Kamis, 08 November 2018

Semua tentang ASI

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)

 



Hola!
Posting kali ini saya akan merangkum mengenai ASI alias Air Susu Ibu. Alhamdulillah sudah #365days saya mengASIh. namun perjalanan masih panjang ternyata. Sumber dari tulisan ini saya ambil dari Moms kece di Instagram yaitu :
 @elizabeth.zenifer
 @neysanina
 @ayudhyaghita
 @asiku.banyak
 @olevelove
 @AIMI
Daya Tahan ASI

 Suhu Ruangan : 4 jam (negara tropis)
 Kulkas  : 3 hari sampai 5 hari

☕ freezer biasa (untuk freezer yang gabung dengan pendingin di satu kulkas yg sama: 3 bulan

 freezer khusus : 6 bulan

freezer peti : 12 bulan


Akan tetapi, semuanya tetap tergantung kondisi dan settingan temperature freezer tersebut seperti :
- apakah freezer tersebut sering dibuka/tutup
- banyak barang (bisa menaikkan suhu)
- Posisi letaknya ASI (di bagian pintu tentunya lebih tidak dingin)

Tips :
Sebelum dikasih ke anaknya dicium dulu aja, ASI yg sudah rusak baunya seperti bau muntah.

Jadwal Pumping


- dari lahiran sampai 40 hari per 2 jam/ 3 jam  (pasang alarm di jam 12,2,4,6,8,10,12,14,16,18,20,22). Setiap sesi 15 menit pake double pump. 

- hari ke 41 sampai anakku 3 bulan, pompa 10x 15 menit. (Psg alarm jam 2,5,7.30,9.30,11,14,17,19,21,23) 

- dr 3 bulan jalanin 3 jam sekali. Yaitu 8x 15 menit (psg alarm d jam 12,3,6,9,12,15,18,21) -

- 4 bulan : pompa 7x 15 menit per sesi (psg alarm di jam 2,6,9,12,15,18,22) 

- 5 bulan :  pompa 6x 15 menit per sesi (psg alarm di jam 2,6,10, 14, 18, 20) 

- 6 bulan :  pompa 5x 15 menit persesi (psg alarm d jam 4,10,14,18,20) 

- 7 bulan sampai sekarang ak pompa 4x 15 menit persesi (psg alarm d jam 4,10,16,22)

Kalau saya :
Pumping usia bayi 0-3 bulan  setelah bayi tersebut minum asi atau ketika bayi tidur.
Ketika masuk kerja :
Pumping 5 Kali = jam 3 pagi, 7 pagi, 9 pagi, 12 siang, 15 siang



Booster ASI



Inilah list dr booster apa saja yg ada :


fenugreek, brewers yeast, flaxseed,mamasoya, lactabar, cookiesASI, mamahoney, tilidon, motherslove, goat's rue, blessed thistle, rolled oats, minum 8liter air putih, molocco, asi booster tea, milmor, teh herbal, teh emab, yogi tea, mothers milk tea, daun katuk 6 iket, kacang ijo, sayur sop, teh kurma(o co, angco teh), bayem, daun singkong, daun ubi, ikan teri, kacang mede, kacang2an, makan seabrek2, telor, ikan, daging, ayam... semua ak coba. Susu sapi, susu menyusui, milo, susu kedelai.



Pengalaman :
"Peningkatan yg saya alami bukan dari booster melainkan dari rajin dan tekun pompa saja"
"ASI ini prinsipnya adalah demand dan supply"

Rutinitas Setelah Pumping
Tentang cuci corong sehabis pompa: 
▶️Di jalan
masukin k ziplock bag dan taruh d dalam cooler bag LAYAKNYA ASIP supaya asi yg menempel tdk basi. 
▶️Di tempat kerja/Di rumah  
Cuci corong/botol bekas pompaan dengan sabun dan sikat sampai bersih, kemudian di steril seperti biasa, dan setelah selesai di steril keringkan di Panasonic dish dryer atau yg populer disebut DSTERIL. 
Ingat yah buibuk, bahwa dsteril ini bukan alat steril sebenernya, alat mengeringkan saja. 


>kalau seumpama sehabis saya pompa, dan kurang dari 4 jam kemudian saya akan pompa lagi. Saya hanya taruh di dalam suhu ruangan saja. Misalnya jam 12 sy pump, jam 3 sy akan pump lagi. Maka corong dll hanya saya taruh di suhu ruangan, dan di jam 3 saya langsung pakai lagi. Langsung! Ini kalau hanya pompa pemakaian 2x yah berarti.

>jika sy akan pakai lebih dr 4 jam, sehabis saya pakai untuk pump, seluruhnya saya masukan ke ziplock bag dan saya masukan ke kulkas. Dan di pemakaian selanjutnya saya langsung pakai saja dan lakukan yg sama kembali. Kalau ada moms yg mau memakai cara yg saya lakukan ini, sebaiknya mencuci-mensteril-mengeringkan MAKSIMAL sehari sekali yah. Jangan lebih dari sehari. 



Karena d tempat kerja saya tersedia kulkas dll, maka saya taruh d kulkas tetapi kalau mom tidak ada, cukup taruh di cooler bag berisi icepack yg cukup dingin seperti suhu di kulkas. Pilih cooler bag yg cukup besar sehingga ini memungkinkan. 



Botol Kaca vs Kantong ASIP
▶️ botol kaca (saya pakai BKA): menurutku bnyk keunggulan botol kaca, 
pertama ukurannya yg pas bgt utk ditaruh d freezer, masing2 rack pas banget 32 botol dan bs rapih. 
Kedua tutup karet/silicone yg kedap segalanya. Menjaga ASIP kita tetap higienis dan nutrisi terjaga. 
Ketiga, Ukuran takaran yg jelas dan gk meleset dibandingin pakai kantong


Keempat, murah karna bisa dicuci dan pakai lg. Gak boros, aman lingkungan jadinya. 

Kelima, takarannya 100ml jd seandainya pas emergency musti diminumin anak dan hrs dihangatin di warmer atau dibawah keran, kan harus cepet2 diminum tuh. Lumayan cuman 100ml. Dibanding kantong yg sy pakai 180ml, kalo dilelehin semua gak akan habis diminum dan hrs dibuang sisanya.
.
▶️ Kantong ASIP:
Sy cuman pernah coba 3 merk. Natur (harga paling terjangkau, tp single seal doank, sy pakai waktu bawa ASIP pulang dr luar negri, karna harganya murah dan ga tau akan kepakai brp, sy beli banyakan aja ini)


Philips Avent (harga di atas natur, double seal, plastik lebih kaku, bentuknya kurang suka karna gendut ditengah, jadi gk bisa disusun rapih)



Dr. brown's (yg paling ak suka bgt, bentuknya kotak jadi gak gendut, bs gepeng, bisa disusun rapih, double seal juga, harga di atas Philips Avent)



Sy gk tll suka pakai kantong ASIP, 

pertama karena sye harus bekuin dulu dalam keadaan horizontal supaya bisa disimpan dgn rapih dan irit tempat, 
Kedua kapasitas sekali simpan banyak bgt (secara sy mau pergunakan spacenya semaksimal mungkin, sayang kalau diisi cuman dikit2). Ketiga, Mahal, karna sekali pakai buang.


Keempat, takarannya tdk akurat, jd harus diukur di botol dulu 180ml baru sy pindahin ke kantong.



Keunggulannya hanya ringan, jd cocok banget kalau utk menyimpan ASIP disaat kt pergi jauh. 

Secara daya tahan itu sama saja, karna daya tahan tdk dipengaruhi oleh wadah kita menyimpan ASIP. Contoh kt taruh air di dlm gelas dan air di dlm botol plastik ke dlm kulkas. Maka dua2nya akan sama dingin. Daya tahan itu dipengaruhi oleh tempratur

Menyimpan ASI

1) ASI digabungkan kalau suhu ASI tersebut sudah sama temperaturnya. Misalnya, perahan jam 12 dtaruh di suhu ruangan, maka perahan jam 2 dapat langsung dicampur.


Akan tetapi apabila perahan jam 12 sudah dimasukan k kulkas. Maka perahan jam 2 dimasukan dulu ke kulkas sampai sama2 dingin baru boleh digabung.



2) ASIP baiknya jangan terkena perubahan suhu yang mendadak. Misalnya kita mau taruh di freezer untuk di stock. Jangan langsung dr fresh melainkan dinginkan dulu di kulkas baru dibekukan ke freezer. Begitu juga sebaliknya jika mau melelehkan ASIP beku, baiknya dilelehkan dulu semalaman di kulkas baru dihangatkan untuk diminum. Karena perubahan suhu yg mendadak dapat merusak beberapa nutrisi 

3) jangan mengocok ASI, jika ada lemak yg menggumpal, swirl perlahan botol itu dgn gerakan memutar, sampai hind milk dan foremilk tercampur. Baru dituang ke botol saji utk dihangatkan.

Pemberian ASI ke Bayi
Untuk ibu bekerja.
Asi setelah diperah bertahan 3 jam di suhu ruangan. Kalau saya hasil perahan saya untuk konsumsi si dedek pagi hari. Setelah itu dedek konsumsi asi perah di kulkas. Untuk asip beku, malam hari saya turunkan ke chiller terlebih dahulu.


Management ASI saat Ke MALL

> ASIP yg mau dibawa (jangan yg beku yah nanti susah angetinnya prosesnya lama apalagi diluar rumah rempong deh). ASIP fresh atau ASIP dingin/kulkas, dipindahin ke wadah yg mau dibawa. 


> kita bawa ASIP di dalam coolerbag yah. Pas mau minum, keluarin, angetin pake air panas. Kalo ga ada thermos bgini pake mangkok/gelas trus isi air panas. Atau kalau mau gampang ya tinggal di susuin langsung.



selamat mengASIh 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar