Rabu, 30 Januari 2019

Drama Mamak Baru

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)


Nulis posting ini sambil flashback satu tahun yang lalu, huhuhu alhamdulillah saya bisa ngelewatinnya.. Kenapa judul postingnya di bilang drama? ya memang waktu itu banyak drama cuy 3 bulan pertama bareng Baby Zizy. 

Dramanya bahkan pakai episode loh, ngalahin film azab yang ada di Indosiar haha. Oiya drama di sini buka berarti gak bahagia ya, ya namanya hidup harus imbang ada bahagia, stres, sedih dan lainnya apalagi kalau merupakan pengalaman pertama pasti lah banyak kikuknya.

1. Imunisasi 
Ini pengalaman pertama imunisasi bikin mamak ga tega euy, dedek bayi pakai nagis kejer hahaha untuk ku ga ikut nangis di pojokan. Yang bertugas pegangin dedek ya tentu bapaknya. Gak tega beneran, tapi ya lebih ga tega kalau dedek ga imunisasi terus sakit huhuhu. 

2. Belajar menyusui pelekatan 
Nah ini nih dramaku yang paling berkesan, daku kira mah nyusuin cuma taruh mulut dedek n dedek sung nyusu ternyata ada yang namanya PELEKATAN.  Memang awalnya berdarah-darah, ya beneran berdarah karena lecet di mana-mana huuhuhu. Tapi semua akan indah pada waktunya, mamak dan dedek udah sama-sama jago ya kini menyusui jadi seindah bayangan buka sung slep hahha. Udah ga ada tu drama lecet, berdarah, nyeri dan kini di gantikan dengan drama gigit menggigit ketika si dedek mau numbuh gigi atau lagi mau becanda sama kita hahhaha welcome gank! mamak kudu strongggg

3. Akikah 
Ini drama yang bikin haru, akhirnyaa melalui akikah kita dapat berbagi ke sesama dan menunaikan kewajiban. senang euy! soalnya acaranya khitmat, merasa bersyukur punya dedek bayi karena kena siraman rohani alias ceramah dari ibu pengajian padahal mah semalemnya abis berjuang karena si dedek growth spurt alias doi nyusu mulu non stop hahaha. 

4. Selapan 
Salapanan ini ada orang jawa, kalau g salah di selenggarakan ketika masuk 40 hari usia dedek. Acara yang dilakukan berupa gundulin rambut dedek. Waktu itu dilaksanakan kalau gak salah tanggal 11 November. Yang ku suka waktu selapanan ada nasi tumpeng, uwihh busui ganas euy liat makanan hahha. 

5. Kuning 
Karena kelahiran dedek yang rada ekstrim sampai menimbulkan barutan di kening (untungnya hilang) jadi sebab bilubirinnya tinggi. Ketika imunisasi dokter bilang bahwa si dedek kuning huhuhu, untungnya gak disinar, di suruh balik lagi ke RS di hari ke 3. Dan itu ku nyusuin debay sampe jumpalitan huhuhu udahlah skin to skin, nempel terus pokoknya. Alhamdulillah di hari ke 3 di cek bilubirin turun dan dedek sudah gak kuning lagi. Alhamdulillah. oiya pas tiga hari di rumah itu dedek mengalami growth spurt loh nyusuuuu terus.  

6. BAB 
Nah ini nih yang bikin peer kalau jalan-jalan, si dedek BABnya sehari bisa 9 kali hahha, memasuki usia 4 minggu baru berkurang ja di 3-4 kali dan kalau sekarang alhamdulillahnya 1-3 kali. Ini mah emaang saya aja yang lebay, padahal mah bayi pup usia belum 6 bulan bersihinnya gampang tinggal pakai tisu basah kelar deh, dibanding setelah doi gede mana pupnya bau, lengket harus gotong-gotong ke WC umum hahaha.

7. Growth spurt 
Yuhuuu.. ini nih moment magic yang baru saya tau.. Pasti pada pernah lah ngalamin dedek bayi nyusuu terusss ga mau berhenti terus kaya ngos-ngosan abis olah raga terus, kejadian ini bisa pagi siang sore bahkan sering malam huhuhu. Nah tenang ini bukan karena air susu kita kurang, tapi memang ada moment-moment tertentu si dedek mengalami pekermbangan pesat tubuhnya jadi butuh supplay banyak asi. pernah ya saya ngukur sebelum dan setelah growth spurt itu cuma selisih 1 hari. Yang semula panjang 50 cm naik menjadi 53 cm dalam waktu satu malam, Berat badan pun naik sebanyak 360 gram, magic!

8. Wonderweek
Nah moment magic lain selain growth spurt adalah wonder week. Kalau growth spurt adanya momen pertambahan tinggi badan/lingkar kepala/ berat badan sedangkan wonderweek adalah berkembangnya kemampuan bayi. Yang semula bayi cuma bisa lihat hitam dan putih berubah menjadi berwarna, belajar duduk, merangkak, berguling, berjalan, mengenal konsep jauh dekat dan lainnya. Nah di masa ini si mamak kudu strong karena si dedek mulai muncul kebiasaan aneh kaya sering begadang karena penasaran pingin mencoba kemampuan baru tersebut. pernah loh Zizy semalaman belajar berguling, duduk, berdiri ga bobok-bobok hahaha. Atau kebiasaan lainnya si dedek jadi super sensitif dan jadi lebih rewel. Tapi ya memang beda anak, beda kondisi. Ada juga yang anaknya pas wonderweek sama seperti anak lainnya. Oiya ada loh aplikasi untuk meramalkan terjadinya wonderweek yaitu The wonderweek. di saya sih aplikasi ini cukup membantu untuk menjaga kewarasan mamak. Zizy mulai normal kalau mengalami wonderweek di usia 11 bulan, sebelum itu mah yaaa mamak begadang eh besoknya kudu kerja hahaha. Cincay la yaa udah biasa hahaha. Jadi plis lah ya ngertiin kondisi mamak pekerja ini, ya mohon maaf kalau di kantor kami sedik mengantuk, duh atuh semalam kami abis mendampingi anak mengalami moment magic. 

9. Mompa stok asi 
Taraaa, drama berikutnya adalah mompa asi. Dah lah ya ini mah kadang bikin miris kadang bikin hari-hari mamak happy. Biasanya dulu awal pumping di bulan kedua udah alhamdulilah banget saya bisa dapat 80 ml per hari pas lah ya se botol kaca Bka, alhamdulillahnya sekarang bisa 180 ml sekali pumping ya tetap pernah juga si terjun bebas sekali pumping 20 ml padahal gak nyusuin dedeknya. Jangan stres ya mak, sama lah kita, ku juga pernah d atas pernah di bawah dalam dunia perasian ini. 

10. Sendawa
yaelah mak, masalah sendawa aja bikin mamamk-mamak galau huhuhu. ini mah mungkin saya aja kali ya yang lebay. Soalnya si dedek kalau ga di sendawain bisa gumoh, eh kalo mau di sendawain entah mengapa kalau abis nyusu ya si dedek bobok. Ya kan ga tega lah mamak bangunin dedek bayi yang imut itu karena biasanya kalau bobk terus di sendawain, si dedek bakal bangun. (halah bilang aja si mamak mau main instagram takut si dedek bangun). 


Selain drama-drama di atas masih banyak kayaknya tapi apalah saya lupa atuh, ini aja sempet di tulis karena draftnya udah saya buat waktu usia dedek 4 bulan dan sampai saat ini usia 16 bulan baru di publish hahaa. Nah untuk meminimalisir drama tadi, alangkah baiknya adanya Persamaan persepsi urus bayi terutama dari suami, orang tua atau bahkan mertua bahasa kerennya biar jadi support system mamak gitu loh. Caranya? ya bisa di edukasi mulai jaman hamil atau kalau saya mah sung  ajak sekeluarga ke dokter anak dan dokter laktasi. Nah kalau dokter yang udah infoin mah insyallah udah bener dan bisa lurusin kalau ada mitos-mitos yang gak jelas. Selain itu dengan ajak ke dokter, ga ada kesan menggurui kan.

Semangat ya para mamak menghadapi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar