Selasa, 26 Maret 2019

Pengalaman Jastip BBW 2019

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)



Nah di tulisan kali ini saya mau share pengalaman waktu ke BBW 2019 dan buka jastip. Sebenarnya ini pengalaman pertama saya buka jastip BBW dan ada beberapa kesalahan yang saya lakukan huhuhu.. makanya mau saya share di sini biar kesalahan yang saya lakukan gak dilakukan teman-teman.
Saya berangkat ke sana siang hari jam 11.00 dan piulang jam 16.00 alhamdulillah kondisi di sana tidak begitu ramai. Oiya saya ke BBW Jakarta tepatnya di Indonesia Convence BSD. Ketika sampai di sana, jalannya jauh banget ke pintu masuknya tapi gak masalah sih karena di sepanjang jalan ada yang julalan mainan anak, tiket masuk safari, tiket masuk jakarta aquarium dan banyak lainnya. Saran saya sih jangan lupa cek-cek booth tersebut karena tahun 2019 ini banyak penawaran menari, btw saya juga beli loh tiket Jakarta aquariumnya. 

Untuk tiket masuk BBW? alhamdulillah gratis lohhh dan banyak bus gratis yang disediakan untuk menuju dan dari stasiun/terminal bus terdekat. Ketika masuk BBW tidak diperkenankan membawa minuman, tapi jangan takut karena di dalam banyak disediakan minuman dan makanan. 

Ada beberapa tips jika ke BBW apalagi bagi newbe yang baru pertama kali buka jastip (Jasa Titip) :

Cari troli yang bawahnya rata
Di BBW sewaktu baru pertama kali masuk setelah pemeriksaan tas, sebelah kanan ada tempat pengambilan troli, saran saya sih pilih troli yang bagian bawahnya rata untuk menaruh keranjang merah agar buku-buku yang di bawah tidak berhamburan. 
Buat yang buka jastip, bisa pakai strategi : buku yang baru di upload taruh di bagian bawah, jika sudah ada yang mau maka di pindah ke atas, dan kalau setelah 5 menit ga ada yang mau maka di kembalikan. Kenapa pakai strategi ini? huhuhu BBW itu luas sekaliii.. kalau upload-upload aja takut lupa euy tempatnya.

Siapkan strategi mencari buku bagus
Ada beberapa tempat buat nyari buku bagus di BBW 2019 :
1. Box coklat
Di BBW ada tuh box-box coklat di sudut ruangan, coba di cek deh, itu isinya buku-buku yang gak jadi orang beli. Nah di sana ku menemukan banyak buku bagus. 
2. Customer Service
Tempat bagus berikutnya adalah customer service. Biasanya di sana banyak di pajang buku bestseller. Sung bisa di ambil loh.. 
3. Depan pintu masuk
Nah di depan pintu masuk ini biasanya banyak buku-buku bagus yang baru di pajang. Waktu itu saya dapat buku soundbook bestseller di sini.
4. Di dekat kasir
Tempat terakhir adalah di dekat kasir. Nah biasanya banyak orang yang ga jadi beli taruh bukunya di situ, dan ada beberapa juga yang bagus. 

Waspada
Di sana euyy sering banget orang lirik-lirik troli kita. jangan sampai bukunya di ambil ya kaka sama security atau jastip lain. Kok di ambil security? iiya nih mulai tahun 2019, BBW ada peraturan baru yaitu bagi troli yang di tinggal dalam waktu 5 s.d 10 menit bakal di bawa sama security dan di taruh ke Box coklat. nah ini nih saya kena, mana di troli ada koper saya lagi, ikutan raib deh.. kesel bgt. Troli sih boleh di ambil, tapi plis lah ya kopernya tetep di tinggal aja!

Pakai Kartu ATM sponsor
Nah ini nih kunci utamanya, biasanya kalau pakai ATM yang menjadi Sponsor BBW banyak banget promonya. Untuk tahun 2018 sponsornya yaitu Bank Mandiri, sedangkan tahun 2019 bank BCA.

Strategi Jastiper
  • Nah kalau saya kemarin sih langsung ke tempat buku-buku mahal dulu kayak Ensiklopedia, dictionary, puzzle 3D karena rata-rata banyak peminatnya dan Bukunya mahal dan otomatis  jastipnya gede hahaha😂
  • Dateng pas presale, borong buku yang sekiranya banyak orang cari dan tinggal di jual deh di IG. Kalau tahun 2019 ini banyak banget yang nyari Ayo Sholat dan ternyata cuma ada di Hari  1, 2 dan terakhir. 
  • Waktu tepat buat Ke BBW adalah hari kerja dan pada jam kerja, untuk malam hari bisa digunakan untuk mencari WhisList (WL) 
  • Kalau kita gak dapat buku bestseller yang kita mau, kita bisa info ke CS buat tanyain kapan ready stock lagi.
  • Biasanya buku bestseller akan ada lagi ketika BBW hari terakhir. Nah bisa tuh dari subuh sampe penutupan kita di sana hahhaa. 
  • Ikutlah banyak-banyak grup jastip lain buat mantau buku mana yang lagi bestseller dan yang lagi ada di BBW hari itu.
sekian lah tips dari mamak jastip pemula hahaha, semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar