Rabu, 18 Desember 2019

A-to-Z : Pengalaman Membuat Event di Ancol

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)



Wahhh dalam tahun ini entah kenapa selalu handle acara terus. Buat saya sih ini pengalaman yang mahal, karena kapan lagi lah kita bisa manage acara gede. Di akhir tahun ini, kami handle acara rapat dan team building.
Untuk kegiatan team building ini sebelumnya kami pernah menyelenggarakan di Royal Safari Garden, dengan kegiatan tambahan di Taman Safari.

Baca di sini : Royal Safari Garden

Untuk tahun sebelumnya lagi, kami mengadakan kegiatan di Aston Bogor (hotel favorit saya) dengan kegiatan tambahan di Jungle land. Dan pernah juga kami mengadakan kegiatan di GH Universal dengan kegiatan tambahan offroad. wah seruu semua :)

Nah ditahun ini, dikarenakan kegiatan ini dadakan, maka rencana hanya di Ancol. Nah untuk mencari hotel di kawasan Ancol pada waktu itu sangatlah susah. Jadi dapatlah hotel di luar ancol yakni Novotel Mangga Dua.

Baca di sini : Review Novotel Mangga Dua

Rangkaian kegiatannya yaitu : team building di Ecopark dilanjutakan kegiatan bebas. Di ecopark banyak sekali aktivitas seperti learning farm, paintball, naik perahu, sepeda, outbond dan faunaland.

Oiya banyak juga team lain yang melanjutkan ke arena Dufan atau seawold + ocean park. Sepengalaman saya kemarin karena saya mengurusi sendiri tanpa menggunakan EO, koordinasi pembelian tiket untuk ocean park + seaworld serta Dufan dan ecopark tidak dapat dilakukan satu pintu, namun koordinasi dilakukan ke masing-masing penanggung jawab wahana. Dan menurut saya itu sangat ribet hahhaa. Harusnya karena dalam satu management, jika ada perusahaan yang akan melakukan kegiatan di area ancol dapat berkoordinasi satu pintu dengan pihak Ancol untuk semua wahana.

Ecopark

Allianz ecopark ini posisi di dekat pasar seni. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di sini sebenarnya dan jika kita coba satu per satu wahana/ area tidak cukup satu hari. Saat itu kami hanya menggunakan area team building :


nah berhubung area ini merupakan area terbuka, maka jangan lupa untuk mempersiapkan juga kegiatan jika terjadi hujan. saat itu alhamdulilla kami juga disediakan satu pendopo jika terjadi hujan :

Untuk anak-anak, dapat diikutkan kegiatan learning farm dengan minimum peserta sebanyak 25 orang. Berikut merupakan paket kegiatan di learning farm :


oiya jika ingin mencoba learning farm, anak-anak sebisa mungkin mengenakan pakaian panjang atau dioleskan lotion anti nyamuk, karena jujur nyamuk di sana sangat banyak.




Mang engking
Tidak jauh dari tempat permainan ecopark, ada beberapa rumah makan. Salah satunya adalah restaurant mang engking. Menurut saya untuk acara privat, tempat yang digunakan cukup Ok :)

Untuk posisi privat room ada di lantai dua dengan buffet berada di luar tempat kegiatan :





Berikut menu yang ada pada restaurant tersebut :





Seaworld dan Ocean Park
Untuk dua wahana ini dapat dikunjungi bersamaan karena letaknya yang berdekatan. Saran saya sih jika masih pagi hari maka sebaiknya yang dikunjungi adalah ocean park dan ketika siang hari bisa langsung ke seaworld untuk ngadem hehe. Karena jujur saat di oceanpark walau banyak pohon tetap saja panas. Untuk seaworld ya standarlah, isinya ada banyak aquarium dan ada aquarium yang di atas kepala kita heheh. Nah kalau ocean park merupakan kali pertama saya datang.

Ada apa aja si di Ocean Park?
Ocean Park merupakan area untuk pertunjukan dan ada beberapa permain anak outdoor. Nah kalau kesini sebisa mungkin nonton semua pertunjukan. Yang jadi favorit adalah pertunjukan lumba lumba dan pinguin.




Berikut merupakan harga tiket untuk seaworld dan ocean park :


sedangkan untuk jadwalnya :


Oiya untuk yang membawa anak, gak usah nonton scorpion Pirates deh, karena ada banyak perkelahian di sana.







Jadi buat teman-teman yang mau menyelenggarakan kegiatan di arena Ancol saran saya jika akan menginap maka carilah penginapan di dalam ancol dan jika ingin mengadakan kegiatan di wahana ancol sebaikny amenghubungi pihak hotel. Jadi proses pembelian tiket bisa dilakukan satu pintu. Kalau saya kemarin kegiatan dilaksanakan di dalam ancol sedangkan untuk penginapan di luar ancol. Maka..... perlu ada alokasi uang untuk pembelian tiket yang lumayan mahal.
Untuk saya kemarin :
Bus : 35.000
Dewasa : 15.000
anak-anak : 12.500

sekian, semoga informasi ini bermanfaat.









21 komentar:

  1. Bukan warga sana jadi baru tahu kalau di Ancol bisa bikin event buat seru-seruan, semacam aktivitas outbound yang menantang .... menariknya.

    BalasHapus
  2. Bermanfaat banget ini mah, jadi tahu gimana caranya kalau mau bikin event di Ancol, kali aja besok-besok butuh bikin event kan ye, masih banyak yang belom tahu masalah beginian :)

    BalasHapus
  3. Infonya bermanfaat banget ini buat yang mau mengadakan event di sana jadi besok besok gausah khwatir karena udah dibantu di blog ini 🤗

    BalasHapus
  4. Seru banget Kak udah menangani banyak event , memang jadi pengalaman yang berharga banget ya. Apalagi buat kegiatan team building itu wah mantabs serunya. Sukses terus ya Kak buat semua event2nya yang sekarang dan yang akan datang.

    BalasHapus
  5. Baca ini jadi pengin halan halan kesana kak hihi.. Pasti seru ya punya pengalaman handling acara sebesar ini kak.. Keren kamu kak ^_^

    BalasHapus
  6. Wah menarik nih, belajar banyak nih dari pengalamannya mba, siapa tahu nanti aku harus bikin event juga di Jakarta ini bisa jadi rekomendasi nih...

    BalasHapus
  7. Sebagai pegiat event, saya suka sekali pengalaman seperti ini. Berhubungan dengan banyak vendor dan segala ragamnya.

    BalasHapus
  8. Thank u banget mba petunjuknya buat orang jadi mudah menentukan tujuan kalau mau k ancol :)

    BalasHapus
  9. Aku pernah ke Ancol, tapi baru tahu ada Mang Engking. Biasanya Mang Engking ada gubuk2 gasebo di atas danau, ini bentuknya gedung ya ternyata 😁

    BalasHapus
  10. Wah, udah hampir setahun yang lalu ya. Semoga setelah pagebluk korona dapat diatasi, jadi banyak dapat proyek bikin event lagi ya.

    BalasHapus
  11. Wah, nambah pengetahun nih. Pastinya info yang begini tuh dicari banget oleh siapa pun yang akan bikin event. Terlebih nanti setelah pandemi usai.

    BalasHapus
  12. Waktu di Ancol aku lewat di Ecopark itu. Aku pikir itu tempat apa ya kok gedung doang hehe.

    BalasHapus
  13. Baru tau banget kalo di Ancol bisa bikin acara seseruan sampe team building segala. Bahkan dengan noraknya, kubaru tahu juga kalau di dalam kawasan Ancol ada penginapannya dan bisa pesan paket permainan langsung di hotel biar satu pintu.

    Boleh nih jadi rekomendasi.

    BalasHapus
  14. Wah jadi panitia acara memang menyenangkan yaa. Saya jadi kangen masa-masa jadi panitia hehe. Dulu waktu masih kuliah saya aktif bangeeet. Hihi. Makasih mba sharingnya

    BalasHapus
  15. Mungkin skg saatnya utk perbanyak ide bikin event online ya. Scra di jkt psbb lgi...pdhl dufan bru buka. Skg ditutup lg kan y?

    BalasHapus
  16. Biar lebih hemat juga enaknya emang sekalian cari penginapan d dlm ancol ya. Bs nih kalau misal nanti sudah diperbolehkan lagi k sana

    BalasHapus
  17. oke banget nih mba insightnya, jadi kalo mau bikin event yang perlu nginap better di dalam aja ya, jadi ngurangin budget transportasi and tiket masuk, jadi biar sekalian semuanya langsung di satu lokasi yaa

    BalasHapus
  18. Seru banget ya kalo bikin event disitu bisa jalan jalan ke ocean park asik tuh

    BalasHapus
  19. Pastinya seru banget bisa bikin event di tempat disitu bis bekerja sambil liburan hehehehe

    BalasHapus
  20. maasyaallah info terkait membuat event di Ancol sangat lengkap sekali, thank you udah berbagi ya

    BalasHapus
  21. wah seru ya bikin event di dalam ancol, thanks infonya

    BalasHapus