Selasa, 16 April 2019

Cybermom : Mamak Belajar SEO

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)


Pasti banyak yang belum terlalu paham mengenai SEO, yup saya pun juga begitu. Pada tulisan ini saya mau berbagi dari informasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber hahaa (sok iye banget). Akan dibahas mengenai Apa itu SEO? Tujuan SEO? Langkah-langkah bila ingin menerapkan SEO? dan Keterampilan serta alat apa saja yang dibutuhkan. Insyallah informasi yang saya share dapat berguna :)
Apa itu SEO?
Search Engine Optimization atau yang lebih dikenal dengan nama SEO adalah suatu strategi untuk menempatkan website atau blog pada halaman utama SERP (Search Engine Result Page). Jadi waktu  kita mencari suatu keyword di mesin pencari (kayak Yahoo, Bing dan Google) kalau tulisan kita sudah menerapkan SEO, bisa tuh ada di halaman pertama mesin pencarinya. 

Apa saja yang dibutuhkan ?
Keterampilan yang dibutuhkan jika ingin melakukan SEO adalah ketekunan, keterampilan, analisis dan strategi. Hal yang kita lakukan biasanya yaitu meneliti kata kunci atau keyword yang ditargetkan kemudian kita lakukan analisis. 

Mengapa SEO itu Penting ?
Tujuan utama dalam melakukan SEO yaitu untuk meningkatkan traffic visitor atau tingginya posisi website atau blog dengan keyword tertentu pada search engine karen semakin tinggi posisi posisi website/blog dengan keyword tertentu di search engine, maka semakin tinggi pula pengunjung yang berkunjung pada website atau blog tersebut. Hal tersebut sangat penting karena saat ini semakin banyak orang yang mencari barang, jasa, ataupun informasi melalui Google atau mesin pencari lainnya. Jadi sangat pentingkan untuk memastikan blog kita muncul di halaman 1. 

Bagaimana cara melakukan SEO?

DO's
1. Link Building
Link building adalah penamaan link di berbagai situs yang mengarahkan url ke URL blog/website kita sebagai keyword. 
Sumber link building didapat dari :
💥Blog Commenting , Meletakan link website saat kita berkomentar di blog orang lain.
💥Forum Activity, Meletakan link saat membuat thread, menjawab thread.
💥Social Bookmark, Melakukan aktivitas berbagi link pada social bookmark
💥Guest Blogging, Mengirimkan artikel yang di dalamnya terdapat link ke website kita untuk dipublish di website orang lain.
💥Directory Submit, melakukan listing website kita pada directory online.
2. Bikin konten website yang relevan
3. Bikin struktur website yang mudah di crawl Google

DONT's
1. Membuat konten jiplakan di website
2. Terlibat di dalam skema link farm
3. Banyak keyword dalam website
4. Black hat SEO

Bagaimana Langkah melakukan SEO?
Sebelum melakukan SEO hal utama yang harus dilakukan adalah memahami cara kerja mesin pencari seperti google, yahoo dll. Dengan kita tau cara kerjanya, kita dapat menyusun strategi agar website kita ada di halaman pertama mesin pencari.

Mengetahui cara kerja search engine/mesin pencari
Tugas utama search engine adalah menampilkan hasil pencarian yang paling relevan dengan keyword yang dicari oleh user. Yang perlu dipikirkan oleh kita adalah bagaimana artikel yang kita tulis dianggap relevan oleh mesin pencari.
1. Mesin pencari pertama-tama akan mengumpulkan (crawling) seluruh website yang disebut spider. Setelah itu akan disusun dan dikategorikan berdasarkan kontenya (indexing). Kemudian google menggunakan algoritma tertentu untuk menentukan website yang paling relevan berdasarkan :
👌 Link, Berapa banyak link yang mengarah ke website/blog kita? dan seberapa relevan link tersebut?
👌 Konten, Apakah konten yang kita punya relevan dengan yang dicari? Apakah kontennya merupakan konten jiplakan atau tidak?
👌 Struktur web, Apakah struktur website kita mudah di crawl oleh Google? Apakah banyak link mati di website kita?

Maka hal yang harus dilakukan kita adalah memenuhi parameter di atas. Bisa kan makkk hehehe. 

Memilih Keyword Potensial
Melakukan SEO tanpa tahu apa keyword yang akan dibidik itu sama saja dengan berjalan tanpa tujuan. 

Apa sih keyword itu ?
Keyword adalah kata atau kalimat yang biasanya kita ketikan di mesin pencari seperti Google.

Cara mendapat keyword yang cocok?
1. Google Suggestion
Cara paling mudah dalam menentuka keyword adalah melalui fitur Google Suggestion. Posisi Google suggestion ada pada bagian bawah. Dengan mendapat keyword atas saran google kita dapat memasukannya di tulisan kita.


2. Google keyword Planner
Cara lainnya adalah menggunakan tools dari google. Caranya adalah :
🙋buka adwords.google.com lalu login menggunakan akun google kita.
🙋 Setelah login di Google Adwors, klik Tools, kemudian klik Keyword Planner
🙋 Pada opsi what would you like to do, klik search for new keyword and ad group ideas
🙋 lalu masukan keyword yang ingin kita targetkan seperti : tas branded pada kolom your product or service, dan setting Indonesia sebagai target lokasi dan bahasa, kemudia klik Get Ideas.
🙋  Rekomendasi keyword akan muncul dengan format group ideas, klik keyword ideas untuk memunculkan semua rekomendasi. Akan muncul berbagai rekomendasi keyword beserta rata-rata jumlah pencarian yang dilakukan setiap bulan.  Semakin tinggi pencarian, maka akan semakin sulit proses SEOnya. 

Selain yang disebutkan di atas, berikut merupakan hal-hal lain yangberkaitan dengan SEO

Source : SearchEngineLand

Bagaimana mengecek apakah SEO kita berhasil atau tidak ?

Melalui Ranking
Di dunia Internet terdapat dua sistem ranking terbesar yakni Google Pagerank dan Alexa.

Google Pagerank
💣Peringkat pada google pagerank dimulai dari 0 sampai 10, dengan 0 adalah peringkat terendah.
💣Lebih sulit untuk meningkatan google rank dibanding alexa, karena harus mencari backlink berkualitas.

Alexa Rank
💣Alexa Rank memiliki peringkat dari puluhan juta sampai 1, dengan 1 adalah rank tertinggi.
💣 Lebih gampang menaikan ranking karena hanya berdasarkan banyaknya kunjungan.

Sebenarnya ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa pagerank adalah hadiah dari google, karena kita tidak bisa memaksa website mendapat pagerank tertentu dalam periode tertentu. Sementara SEO adalah optimasi suatu website terhadap beberapa keyword agar saat keyword tersebut di ketik di google, website tersebut akan muncul di halaman pertama mesin pencari. Jadi apakah website yang telah di SEO kan akan mendapat pagerank yang lebih tinggi? jawabannya belum tentu, karena tujuan SEO hanya untuk menempatkan website pada halaman pertama Google, bukan untuk menaikan page rank. Namun jika telah dilakukan SEO Pagerank juga naik, maka itu adalah bonus ya mak!

Sehinga bisa disimpulkan bahwa Pagerank merupakan salah stau cara untuk mengecek SEO berhasil atau tidak, namun bukan merupakan alat ukur utama menentukan keberhasilan.

Melalui DA dan PA
DA dan PA adalah salah satu acuan dari Google. Tapi ada yang tau kah DA dan PA?

DA atau yang sering disebut Domain Authority dan PA yaitu Page Authority. Google sangat menyenangi website atau blog dengan DA dan PA yang tinggi, dan situs dengan DA dan PA yang tinggi kemungkinan besar akan tampil pada halaman pertama mesin pencari.

Apa itu Domain Authority (DA) ?
DA adalah acuan untuk melihat kekuatan nama domain. Jika kita menggunakan blog maka DA-nya adalah wordpress.com atau blogspot.com. Jika blok kita adalah blogspot seperti milik saya yakni kalderaproject.blogspot.com, maka DA-nya akan sangat tinggi yakni 93 karena mengacu kepada blogspot bukan milik pribadi saya dari kalderaproject. nilai DA ada di range 1 sampai dengan 100, dengan nilai paling tinggi adalah 100.

Jika kita mencoba berubah ke Top Level Domain semisal kalderaproject.com, maka nilai DA saya akan berkurang. 

Bagaimanan meningkatkan DA?
Ada 3 indikator untuk menyimpulkan nilai DA yaitu :
💪 usia domain
Dengan adanya indikator ini, maka kita harus memiliki domain yang jauh lebih lama, namun jika kita menggunakan blogspot atau wordpress maka DA-nya tidak bisa naik lagi.
💪 popularitas domain
Salah satu tolak ukur yang banyak digunakan yakni banyaknya link yang masuk ke website atau blog kita dengan catatan backlink tersebut berkualitas. Jadi untuk meningkatkan DA, kita dapat mencari backlink berkualitas sebanyak-banyakny. Sama kan ya dengan langkah menerapkan SEO.
💪  jumlah posting
Hal ini sama seperti popularitas domain, semakin banyak posting yang kita buat dan bermanfaat bagi orang lain, maka semakin banyak backlink yang diciptakan.

Apa itu Page Authority (PA)?
PA merupakan istilah SEO yang memiliki peran penting dibanding DA, PA merupakan gambaran untuk ranking sebuah website atau blog yang dilihat dari halamannya. Skala nilai PA yakni 1 sampai dengan 100 dengan nilai tertinggi adalah 100. Sebuah website dengan PA tinggi memiliki peluang besar muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google. 

Bagaimana meningkatkan PA?
💪 Situs berkonten asli
💪 Memiliki backlink berkualitas
💪 Memiliki Gambar dan Video

Bagaimana cara mengecek DA dan PA?
Untuk mengecek Domain Authority dan Page Authority bisa dilakukan secara online melalui situs : http://moz.com/researchtools/ose/
http://www.bulkdachecker.com/
http://moonsy.com/domain_authority/
http://moonsy.com/page_authority/
http://smallseotools.com/domain-authority-checker/
http://smallseotools.com/page-authority-checker/
http://99webtools.com/page-authority-domain-authority-checker.php

Demikian lah ya mak hasil riset kecil-kecilan saya mengenai SEO, mungkin jika ada update ilmu akan saya buat Part 2, 3 bahkan 4 atau lebih hehe. Oiya,  jika ada yang ingin di share atau ditanggapi mengenai SEO saya sangat senang sekali :)

Sumber :
http://www.klikseo.com
https://www.blogooblok.com

2 komentar: