Kamis, 25 Juli 2019

Ide Permainan Anak Usia 1-2 Tahun

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)



Pernah gak sih kepingin banget beliin anak mainan, tapi bingung mau beliin apa?
atau, Pernah gak sih kepingin buat aktivitas seru bareng anak, tapi bingung mau ngapain?

Yes saya sih pernah banget!

dan bingung euy karena ya kalau gak sesuai umur anaknya bisa ga tertarik.
Nah, berdasarkan kebingungan ku tadi, akhirnya ku trial dan eror aktivitas atau mainan apa yang sesuai dengan umur anak 1-2 tahun. Kenapa sih ku kekeh banget ribet nyari permainan anak? Yup karena ku sebisa mungkin ga ngenalin hp ke anak sebelum doi lancar berbicara. Selain itu alasan  orang tua agar tidak memberikan hp pernah dibahas oleh theasianparent di sini.


Bagi saya banyak manfaat bila orang tua ikut bermain menemani anak, antara lain :
1. Membantu mengembangkan bakat anak (plus orang tua dalam berkreasi)
2. Mengawasi anak bermain
3. Memahami anak
4. Membangun interaksi dengan anak
5. Meningkatkan hormon bahagia.

Oh iya untuk inspirasi tentang mainan ku biasanya ambil referensi dari :

Aplikasi ini mah mungkin udah favorit mamak-mamak millenialls. Lengkap banget di sini, mulai dari pembahasan tentang tumbuh kembang anak, what to do buat para orang tua dan permainan-permainan simpel sesuai umurnya.


Nah kalau ini adanya di instagram, sebenarnya di instagram banyak banget hashtag lain, tapi ku lebih suka yang ini karena lebih kreatif.


Nah ini buat yang ingin menganut aliran montessori, di web tersebut membahas mengenai ide bermain dengan range usia yang sudah di tentukan, serta banyaknya artikel mengenai penerapan montessori di rumah.



Kalau di website ini belum terlalu banyak ide bermain, tapi saya suka karena ada tips dan trik mengenalkan agama kepada anak sejak dini. Nah ini nih yang penting kannn


Kalau zaman dulu sebelum 1 tahun, entah kenapa fokus saya ke benda maksudnya kalau mau main ya pakai mainan, jadi di rumah lumayan banyak beli mainan zaman itu. Terus tibalah saat penghematan besar-besaran buat nabung biaya sekolah dan biaya liburan (Obsesi pingin liburan sekeluarga bareng : Umroh, tour di New Zeland dan lain-lain), Mohon doanya!

Akhirnya budget beli mainanpun kepotong huhu. Jadilah mamak mesti kreatif bikin mainan sendiri biar seseruan di rumah. Makanya website-website di atas sangat penting bagi saya. Oh iya biasanya saya bikin perencanaan bermain dengan anak selama seminggu dengan nyontek dari sumber-sumber yang berseliweran di dunia maya. Nah tadi sempet ketemu form buat bikin perencanaan itu di form ini

Nah kalau permainan itu biasanya yang sering di mainkan anak saya mah gak kece banget. Macam kantong kresek sama alat masak aja udah bahagia banget. Nah kadang-kadang saya bikin kegiatan yang sedikit kece macam :

1. Membuat Donat
Nah ini ku baru paham euy ternyata anak seusia 18 bulan sudah bisa di ajak bikin kue. Ya walaupun tugasnya cuma nguleni aja. Lumayan, anak bahagia, camilan pun jadi. Waktu itu sempat bikin donat tapi ya karena ku juga gak terlalu mahir jadilah ini donat bentuknya gak jelas, tapi alhamdulillah rasanya enak :)

Mungkin karena si dedek ikut dilibatkan waktu bikin ini, doi makan kue ini terus loh.. sehari bisa 4-7 donat. Alhamdulillah.



2. Bermain Lego
Nah ini nihh mainan yang multifungsi. Bisa buat mengasah kreativitas dan imajinasi dengan membuat banyak bentuk, selain itu kita bisa mengenalkan warna serta mengajarkan berhitung.. Suka banget sama mainan ini.


 3. Menggambar dan Mewarnai
Nah Kalau menggambar dan mewarnai ini cuma bermodal pensil warna atau crayon atau cat air. Semua media sudah saya coba mulai dari kertas, dinding bahkan kardus.. Berikut beberapa karya kami yang sempat terdokumentasi:





Ku paling suka yang gambar ondel-ondel, tinggal kepala di masukan ke dalam kardus jadi deh kayak topeng ondel-ondel, ya kaaannn.. kreatif kann (tumben)


4. Bermain Rumah-rumahan
Nah untuk bermain ini cukup banyak efort yang di butuhkan, karena perlu nyusun stik eskrim buat jadi bentuk bangunan dan playground. Alhamdulillah si dedek suka waktu main ini.



selain itu masih banyak kegiatan lain :)
Sebenarnya sih anak ga butuh mainan yang mahal atau keren, cukup ortu menemani anak bermain saja anak sudah bahagia loh..

Sudahkah anda bermain bersama anak hari ini?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar