Jumat, 17 Juli 2020

Tentang Meyapih

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum) 



Wihh.. mungkin ini adalah babak terakhir tentang perASIan. Sebenarnya disapihnya sudah hampir satu tahun yang lalu, tapi entah kenapa baru mood aja buat nulis tentang ini.

Baca juga : Alat Tempur Mamak Mengasih

Baca juga : Semua tentang ASI

Jadii.. anakku sudah mulai disampih tepat di usianya yang 2 tahun kurang 2 hari hahha. Ceritanya si lucu banget. 

Dari usia 1 Tahun 10 bulan sudah ku sounding kalau nanti pas ulang tahun dan tiup lilin udah tidak menyusu lagi ya. Pas banget di usia tersebut ku dapat dinas dari kantor yang lumayan lama dan karena urusannya ribet banget jadi gak mungkin bawa dia dan mba. 

Untungnya selama aku dinas walaupun ada drama di malam hari ketika mau tidur karena kebiasaannya nyusu sambil tidur, tapi sejauh itu bisa terkendali. Salut deh sama ibuku, oiya waktu ku tinggal dinas, boboknya kalau malam sama ibu dan ayahku, kata mereka si pingin mengenang waktu kecil aku dulu bobok sama bayik bertiga hahha..

Nah pas setelah dinas, doi gak terlalu minta nyusu, tapi akunya yang sedih hahah karena belum 2 tahun kok sudah di sapih. Akhirnya setelah itu tetap nyusu dengan sounding kalau sudah 2 tahun dan tiup lilin udah gak nyusu lagi.

Selain di sonding, ku juga kasi tontonan youtube yang ada figur kakak dan adik bayi macam di channel cocomelon. Ku beritau kalau itu dedek bayi, yang satu lagi kakak. Sekarang dedek masi kayak dedek bayi di TV, masih nyusu. Nanti kalau udah tiup lilin ulang tahun, jadinya kakak kayak di TV, sudah tidak menyusu dari mama lagi.

Oiya perlahan mulai ku kenalkan dengan beragam susu, tentunya susu putih biar tidak merusak gigi (wkwk maaf terlalu idealis)


Zizy sebenarnya ulang tahun kalau tidak salah di hari senin, tapi karena kayaknya peer banget nyapih pas hari kerja dan tentunya hari kerja sama si Mba, dan malem sama aku. Bisa bayangin lah pagi sampe sore kerja dan malam ngurusin drama persapihan ini. Kayaknya ku gak sanggup. Jadi kuputuskan di usia 2 tahun kurang 2 hari yaitu di hari Sabtu.

Akhirnya tiba saat yang ditunggu-tunggu dan mendebarkan. Oiya sebelumnya jujur ku banyak-banyak persiapan mental : mulai dari perbanyak nonton korea, makan enak dan bobok siang pokoknya buat jaga moodku.

Di otak itu udah pikirannya pasti ni anak rempong deh malem-malem pas mau bobok.

Nah di hari jumatnya pokoknya di sonding lagi, pagi siang malem kalau besok doi ulang tahun, tiup lilin dan karena sudah besar jadi kakak maka tidak nyusu lagi. 

Tibalah di Sabtu pagi, doi bangun tidur langsung ke ruang tengah. Dimana ruang tengah telah ku dekor ala-ala perayaan ulang tahun dan lengkap ada seluruh anggota keluarga. Tak lupa juga ada kue ulang tahun beserta lilinnya. Wihh senang sekali doi keliatannya haha.

Nah sebelum tiup lilin ku bilang, sekarang kamu udah jadi kakak. Selamat ya, udah tidak nen lagi yaaa.

terus tiup lilin, makan kue dan rutinias seperti biasa.

Nah menjelang tidur siang, doi mulai mohon-mohon buat nyusu tapi tetep tidak aku kasih. Akhirnya doi ngenyot jempol dan tertidur. Nah menjelang bobok malem nih yang ku rada deg-degan.

mulai ritual mau bobok macam gosok gigi, baca buku, baca doa. Terus doi masi gak bisa tidur sampe jam 11 malem. Untungnya gak ngamuk cuma mohon mohon biar mau nyusu. Tapi ya karena udah ngantuk banget akhirnya meluk boneka sambil ngenyot jempol dan tidur.

keesokan harinya di hari minggu dan hari-hari berikutnya, udah gak minta nen sama sekali wkwkwk. Kalau haus ya minum air putih, jus buah atau susu kotak. Kalau mau tidur, peluk boneka sambil hisap jempol.

Jiah, drama yang ku nantikan ternyata TIDAK ADA.

ALHAMDULILLAH

Oiya sempat beberapa kali kangen, ya cuma pegang aja.

Udah.

Maaf ya nak, ternyata mama sudah suudzon kepadamu haha. Ternyata dikau pengertian sekali.

Cuma ya ada peer selanjutnya, yaitu nyapih ngenyot jempol. Belum ada niat si sampai saat ini buat menyapih ngenyot jempolnya. karena ku pikir pasti lebih drama, apalagi kan jempol ada di badan dia. masi belum kepikiran deh caranya. Mungkin akan pake cara ulang tahun lagi hahha.

Untuk target saat ini adalah lepas pospak di malam hari. Untuk siang hari si sudah dari kapan tau, karena ku minta tolong ke mbaknya. Jadi ku tak merasakan drama ngelap ompol di lantai haha. 

17 komentar:

  1. Masa-masa nyapih emang kudu kuat mental ya. Kalau lemah iman langsung rubuh deh pertahanan tiap si dede nangis minta nen. Semangat ya mbaa ☺️

    BalasHapus
  2. Ilmu bangeut buat aku next Kalau punya anak Kalau mau disapih, Cuma share Pngalman Pas jaman mamah aku dapat ade2 Aku effort nya luar biasa tega sama kewajiban bergejolaks

    BalasHapus
  3. Inget anak keduaku, pas 2 tahun dia stop asi. Karena pas dengan kelahiran adiknya. Gak pake drama. Soalnya sudah disounding sejak lama. Sejak tahu hamil adiknya.

    BalasHapus
  4. Barakallah dimudahoan dalam menyapih ya mbak. Yeayyyy. Happy tentunya bisa menyapih dengan cinta

    BalasHapus
  5. Seneng banget dong Bun nyapihnya mudah,dedeknya ngga rewel lagi hihi

    BalasHapus
  6. Lepas nen jadi beralih ke jempol ya... semoga jempol nya juga bisa segera disapih ya...

    BalasHapus
  7. Mental jadi poin no 1 ya. Persis kays anak ku juga. Tiup lilin udanh ga ngompol lagi. Haha

    BalasHapus
  8. Masya Allah, emang mental orang tuanya dulu yang disiapin ya mba 😆😆

    BalasHapus
  9. Masyaallaah...baby saya belum disapih2 nih..sayanya yg blum siap🤣🤣

    BalasHapus
  10. Hahaha nyapih jempol ntar episode baru lagi mb.. Alhamdulillah aku udah selesai ini

    BalasHapus
  11. Nyapih jempol mungkin bisa dikasih saos sambel atau perasan lemon, biar kaget ma rasanya trus ga mau kenyot jempol lgi 😁

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah sapihnya tidak banyak drama ya mbaa, dedenya pintar..

    BalasHapus
  13. Dedenya pengertian banget. Menyapih ga pake drama

    BalasHapus
  14. MasyaaAllah, nikmatnya berproses. Sehat selalu buat dd :D

    BalasHapus
  15. Aiiihhh tidak ada drama saat mrnyapih sungguh sebuah kenikmatan dan rejeki euyyyy

    BalasHapus