Senin, 15 Juni 2020

Langkah-langkah Pengiritan 2020

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum) 


Entah kenapa, semakin mengenal saham, reksadana, SBR dan instrumen investasi lainnya, ku merasa semakin pelit dalam ngeluarin uang buat hedon (semoga ini berlangsung seterusnya AMIINN)

Apalagi saat pandemi COVID-19 ini, dari pada hedon gak jelas mending nyiapin dana darurat atau perbanyak sedekah karena kita gak akan tau pandemi ini selesai kapan dan apakah kita akan selamat huhuhu sediih bayanginnya.

Biasanya tuh ya, pasti alokasiin dana hedon buat ke Mall cuma sekedar makan dan nonton dan beli barang gak jelas yang ngabisiin uang minimal 500 ribu sekali pergi. Atau sekedar beli baju atau printilan online gak jelas.

untuk saat ini hedon tetep masi ada si tapi jumlahnya diminimalisir dan dialihkan ke yang lebih berguna kayak beli bahan-bahan buat kreasi kue atau beli buku (ya iyalah mana bisa selama #dirumahaja kita ke Mall)


Nah langkah-langkah pengiritan apa saja sih yang sudah saya lakukan sepanjang pertengahan tahun 2020 ini?
1. Membeli cairan kebersihan dalam jumlah besar atau mengganti bentuknya
Nah ini mungkin gara-gara nyetok juga buat #dirumahaja 3 bulan. Jadi ku belanja bulanan ke Lotte Mart buat beli sabun cuci baju, sabun cuci piring, shampo, cairan pembersih lantai dalam jumlah yang besar dan ternyata itu lebih irit loh. 












Jujur ya selama ini bocor alusku itu jajan di minimarket. Cuma mau beli sabun cuci piring yang abis terus jalan ke bagian camilan eh refleks ambil snack-snack jadilah keluar dari indomart/alfamart mengeluarkan budget minimal 100.000. Oiya selain membeli dalam jumlah yang besar untuk 3-4 bulan, saya pun mengganti sabun mandi cair dengan versi sabun batangan. Teorinya kan sabun cair lebih awet karena cuma dipakai sedikit. Tapi realitanya astagahhhh cepet bgt abisnya.

2. Manfaatkan Toko online jika ingin windowshopping
Ya namanya juga cewek kan, biasanya tiap bulan ngemall tiba-tiba gak boleh kemana-mana kan hasrat lihat-lihat barang nya tidak tersalurkan. Untungnya kannn kita hidup di zaman yang ada toko online, jadilah selama ini yang kulakukan cuma lihat barang masukin keranjang tanpa checkout wkwk.. Jumlah barang jangan ditanya yaaa, udh sampe 99++ wkwk. Hasrat belanja si ada, tapi ko ya buat checkout langsung mikir, kalau beli seharga xx rupiah udah dapat saham x lot wkwk. Harap maklum lah harga saham kan emang lagi anjlok bgt. Ya kalau dianalogiin ya, daripada ku belanja baju di mataharimall mending langsung beli saham Matahari Department Store Tbk PT (LPPF) atau dari pada beli baju Zara atau Uniqlo ya mending beli saham PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL) alias Sritex yang ngejahit baju Zara dan Uniqlo. 

Jadi selama #dirumahaja, barang yang berhasil ke checkout yaitu masker kain, young living oil RC dan Thieves yang kebetulan habis. udah itu aja wkwk

3. Belanja sayuran untuk satu minggu
Awalnya saya belanja sayur itu setiap hari, nah entah kenapa setelah coba-coba belanja mingguan ternyata lebih hemat. Awalnya si banyak yang layu karena belum belajar metode food preparation yang bagus, tapi setelah ikut beberapa Kulwab alhamdulillah kini bisa simpan bahan-bahan makanan dalam jangka waktu yang lama dan dengan kondisi yang masih segar.


4. Substitusi barang
Setelah diidentifikasi lagi ya, ternyata selain dari jajan di minimarket, bocor alusku juga ada di beli mainan anak wkwk. Ya walaupun gak sering, tapi ada di beberapa waktu ku tiba-tiba over budget buat beli mainan anak. Tentu bukan si anak yang minta beli mainan, tapi emaknya ini yang udah mulai bosen nemenin main pake mainan itu lagi itu lagi. 

Solusinya adalah substitusi dari beli mainan ke : Membuat Mainan Sendiri. 

Ternyata seru loh bikin mainan sama anak, ya kalau tipe aku untungnya bukan yang harus rapi bagus dan apik wkwk jadi cepet kalau bikin mainan anak. Dan tenang, bagi anak apa yang kita buat gak harus bagus, tapi kita nemenin dia main udah bikin dia senang :)
Nah ide permainannya mah gak perlu kita sok-sok kreatif, sok atuh buka Instagram atau youtube pasti banyak ide dan tutorial cara membuatnya. Peralatannya pun gak terlalu memerlukan budget yang banyak. Cukup yang ada dirumah di manfaatkan. 

Sekedar Tips : kalau belanja bulanan kan sekarang di beberapa supermarket ada kerdus-kerdus buat pengganti plastik, bawa aja kerdusnya buat bikin kreasi mainan anak.

Selain bisa buat mainan anak, kerdus juga bisa dibuat banyak kreasi buat merapikan rumah seperti untuk merapikan sendal dan sepatu.

5. Bila tidak terpakai, jual atau berikan kepada yang butuh
Nahsemenjak dirumah aja, selain  Work from home ku jadi getol beberes rumah. huhu jadi ketauan ternyata di rumah banyak barang-barang yang tidak terpakai. Jika kondisi masi sangat amat layak dan kiranya ada yang berminat maka barang tersebut ku jual atau kalau ada yang mau mengadopsi maka ku berikan. Oiya kalau ada yang mempunyai nilai sentimentil tapi memang tidak pernah dipakai seperti laptop pertama dari gaji pertama atau apapun itu yang masih bisa digunakan namun ingin kita berikan atau kita jual, Barang tersebut bisa kita foto. Dan sewaktu kita kangen, bisa deh kita lihat fotonya. Btw cara tersebut works for me.

Kan lumayan banget tuh, rumah rapi karena tidak ada barang menumpuk, ditambah lagi kita punya uang tambahan wkwk. Dari barang yang aku jual, lumayan loh bisa beli saham BBRI 1 lot.

6. Bawa bekel ke Kantor
Ini lumayan banget loh bikin hemat, sebelum covid ini ku juga udah sering bawa bekel. 
Misal sekali makan rata-rata 35.000 (kalau bukan di Mall)

Rp. 35.000 x 5 hr x 4 minggu = Rp. 700.000

nah bisa tuh 400 rb kita pakai buat investasi bisa dapet beberapa lot saham Sidomuncul atau ultrajaya atau mayora dan 300 ribunya buat jajan kalau lupa bawa bekel. Atau 700.000 semua di investasikan lumayan banget bisa beli saham Unilever 1 lot atau buat beramal.

7. Cari sumber penghasilan lain
Oiya, ini adalah salah satu whistlist di tahun 2020 yaitu mencari sumber penghasilan lain. Bukannya tidak bersyukur dengan kondisi saat ini, namun kita tidak tau kedepannya akan bagaimana. Nah salahsatu hasil manajemen resiko ku yaitu menghasilkan kontrol untuk memiliki sumber penghasilan lain. 


Selain untuk persiapan di masa depan yang kita tidak tau akan ada apa, ternyata ini membuat saya keluar dari Zona Nyaman saya. Dan terpenting membentuk mental saya untuk dapat menerima penolakan dari orang lain. Selama ini jujur hidup saya bisa terbilang mulus, namun bisa jadi itulah cobaan buat saya karena membuat saya nyaman dantidak berkembang wkwk, jadilah mulai coba banyak hal baru dan bergabung dengan banyak komunitas agar mendapat banyak peluang. Banyak hal yang ku kerjakan mulai dari buka jastip, jualan dan lain-lain. 

Tapi tetap semua hal yang kulakukan insyallah tidak mengganggu output kerjaan dan quality time dengan keluarga. Ya walaupun susah hahaha dan hasilnya jadi tidak optimal. Paling tidak sudah pernah merasakan dan sudah tau ternyata ada peluang ABCD buat bisa dapat penghasilan tambahan.

baca juga : Uang Saku Tambahan buat Mamak Zaman Now

Oiya pengelolaan keuangannya jangan sampai lupa ya, jangan sampai keuntungan hasil jualan buat jajan cilok semua wkwk. kalau yang ku lakukan setiap keunungan ku catat dan kalau sudah di atas 100 rb ku belikan reksadana atau dibelikan saham.

Kayaknya baru itu saja yang kulakukan selama 6 bulan ini. Pas banget ya langkah-langkah yang kulakukan berakhir di angka 7, ala2 buku the 7 habits atau 7 keajaiban rezeki wkwkwk


Jadii, apa yang sudah dan akan temen-temen lakukan dalam rangka penghematan ? 

32 komentar:

  1. akhirnay kita menjadi orang yang gak boros lagi ya, semua diperhitungkan shg keuangan akan aman

    BalasHapus
  2. Mantappp 😍😍 suka ni di ksi tips kayak gini .. Bisa evaluasi diri juga gimana2 nya di rumah hehe..

    BalasHapus
  3. nah ini dia, aku juga sekarang lagi bener-bener belajar buat ngirit banget nih.dan harus menahan diri klo mau jajan atau mau order makanan di gofood atau grabfood hehe..

    BalasHapus
  4. Widiiih.. Ada duit mikirnya udah dibeliin saham aja. Salut.
    Mbak ada cerita pengalaman tentang investasi saham ini gak? Mau tahu dong.

    BalasHapus
  5. tipsnya bermanfaat banget nih lagi belajar saham banget nih keren deh mbak tipsnya sangat informatif dan langsung bisa dijajal

    BalasHapus
  6. Satu lagi mbak, tinggal di desa dengan mengupayakan rejeki orang kota. Heheheh Alhamdulillah dengan online sperti ini, tinggal di desa pilihan kerjanya juga banyak. Di desa barang murah2. Kadang dapet kiriman dari panenan tetangga. Heheheeh

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah selama hampir 4 bulanan di rumah ini bisa menghemat banyak pengeluatan terutama utk rekreasi dan hiburan lainnya ehhehe

    BalasHapus
  8. Aku lho mak udah lakuin semua kecuali yg reksa sebelum wfh. Karna paksu kerjanya cuma ojol, dapet kerja di catering ga nentu tapi ya sekalinya ada langsung 3bln. Jadi sebagai istri ya harus pinter" ngatur keuangan

    BalasHapus
  9. Keadaan saat ini memang tidak bagus, mencari sumber pendapatan lain memang jalan terbaik, selain membeli kebutuhan yg paling penting

    BalasHapus
  10. bener sekali shay dimasa pandemi ini banyak pengeluran terutama untuk kebersihan dan pendapatan juga berkurang .....harus pinter2 nya kita sebagai ibu rumah tangga untuk mengatur itu semua ( tip2 nya boleh juga )

    BalasHapus
  11. iya nih harus ngirit apalagi di era pandemic seperti sekarang ini dimana mendapatkan penghasilan itu sedikit sulit daripada sebelumnya

    BalasHapus
  12. amat berguna tipsnya..
    aku gak pernah beli sunlight dan semacamnya dalam jumlah yg besar itu. ku merasa mahal aja gitu.. tapi ternyata lebih hemat yaa.. boleh juga dicontoh..

    krn bener banget.. sekali ada keperluan mau belanja ke supermarket, pasti tangan ini nakal suka ngambil barang lainnya yg kurang penting.. jadilah pengeluaran makin membengkak.. huhu..

    soal mainan anak tuh bener banget deh. kadang mamaknya yg gatel pengen beli. anaknya mah gak minta.. wkwkwk.. masa emaknya yg bosenan yaa 🤣🤣

    kalo bawa bekal ke kantor.. aku juga selalu bawa bekal sejak dulu.. sangat hemat soalnya.. hihi..

    BalasHapus
  13. Tipsnya praktis dan berguna banget, mbak. Jujur karena karantina, aku malah makin boros. Tapi masih bisa substitusi dari budget nge-mall yang berkurang drastis

    BalasHapus
  14. Keren mba udah kenal saham jadi lebih tertarik beli saham ya. Penting banget berhemat memang ya di suasana kays gini.

    BalasHapus
  15. Sebagai mantan anak rantau dan tinggal di kos, aku sudah terbiasa pengiritan mom, eh kebawa dong sampai stlh married

    BalasHapus
  16. Pengiritan harus banget. Karena mau gak mau, pandemi ini berimbas ke perekonomian. Hampir semua lini merasakannya. Terima kasih tips pengiritannya mbak. Jadi dapat ilham buat cari penghasilan tambahan.

    BalasHapus
  17. Mantap banget tata treatment keuangannya ni mba.. :) bisa jadi contoh buat yg masi beratakn :(

    BalasHapus
  18. Pengiritan emang solusi hemat keuangan ya. Irit bukan berarti pelit tapi ga boros pemakaian

    BalasHapus
  19. Banyak banget tips yang baru kuketahui. Emang ya kita perlu itung-itungan soal pengeluaran. Kalau ngga gitu abislah pemasukan kita buat gaya hidup

    BalasHapus
  20. Aaaa berguna sekali ini tipsnya..terima kasih bnyak mbaaa :)

    BalasHapus
  21. Intinya ada di planning ya mbam kalau terencana maka akan lebih mudah mengatur. Semoga dana sedekahnya tidak lupa dan disesuaikan dengan budget juga ya, mengirit di dunia dan menabung di akhirat. Jazakillah sharingnya.

    BalasHapus
  22. Aku dirumah aja Dalam rangka menghemat dan menutup Mata wkwk

    BalasHapus
  23. Ikutan review belanja bulanan juga aaahh
    Makasii sharing nyaaa

    BalasHapus
  24. wow...planing yang luar biasa. masa pandemi ini, banyak saham yang harganya merosot. take position buy...tepat banget

    BalasHapus
  25. Aku juga pengen investasi di saham tapi belum ada ilmunyaa. Mbaa, Sharing dong tentang review investasi saham di tulisan selanjutnya..
    Makasiih sharingnyaa..

    BalasHapus
  26. Keren...
    Alhamdulillah udah membiasakan diri kalo mau belanja bulanan hanya beli apa yg ada di list.
    Jd dirumah tuh udah ada list barang2 apa yg akam dibutuhkan utk rumah, dibagi sesuai kategorinya. Jd saat akan belanja, tinggal liat list kategori yg ada sesuaikan dgn stok yg dibutuhkan.

    BalasHapus
  27. Bener mba. Sejak nabung saham memang jadi lebih hemat. Daripada hedon ga jelas, mending duitnya ditabung buat beli saham 😊😊

    BalasHapus
  28. Nomor 6 terkadang prakteknya gak selalu mudah karena butuh banyak hal. Btw, nice tips, tentang investasi, pastinya harus sesuai syariah ya

    BalasHapus
  29. Jazaakillahu khairan tips-tipsnya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  30. Thanks for sharing mbaa, kalau sy berhemat karena uang transport buat jalan dan jajan jadi kepangkas gitu selama pandemi. Lain kali share tentang investasi dong mbaa hehe, reksadana, dll

    BalasHapus
  31. Share juga donk mba investasi yg aman dan sesuai syariah 😊

    BalasHapus
  32. sepertinya aku juga mengalami bocor alus yang sama 😆

    BalasHapus