Kamis, 01 November 2018

#MrsTalk : Destinasi (Ramah) Anak di Jakarta

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum) 

Hola !
Pada sesi #MrsTalk ini, saya dan Rani mau ngebahas tentang Destinasi Ramah anak di Jakarta. Rani mau membahas Mal-Mal ramah anak. Sedangkan saya beru ngeh kalau belum pernah ngajak anak ke Mall astagahhh..
Gak pernah jalan-jalan?
Wohooo.. jalan-jalan mah hampir tiap minggu. Tapi ya bukan ke Mall, padahal setelah di pikir-pikir di Mall sangat ramah anak karena : bisa pakai stroller, di beberapa tempat ada ruang menyusuinya dan yang terpenting ACnya dingin.

Terus ngajak anak kemana?
Nah, seringnya sih ngajak anak ke Tanah abang, Pasar Asemka sama CFDan di Cijantung. Sesekali ngajak anak ke supermarket kaya Naga, Superindo, Ace Hardware dan Ikea tapi paling lama ya cuma 2 jam. Kalau Ikea pasti ramah anak, jadi ga usah saya bahas lah ya hehe. 

Di posting kali ini pingin bahas tentang Tanah Abang, Pasar Asemka dan CFDan Cijantung. Pasti pada bingung bagaimana ketiga tempat itu bisa saya katakan ramah anak. Menurut saya, mau dimanapun tempatnya, sebenarnya kita sendiri sih yang harus menciptakan tempat itu menjadi ramah anak sehingga anak kita menjadi nyaman. Oiya selama jalan-jalan ke tempat-temat di atas saya jarang sekali menggunakan mobil pribadi. Lebih sering menggunakan kereta, angkot ataupun motor. 

1. Tanah Abang dan Thamrin City
Biasanya saya ke Tanah Abang ke Blok A dan F-nya jadi alhamdulillah masih ber-AC dan insyallah gak bakal kepanasan dan kehujanan. Kesana biasanya masih pagi sekitar jam 7.30 WIB setelah dedek mandi dan sarapan (harus di pastikan doi kenyang, biar ga cranky selama di perjalanan).   Ke Tanah abang saya pakai KRL turun di stasiun karet di lanjutkan naik angkot ke Tanah abang blok A. Saya jarang turun di Stasiun Tanah Abang karena penuh banget cuyy dan jalan ke blok A nya jauh. Pokoknya selama perjalanan pakai KRL dan Angkot harus sedia cemilan dan minum deh dan tetap kalau bisa gak deket-deket sama orang yang merokok. Sampai Tanah abang langsung keliling-keliling dan jangan sampai lupa jam makan anak baik makan snack ataupun makan berat (dari pada doi heboh karena kelaperan). Biasanya saya keliling tanah abang sampai jam 11 (udah lama banget  tuhh). Terus langsung ke Resto Tanah abang atau Lanjut ke Thamrin City, tapi tetep ke tempat makannya dulu buat isi tenaga. Kalau di thamrin biasanya saya ke bebek bodo (enak banget) sambil nyuapin anak. Lanjut sholat terus nyusuin anak. 
Intinya jalan sama bocah si : Jangan sampai ada yang laper baik kita ataupun si anak. 

Sering banget lagi nawar baju tetiba si dedek minta nyusu. Yaudah lah ku cari mushola atau izin sama pemilik toko buat nyusuin. Malah terkadang dalam posisi menggendong saya bisa menyusu (tetap ditutupi kerudung jadi aurat ga kemana-mana). Alhamdulillahnya saya kalau pergi pakai baju menyusui yang langsung buka samping ataupun kerudung panjang. 

2. Pasar Asemka
Biasanya ke sini buat beli parfum atau beli mainan. Tetep naik kereta turun di Stasiun kota terus jalan kaki. Nah beda dengan tanah abang yang berAC. Di Asemka ini layaknya pasar pada umumnya. Panas, sumpek dan rame. Biasanya ke sini pagi juga karena jalan ke Asemka dari stasiun lumayan jauh , kasian euy di dedek kepanasan hahaha. Sampai stasiun langsung ke ruang menyusui. Sekedar info di stasiun Kota dan trowongan di Kota ada tempat menyusui loh (ya walaupun tempatnya gak sekece di Mall). Setelah dirasa si dedek kenyang langsung dek nyebrang via trowongan ke Asemka. Jangan lupa kalau ke sini bawa kipas (Mau manual atau elektronik sama aja yang penting gak kepanasan). Maksimal selesai belanja harus sebelum jam 11 karena di sana beneran panas hehe.
Oiya biasanya saya kalau ke pasar asemka mampir makan ke Gedung merah, d sana ada abang gerobak jualan mi goreng atau kwetiau goreng enak deh. Sebelum pulangpun jangan lupa istirahat dulu di mushola pasar asemka, biar anak gak capek di gendong terus dan kitanya juga hahaha, mayankan gendong anak 10kg. Pulangnya menuju stasiun kotanya naik bajaj karena bawa barang belanjaan plus gendong anak lumayan pegel ya. Terkadang naik bajaj pun macet, terus di dalam bajaj panas eh si dedek teriak-teriak hahaha untung ga ada tatapan sinis emak-emak lain karena di bajaj cuma ada kita dan abang bajaj.

3. CFD di Cijantung
Kesini biasanya minggu pagi naik motor karena jaraknya lumayan dekat (duh plis jangan judge aku). Terkadang CFDan si dedek di gendong ataupun naik stroller sambil di suapin. Kalau di CFD ini mah aman, nyaman, tentram karena kondisi masi pagi. Oiya untuk menyusui sendiri insyallah tetap bisa karena kita bisa melipir ke balik tembok hehehe ataupun nyusuin sambil di gendong. Nah Peernya disini kalau anak pup, saya bingung euy mau bersihin di mana, karena saya belum pernah liat toilet umum dan si dedek pun alhamdulillah belum pernah pup selama di sana.

Pasti pada mikir anak saya tipe yang anteng aja jadi bisa di ajak jalan-jalan ke tempat yang bisa dikatakan gak ramah anak dan naik kendaraan umum. 

Tentu tidak hahaha. Doi tipe yang kalau laper atau kepanasan atau gak nyaman ngamuknya parah hahaha.

Alhamdulillah orang-orang yang naik kereta baik banget, jadi saya sering di kasih tempat duduk. Kondisi di kereta saat ini pun sangat nyaman karen aberAC. Good Job PT KAI!
Namunn.. anak saya kalau di kereta gak betah di gendong, jadi doi berdiri-berdiri atau bercanda sama penumpang lain. Tapi kalau udah masuk jam tidur atau laper. Duh bisa teriak-teriak dan pasti ada bisik-bisik diantara para penumpang.
Tips :
❤ Kalau doi ngantuk biasanya langsung saya gendong dan saya tutup matanya agar ga interaksi sama orang dan saya jalan dari satu gerbong ke gerbong lain (jika gerbong tidak terlalu penuh). Kalau gerbong penuh dan anak makin heboh ya pakai cara terakhir yaitu turun di stasiun selanjutnya. pernah kok saya ngalamin ini. Nidurin anak di stasiun dan ketika sudah bobok, yuk mari naik kereta lagi.

  Kalau doi ngamuk karena laper sung kasi makan, biasanya saya kasi roti tawar dulu buat ganjel perut. Kalau sudah sampai stasiun yang saya tuju baru di suampi makanannya.

❤ Kalau doi ngamuk karen pingin nyusu. Nah ini yang rada Peer. Walaupun saya bisa nyusuin sambil gendong tetep kan ada usaha buat nempelin PD ke mulut dedeknya. Kalau doi lagi ga crangky si aman, tinggal tutupin kerudung. Tapi kalo doi lagi crangky saya lebih memilih turun d stasiun dan menyusui di stasiun itu (kalau ada mushola mending ke musholanya bisa sambil istirahat).

❤ Kalau doi ngamuk karena ngantuk, laper, pengen nyusu. Wahahaha saya pernah ni ngalamin. Mantep! Teriak membahana. Terus saya pingin turun di stasiun berikutnya tapi ko ya stasiun manggarai yang ngantri masuk stasiunnya lama banget. Ada kali 20 menitan si dedek jerit-jerit hahaha berbagai cara sudah dilakukan. Pintu stasiun di buka, saya pingin turun tapi ko di Manggarai penuh banget. Akhirnya turun di stasiun setelah manggarai. Saya langsung turun di stasiun berikutnya dan ke mushola. Malu banget itu sampe diomongin n diliatin sinis orang-orang hahaha
Sampai stasiun udah keringetan hahaha.. Langsung saya suapin tapi doi udah keburu crangky parah. Yaudah ku gendong-gendong akhirnya bobok. tapi selang sebentar bangun lagi karena kelaperan tapi alhamdulillah moodnya udah lebih baik. Langsung saya ganti bajunya, suapin, nyusuin dan lanjut ke Tanah Abang. 

Nanganin anak crangky di tempat umum lebih capek euy dibanding di rumah. Jadi kita juga kudu waras, kalau gak mah bisa-bisa anak crangky terus ibunya marah-marah. Duh jangan sampai deh marahin anak di tempat umum!

Peralatan tempur saya kalau jalan-jalan bareng dedek yaitu :
❤ Tas backpack untuk bawa peralatan doi
Kalau yang saya punya bukan tas khusus diaper bag karen males euy beli-beli lagi. Pakai tas backpack merk export yang puny abanyak tempat penyimpanan. Btw itu tas saya waktu SMA hahha. Lebih suka backpack karena lebih enak bawanya dari pada sling bag. Isi tas :
1. Satu paket toiletries yang isinya : tisu basah, tisu kering, minyak telon, hand sanitizer, baby oil, sabun.
2. Kantong plastik
3. Alas 2 lembar : bisa buat handuk ataupun alas duduk kalau di tempat kotor.
4. dan yang wajib makanan dan minum 9berhubung anak saya laperan) hehehe
5. kadang bawa perlak tipis buat alas ganti kalau lagi pup.
6. Baju dan celana ganti (dua stel)
7. Pospak 4-5 buah

❤ Saya pasti menggunakan baju menyusui dan kerudung yang menutupi dada, biar bisa menyusui dimana pun dan kapanpun haahha maklumlah ku jarang ketempat yang ada ruang laktasinya. Pokoknya outfit yang nyaman.

❤ Gendongan Carier. Kalau yang saya punya merk i-angel. Sebenarnya merek apapun bisa. Lumayan euy ga bikin pegel dan bisa digunain juga buat nyusuin. Awalnya si saya gak tau klo gendongan model gini bisa di pakai menyusui. Terus waktu itu lagi jalan tapi ga ada tempat yang bisa di pakai buat nyusuin. Akhirnya ke pojokan toko dan nyoba-nyobak buat nyusuin sambil gendong dan ternyata BISA euy. practice makes perfect !
Karena saya kalau pergi jarang ke mall, jadi stroller jarang kepakai euy, lebih ringkes kayaknya kalau cuma bawa gendongan hahaha.


Itu apa gak kasian anaknya diajak jalan ke sana?
Hahaha tentu tidak apa lahh.. Insyallah. Toh banyak orang di luar sana juga seperti itu. Menurut saya sih itu tantangan buat saya. Kalau bisa melewatinya jadi lebih PD euy menjadi ibu :)

Oiya saya selama pergi ketempat-tempat tersebut pasti bertiga, belum pernah kayaknya kalau ke sana cuma berdua, jadi tetep ada bala bantuan hehe.


Yuk ah bawa anak-anak menjelajah baik ke tempat yang ramah anak maupun tidak, karena sebenarnya kita sendiri yang harus membuat anak nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar