Minggu, 21 April 2019

#CyberMom : Menjadi Kartini Zaman Now

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)


Selamat hari kartini buat para mamak zaman Now!
Memperingati hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, saya yang notabennya sangat amat berterimakasih kepada jasa Ibu Kartini karena telah memperjuangkan hak kita dan mengangkat derajat perempuan sehingga para mamak milenial saat ini bisa lebih berdaya dan berkarya. Namun perjuangannya yang begitu besar harus terhenti di usia muda karena ia meninggal setelah melahirkan anak pertamanya. 

Jadi siapa yang harus melanjutkan perjuangan beliau?

Tentu kita, Mamak millenials yang bisa menjadi Kartini Zaman Now!

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjadi kartini zaman now yaitu :

1. Jadilah Profesional sesuai perannya
Banyak peran yang kita semua jalani. Contohnya saya menjalani 9 peran yakni : Hamba Allah, Anak, Kakak, Istri, Ibu, PNS, Admin Online Shop, mahasiswa dan Blogger. Dari banyaknya peran tersebut pastinya kita dituntut banyak kewajiban. Karena saya telah memilih peran tersebut, pastinya saya harus bersikap profesional terhadap peran-peran tersebut. Namun tetap kita harus menentukan prioritas. Jika dirasa berat dengan peran yang kita jalani dan tidak dapat bersikap profesional, sebaiknya kita bisa komunikasikan dengan support system kita.

2. Tunjukanlah inner beauty, jangan hanya mengandalkan kecantikan fisik
Nah ini nih, masa kalah sama Ibu Kartini hehehe.. Kecantikan fisik itu relatif yang penting menurut saya berih rapi dan wangi. Namun inner beauty menurut saya wajib hukumnya. Inner beauty dapat dilihat dari tingkah laku kita dan kecerdasan kita. 
Yuk ah semangat para mamak masa kini buat upgrade kemampuan kita!
Gak mau kan cuma gini-gini aja :)

3. Melek teknologi
Mamak zaman now harus melek teknologi karena di era millenial semakin dimudahkan dengan kecanggihan teknologi. Teknologi dapat dimaknai oleh para wanita saat ini sebagai pintu untuk peluang usaha dan upgrade kemampuan. Yang perlu mamak ingat bahwa, plis lah bijak menggunakan teknologi dan saringlah informasi yang kita dapat, Jangan sampai kita kebanjiran informasi yang malah membuat kita kebingungan.  


4. Saling support antar wanita
Alhamdulillah saat ini menurut saya iklim #Momwar sudah berkurang. Huhuhu dulu mah sedih banget saya perkara ASI vs Sufor, MPASI homade vs Instan, Ibu bekerja vs Ibu rumah tangga aja bisa jadi berantem dan saling menjatuhkan antara ibu-ibu. Nah terlihat perubahannya saat mulai ada grup-grup Instagram ataupun Whatsapp yang terbentuk karena tahun lahir anaknya yang sama. Semanjak saat itu mulai deh banyak hashtag #momsupprotmom :)
Sudah lah saat ini sebaiknya saling support antar ibu, kalau dimintai pendapat baru kita berikan kalau gak mah diem ajalah yaaaa. Plis deh itu jari dan mulut jangan gatel hehehe

5. Bermanfaat bagi sekitar
Nah yang terpenting kartini zaman now harus bermanfaat bagi sekitar khusunya bagi keluarga.

Diharap para kartini zaman now tidak hanya diam menunggu perubahan, Namun menciptakan perubahan dalam hal-hal yang positif.


Semangat Mak !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar