Jumat, 09 November 2018

A-to-Z : Hotel, Kuliner, Objek Wisata yang Wajib Dikunjungi di ACEH

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)


Bagi Karyawan, dinas keluar kota merupakan sesuatu pekerjaan yang bisa jadi menjadi rutinitas. Selama mengunjungi ke daerah tujuan, selain bekerja tentu kita juga memiliki list objek wisata dan kuliner yang wajib dikunjungi serta memiliki hotel Favorit (yang sesuai anggaran tentunya). 
Kali ini saya mau Review Provinisi paling saya sukai setelah Yogyakarta yaitu : DI Aceh . Ketika di Aceh saya berkesempatan berkunjung ke Banda Aceh yang merupakan Ibu kota provinsi. Alhamdulillah sekali karena Aceh merupakan salah satu list daerah yang ingin saya kunjungi. Selama 4 Hari di Aceh saya memiliki beberapa hari kosong karena seluruh kegiatan di sana kami padatkan hingga malam, sehingga saya berkesempatan pula untuk menyebrang ke Pulau Weh.

Hotel
Hotel Favorit saya di Banda Aceh adalah Hotel Medan karena berdekatan dengan pusat kuliner dan oleh-oleh yaitu Rex Peunayong. Selain itu, hotel ini pun paling bersih dan berlokasi strategis serta sesuai SBU di antara hotel-hotel di Banda Aceh yang pernah saya singgahi.

Kuliner
Kuliner di Aceh sangatlah enak menurut saya karena memiliki citarasa yang sangat kaya (berani akan bumbu). 

Ayam Pramugari
Tempat makan ini terletak di dekat bandara. Makanan favorit di tempat ini tentunya ayam. Ayam yang disajikan menurut saya enak sekali. Ukurannya pun sangat besar.

Mie Razali
Mie ini menurut saya enak, terutama mie kepitingnya. Oiya hati-hati kalau minta antar bentor di sana karena saya pernah ke sana eh dianternya malah ke mie aceh lain (kecewa berat)

Sate Matang 
Sate ini memiliki ciri khas sendiri dibandingkan dengan sate madura. Sate ini setau saya dijual di Rex Peunayong. Enak sekali.

Warung Makan Hasan
Wahaha ini tempat makan enak. Makanan khasnya adalah ayam tangkap dan gulai kambingnya. Warung ini memiliki makanan andalan gulai kambing dan ayam tangkap. 

Objek Wisata Banda Aceh

Pantai Kapuk
Pantai favorit saya karena pantainya instagramable banget...

Masjid Baitulrahman
Mesjid yang menyerupai masjid di Arab karena memiliki payung yang bisa terbuka dan tertutup. Setau saya di Indonesia ada dua, selain di aceh ada juga di Jawa Tengah.

Museum Tsunami Aceh
Huhuhu sedih kalau ke sini. Entah kenapa pingin nangis aja rasanya. Konsep dan arsitekturnya kece banget.

Pantai Ulee Lheue
Kalau mau ke sini sih saran sore hari karena banyak orang yang mancing.
Lokasi 3 km dari pusat kota Banda Aceh, tepatnya di Kecamatan Meuraxa.

Museum Rumah Cut Nyak Dhien 
Lokasi: Lampisang, Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Aceh

Masjid Baiturrahim Ulee Lheue 
Lokasi: Gp., Ulee Lheue, Meuraxa, Ulee Lheue, Banda Aceh, Kota Banda Aceh, Aceh

Kapal Tsunami 
Lokasi: Jalan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh

Objek Wisata Pulau Weh
Diving di pulau rubiah
Kalau mau diving di sini langkah pertama yaitu menuju pantai Iboh dahulu.Diving di sini lumayan seru karena trumbukarang bagus-bagus dan saya menemukan nemo berwarna pink.. Selain itu adapula mobil, ayunan, meja makan dan motor yang ditenggelamkan.

Tugu Nol Kilometer 
Lokasi: Iboih, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh

Spot Bukit Klah 
Lokasi: Desa Krueng Raya, Sukakarya, Kota Sabang Aceh

Sabang Hill 
Lokasi: Desa Kuta Barat, Sukakarya, Kota Sabang, Aceh

Tips
Kalau mau diving di pulau rubiah sebaiknya menginap saja, biar puas divingnya.



Oleh-Oleh
Kemarin sih cuma beli oleh-oleh kain batik dan kopi.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar