Selasa, 17 Desember 2019

Bullet Journal, Solusi Mamak Bekerja Efektif

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)


Uwoo topik berat nih. 

Jujur smpai saat ini saya masih mencoba efektif untuk bekerja baik pada ranah rumah tangga maupun dalam ranah publik. Ya walaupun saya ibu dari satu orang anak, saat ini saya memiliki peran lain sebagai PNS yang haknya sudah saya terima setiap bulan yaitu GAJI. 

baca tulisan sebelumnya :A to Z : Manajemen Keuangan Ala PNS

Malu lah kalau haknya kita terima, tapi giliran mengerjakan kewajibannya alias bekerja saya malas-malasan apalagi gaji yang saya terima hasil pembayaran pajak warga negara Indonesia (ya walaupun saya dan keluarga juga bayar pajak). 

Oh iya sebenarnya triger saya ingin kerja efektif agar waktu saya bersama keluarga menjadi lebih banyak dan sayapun punya waktu me time. Asik gak tuh.

Tapi ternyata harapan tidak seindah kenyataan

Sering banget tuh diawal-awal saya bingung ngerjain apa ya hari ini? eh ujung-ujungnya malah ngerjain yang gak penting dan di sore hari baru teringat kalau harus ngerjain sesuatu/ tugas yang ditagih Pak Bos. wahahaha gawat!
Jujur sih, saya kerja juga masih tergantung mood. Kalau mood lagi OK seharian bisa produktif dan efektif banget, tapi sering juga karena mood lagi gak bagus jadinya malah gak produktif.

Untuk meminimalisir hal itu akhirnya saya bikin list kegiatan, alias to do list

Nah diawal, saya nulis tuh semua hal yang harus saya lakukan. Nulisnya di hari sebelumnya.
To do list saya bagi jadi 3 yakni :

  • Kerjaan yang berurusan dengan kerjaan kantor yang saya kerjakan pada jam kantor
  • Kerjaan rumah yang dikerjakan jam 4.30 - 6 pagi dan jam 17.00 - 18.00
  • me time yang dikerjakan saat istirahat kantor atau ketika anak tidur
Nah yang saya tulis itu kegiatan yang pentingnya saja, 3 besar kegiatan penting. Btw jangan pikir bullet journal yang aku buat itu kece ya, cuma tulisan aja wahahha ga ada dekor sama sekali. 

Nah ini dia simbol-simbol yang saya gunakan ketika membuat bullet journal : 


sedangkan untuk bullet journal yang biasa saya buat sekece ini :




Btw, gak selamanya saya buat ini sih. Kadang setiap hari buat, kadang seminggu cuma sekali buat wahahhaha. 


semoga membantu buat teman-teman biar semakin bekerja produktif :)


14 komentar:

  1. hebat mba masih bisa membagi waktu antara pekerjaan rumah dan kantor. menurut aku itu udah produktif banget sih. manajemen waktu memang penting banget.

    BalasHapus
  2. Masyaallah keren mbaa..saya biasanya pake app keep notes mba.. :)

    BalasHapus
  3. To do list memang sangat membantu kita disiplin😃

    BalasHapus
  4. Waahh bisa jd contekan nanti klo dah ada baby.. tq mbaaa

    BalasHapus
  5. Bullet journal, walaupun simpel tapi keren mba', bisa di coba 😃

    BalasHapus
  6. Salut Sama ibu bekerja Daan pandai mengurus rumah tangga.. Kutahuu itu tidak semudah perkataan,banyak buat listing eh tau2 ketiduran pas nidurin anak,tapi yg kurasa waktu break kantor bs buat bener2 metime #eh curhat🙈 makanya kutakjub

    BalasHapus
  7. uwuuwu banget mba
    saat sudah buat to do list, ternyata tidak berjalan sesuai harapan
    peer tantangan bangget ini, terlebih jadwal kegiatannya adalah amanah2 yg sesudah pulker
    sepekan pertama semangat bangget
    pekan berikutnya...subhanallah bangeeeet, aplg jika waktunya sebelum dan sesudah datang bulan 🙈

    BalasHapus
  8. MasyaAllah, hamasah Mamak. Semoga lelahnya berbuah lillah dan berkah aamiin.

    BalasHapus
  9. Waah aku malah cma mengandalkan HP aja mba, klo bullet journal ditambah desain2 lucu gitu makin semangat ngisi jadinya ya mba

    BalasHapus
  10. Aku juga bikin to do list mba. Tapi cuma dalam pikiran 😁. Malam sebelum tidur aku ingat-ingat apa yg harus dikerjain. Kalau rawan lupa, aku tulis di memo hp. Jadi bisa keliatan terus tiap buka hp

    BalasHapus
  11. Kalau bikin to do list jadi inget materi bengkel diri yaa.. masyaAllah kepake bangetlah

    BalasHapus
  12. Management waktu sangat penting yaa agar semuanya bisa balance.
    Ini yang menjadi PR bagi sebagaian orang bagaimana bisa produktif..

    BalasHapus
  13. MasyaAllah,,, hampir samaan mba, saya suka buat point-point to do list seperti itu..

    BalasHapus