH, wah awalnya seneng banget karena punya waktu lebih Bersama keluarga, pokoknya happy banget bisa kumpul keruntelan dirumah bareng anak dan suami. Tapi lama-lama kepingin coba hal yang baru, karena kok. Mulai lah les lukis online, les Bahasa inggris dll. Terus mulai kepikiran kok orang-orang bisa ya jualan online sekarang, bahkan gak pakai modal (dropship). Maka tergerak lah hatiku pingin coba hal baru.

Mulai awal cari ide jualan apa ya. Akhirnya pilihan jatuh pada mainan dan buku anak karena itu barang yang paling aku sukai. cari-cari supplier harga paling murah dengan berbekal internet. Eh pas lagi nyari internet putus-putus huhu sedih banget. Ceritalah sama suami kalau internet rumah jaringannya tidak ok. Akhirnya suami memutuskan buat ganti internet provider ke IndiHome milik Telkom Indonesia karena terkenal dengan koneksi internetnya yang stabil dan biaya perbulan yang masih sesuai alokasi anggaran kami.

Semakin rajinlah ku buat jualan karena jaringan internet sudah lancar jaya. Mulai dari cari supplier dari onlineshop, pilih pilah mana yang terpercaya dan harganya murah, buat konsep materi penjualan, design design menggunakan canva wah pokoknya suka banget. Jadi nambah kompetensi diri hehe. Oiya gak lupa juga karena internet di rumah stabil, isenglah ku coba-coba live shopping di berbagai platform seperti Instagram, tikok dan shoppee live shopping dan ternyata aman dan lancar menggunakan internet provider IndiHome milik Telkom Indonesia. Pernah suatu kali pas liveshopping eh hujan dong, udah deg-degan aja karena khawatir jaringan internet akan ngedrop. Ternyata lancar loh sampai live selesai, Alhamdulillah

Saya dan keluarga merasa terbantu sekali dengan jaringan internet yang lancar dari Indihome, selain mendapatkan uang dari hasil berjualan, saya pun merasa bebas berekspresi dengan membuat konten sebagai strategi marketing untuk jualan. Pokoknya suka banget. Anak sayapun dapat melatih kemampuan komunikasinya dengan membuat konten youtube. Wahh ternyata suka sekali selain belajar berkomunikasi kini dia pun sudah belajar mengedit video dan membuat konsep video yang akan dibuat bagaimana. Suamipun merasa terbantu dengan adanya jaringan internet karena bisa mengikuti kelas-kelas online gratis yang diselenggarakan gratis oleh kampus-kampus di luar negeri. Oiya kami sekeluarga pun membuat projek bersama keluarga dengan memanfaatkan koneksi interent yang lancar. Terkadang kami membuat video tiktok Bersama ataupun mengupload beberapa video video di youtube. Seru banget, dengan adanya projek ini kami sekeluarga dapat mempererat kekeluargaan dan dapat mencoba hal yang baru dikeluarga kami.

Alhamdulillah ya walaupun banyak yang beranggapan bahwa internet berdampak buruk bagi anak, ternyata jika kita menggunakannya secara bijak dapat bermanfaat tidak hanya untuk diri sendiri tetapi buat sekeluarga. Dengan internetpun dapat mengasah kemampuan dan kompetensi kami termasuk salah satunya kebebasan bereskpresi dengan membuat konten-konten yang positif dan kreatif serta bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar