Minggu, 04 Juni 2017

Life Hack : Kuliah di Sekolah Berasrama

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum) 



Sekolah berasrama merupakan pengalaman yang tak terlupakan bagi saya. Banyak kejadian mulai dari yang seru sampai yang sedih sudah saya alami, tapi yang paling penting dengan kuliah di sekolah berasrama ini saya menemukan teman baru yang tidak hanya menjadi teman namun juga menjadi keluarga karena kita hidup bersama selama 24 jam sehari alias ketemu lo lagi lo lagi hehe..
Berdasarkan pengalaman saya selama 4 tahun bersekolah di asrama berikut tips n trick yang sangat membantu saya bisa nyaman dan bahagia tinggal di sana.

Pakaian
Selama tinggal di sana selama 4 tahun saya hanya menyimpan 3 stel pakaian tidur dan 3 stel pakaian (1 lengan panjang, 2 jacket) berpergian serta beberapa pakaian seragam untuk kuliah dan olah raga. 
Minimnya pakaian ini sangat membantu saya dalam hal mencuci, menyetrika dan merapikan pakaian. Maklum saya termasuk orang yang berantakan sehingga jika kebanyakan baju dan tiba tiba ada sidak (pemeriksaan dadakan) susah lah saya bisa tiap sidak kena hukuman terus karena lemari baju berantakan. 

Printilan lain
Barang lain yang sangat dibutuhkan menurut saya ketika berasrma yaitu :
1.Strika, Braso, semir sepatu (agar penampilan selalu rapi, maklum lah sekolah saya semi militer)
2.Laptop dan Handphone sebagai hiburan dikala penat dan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah.
(beberapa sekolah kedinasan ada yang tidak membolehkan barang ini untuk di bawa)
3. Perlengkapan Mandi 
4. Persediaan Makanan. Ini penting banget haha karena biasanya kalau lagi ngerjain tugas butuh banget ini buat cemilan . Biasanya yang harus ada di lemari : Mie instan 2 bungkus, roti/biskuit, ager-ager instan dan tak lupa madu/susu agar tetap sehat.
5. Pemanas air untuk masak mie dan ager-ager hahaha  (beberapa sekolah kedinasan ada yang tidak membolehkan barang ini untuk di bawa)
6. Perlengkapan mencuci : ember, sabun cuci, pewangi 
7. Peralatan ibadah

Manajemen Waktu yang baik 
Ini penting banget karena KHM (Kegiatan Harian Mahasiswa) sangatlah padat, kalau kita tidak punya manajemen waktu yang baik jangan harap kita bisa punya waktu luang.
Kalau saya biasanya hal yang dilakukan :
- Baju yang digunakan sebelum mandi harus langsung di cuci ketika mandi 
- Baju yang sudah kering langsung di setrika atau jika belum sempat taruh aja di jemuran (haha pengalaman pribadi). Haram taruh baju kering yang belum di setrika di kamar!
-  Malam hari sebelum tidur harus sudah menyemir sepatu, membaraso ikat pinggang dan menyetrika baju
- Jika ada tugas langsung dikerjakan, minimal cari bahan untuk tugas tersebut terlebih dahulu pada malam harinya ketika jam belajar malam.

Nah jika kita  punya waktu luang lumayan tuh buat pengembangan diri. Gak mau kan kita tinggal 4 tahun di asrama cuma belajar dan tidur aja. Ya.. minimal kita harus mengembangkan kemampuan lain :) Oiya godaan hidup berasrama itu adalah bersosialisasi. Karena kita hanya ketemu sama mereka-mereka aja ya otomatis kalau jam kosong biasanya ngobrol ngalor ngidul ga jelas. nah sebaiknya di kurangi lah ngomongin junior, ngomongin gebetan, apalagi ngomongin senior hahaha.
Pengembangan diri saya : belajar design grafis, belajar menulis (ikut call of paper, lumayan bisa jadi pembicara n jalan-jalan gratis) , belajar wirausaha (karena biasanya mahasiswa kedinasan itu konsumtif soal makanan, pokoknya apa yang kita jual pasti abis deh hehe)

Liburan bahagia
Yah walaupun waktu liburan sekolah berasrama berbeda dengan kampus lain (kalau di tempat saya ya) jadi ya kalau mau liburan pun cuma bisa sama keluarga/ teman kampus. Tapi itu menurut saya pengalaman yang palingtak terlupakan :) 
Dengan berbedanya hari libur dengan kampus pada umumnya, biasanya kalau liburan pasti objek wisata yang dikunjungi tersebut sepi dan otomatis dapat harga yang murah dan puas menikmatinya. Menurut saya penting banget sih liburan buat anak-anak yang sekolah berasrama biar  gak penat dan bosan. Oiya satu lagi keuntungan karena teman-teman kampus saya biasanya berasal dari daerah-daerah, maka jika kita liburan ke daerah tersebut bisa gratis semuanya (ya sekalian silahturahmi hehe)

Nikmatilah Fasilitas kampus
Nah biasanya fasilitas di sekolah kedinasan gak kalah kece dengan kampus-kampus pada umumnya. Ya manfaatin aja menurut saya semua fasilitas yang ada. Kalau di kampus saya ada kolam renang, joging track, lapangan tenis, lapangan bola, lapangan voli, gym, wall climbing, dan yang terbaru adalah gym. Lumayan banget kan bisa olahraga gratis, selain sehat insyallah bisa punya badan ideal haha.
 
Intinya kalau di sekolah berasrama itu bawalah barang seminimal mungkin dan nikmati fasilitas yang ada serta jangan lupa liburan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar