Senin, 19 November 2018

A-to-Z : Wisata Kuliner di Ragunan - Pasar Minggu

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)


Berhubung dari lahir sampai dengan kerja saya berkutat di daerah Pasar Minggu, ya pastilah sudah hampir khatam makanan yang ada. Apalagi di rumah jarang masak hahaha. Pastilah kini go food pun jadi andalan. Tempat makan yang saya share kebanyakan di daerah Pasar Minggu dan Ragunan dann sebagian besar bisa di pesan dengan aplikasi go food. Oiya untuk tempat makanan yang saya share ini mungkin beberapa tempat kurang instagramable dan nyaman, tapi dijamin insyallah rasanya enak :)
1. Mie Aceh
Di daerah pasar minggu, menurut saya ada banyak mie aceh yang enak. Tapi yang sering saya beli ada 3 tempat yaitu Jambo Kupi, Mie Aceh TM dan Mie Aceh Sahara. Untuk Mie aceh sendiri favorit saya di sahara karena lebih enak. Namun untuk teh tarik dan makanan lainnya saya lebih suka di Jambo Kupi. Kalau di Mie Aceh TM favorit saya adalah ayam tangkap.. Jam buka Jambo Kupi setau saya hampir 24 jam, sedangkan Mie Aceh Sahara baru buka sore dan Mie Aceh TM buka jam 11 siang.

Lokasi Jambo Kupi :
Komplek Batan, Jl. Raya Rw. Bambu No.A4, RT.7/RW.7, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12520
Patokan : Seberang Poltangan Raya, Lokasi di Jalan arah pasar minggu (kalau dari depok)

Lokasi Mie Aceh Sahara : 
Jalan Pol Tangan #9A Tanjung Barat, Jagakarsa, RT.1/RW.5, Tj. Bar., Jakarta Selatan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510
Patokan : Masuk ke JL. Poltangan dekat toko matrial dan apotek roxy

Lokasi Mie Aceh TM :
Pusat Jajanan Kampung Kandang, Jl. Cilandak KKO No. 7, RT.01/ RW.07, Cilandak Timur, RT.1/RW.7, Cilandak Timur, RT.1/RW.7, Cilandak Tim., Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12560
Patokan : Deretan Kolam Renang Marinir Cilandak dan bekas pom bensin

2. Kupat Tahu
Favorit saya selanjutnya adalah Kupat Tahu. Memang banyak sebenarnya variasi makanan ini. Ada yang pakai bumbu kacang ada juga yang pakai kuah bening coklat berbumbu kecap+cabe+bawang. Untuk kedua variasi tersebut saya suka hahha. Favorit saya biasa makan di Tahu Campur Cak Rokim dekat SMA 28 untuk yang bumbu kacang. Biasanya saya pesan tahu tek telur enak banget. Oiya di Tahu Campur Cak Rokim ini juga ada yang versi beningnya juga. Buka jam 17.00. 
Kalau Kupat Tahu bumbu bening saya makan di Tahu Magelang AA di dekat Antam (Banyak cabangnya untuk rumah makan ini ). Makan di sini biasanya plus telur dadar dan mendoan.

Lokasi Kupat Tahu Magelangan Antam :
Jl. TB Simatupang No.5, RT.11/RW.4, Tj. Bar., Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, D, RT.11/RW.4, Tanjung Barat, Jagakarsa, RT.11/RW.4, Tj. Bar., Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530
Patokan : Sebrang ANTAM

Lokasi Tahu Campur Cak Rokim :
Blok B No., Jl. Raya Ragunan Blok B No.5, RT.5/RW.7, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540
Patokan : sederetan SMA 28 Jakarta.

3. Pecak/ Pecel Ayam/Ikan
Penggemar pecak mana suaranya ?
Yang orang betawi pasti familiar dengan rumah makan yang akan saya sebutkan. hehehe
Ada 2 tempat favorit yang saya rekomendasikan yaitu Warung Betawi H. Apen dan H. Muhayar.. Tapi saya sering beli di Haji Apen sih karena lebih seger dan murah :)
Biasanya beli pecak ikan di kedua ytempat tersebut. Oiya ada satu warung lagi yang saya rekomendasikan yaitu Pecak ikan mas melati, tapi sebenarnya pecak ikan di sini kurang begitu nendang. Favorit saya di warung tersebut yaitu Pecel ikan karena ikannya garing dan sambelnya enak beneeerrrrr..

Lokasi Warung betawi H. Apen :
Jalan Saco No. 12, Pasar Minggu, RT.1/RW.4, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550
(tidak jauh dari kebun binatang ragunan)

Lokasi Warung betawi H. Muhayar :
Jl. Taman Margasatwa Raya No.8, RT.9/RW.5, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540

Lokasi Warung Pecak ikan mas melati :
Jl. Melati No.11, RT.6/RW.7, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550
(tidak jauh dari kebun binatang ragunan)

4. Pempek Pak Jenggot
Pempek enak menurut saya adalah pempek Pak Jenggot. Selain pempeknya yang enak, es kacang merahnya paling juara. Biasanya pesan ini pakai Go-food. 

Lokasi : 
Jl. Raya Ragunan No.17, RT.1/RW.1, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12520
Patokan : Jalan ke arah terminal pasar minggu. (Parkiran hanya untuk speda motor)

5. Bakmi Jogja
Paling suka bakmi/nasi goreng jogja karena dimasak pakai areng dan ayam yang digunakan adalah ayam kampung. Mantap. Untuk warung yang menjual ini ada 2 favorit saya yaitu : Warung Bakmi Mbah Surip yang buka dari siang hari dengan menu favorit saya yaitu mie rebus campur dan yang paling enak bakmi goreng campur. Sedangkan untuk warung kedua yaitu Bakmi Djogdja Mas Komari yang buka hanya malam hari dan astagahh antrinya sangat aman panjang. Untuk rasa hampur sama dengan mbah surip.

Lokasi Bakmi mbah surip :
Jl. Tj. Bar. Lama, RT.3/RW.4, Tj. Bar., Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530
Patokan : dekat Indomart jalan ke arah depok dari pasar minggu

Lokasi Bakmi Djogdja Mas Komari : 
Jalan Ragunan Raya, RT.13 / RW.03, Pasar Minggu, RT.13/RW.3, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12520
Patokan : Dekat Holland bakery. 

6. Ketupat Sayur Padang
Saya merupakan pecinta lontong sayur padang sejati. Dulu sewaktu dinas di Pekan Baru hampir tiap hari beli lontong sayur, terus balik ke Jakarta susah euy nyari lontong sayur yang sama karena kebanyakan lontong sayurnya adalah lontong sayur jawa yang santennya gak begitu kental. Alhamdulillah akhirnya ketemu juga sama lontong sayur ini.. Enaknyaaa..



Lokasi :
JL. RM. Harsono, RT.2/RW.4, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550
Patokan : Dekat terminal ragunan (tidak jauh dari kebun binatang ragunan)

7. Sate
Makan sate kambing pakai bumbu kecap enaknyaaa.. hehe.. Favorit saya adalah warung H. Abbas karena buka di siang sampai malam plus daging kambingnya empuk banget. 

Lokasi :
Jalan Taman Marga Satwa Rt 06 Rw 01 #26 Ragunan, Pasar Minggu, RT.6/RW.1, Ragunan, Jakarta Selatan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550
Patokan : sebrang diklat BRI (tidak jauh dari kebun binatang ragunan)


8. Soto
Musim hujan enaknya makan yang berkuah, salah satunya soto. Di daerah ragunan-pasar minggu banyak banget yang jual soto, namun kebanyakan hanya berasa mecinnya. Ada beberapa tempat soto yang jadi favorit saya : Soto Sedap Boyolali Hj. Widodo menurut saya seger dan tempe di sana enak. Kalau untuk soto lamongan favorit saya di dekat kebun binatang ragunan (sebrang diklat BRI) koyanya terasa dan ayam yang digunakan ayam kampung.

Lokasi Soto Sedap Boyolali Hj. Widodo : 
Jl. Tj. Bar. Lama No.125, RT.10/RW.4, Tj. Bar., Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Aceh 12530
Patokan : dekat Fly over Simatupang, dari pasar minggu ke arah depok/tj. barat

Lokasi soto lamongan : 
Taman Jajan, Jl. RM. Harsono No.19, RT.2/RW.4, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550
Patokan : sebrang diklat BRI (tidak jauh dari kebun binatang ragunan)

9. Pecel Madiun
Yang lagi main ke kebun binatang Ragunan, boleh nih mampir ke warung ini. Hampir semua makanannya enak. Tapi yang paling favorit tentu pecel madiunnya dan tidak ketinggalan tempe mendoannya.

Lokasi :
Jl. RM. Harsono No.9, RT.7/RW.7, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550

10. Tahu Gejrot
Ini camilan wajib waktu saya hamil.. enak bangett dan pedesnya bisa di request. biasanya saya beli di  : Tahu Gejrot Ragunan Kang Banyu. Beli ini pasti via go-food karena ngantrinya yang parah banget. 

Lokasi :
Jl. Kebagusan Raya, RT.7/RW.6, Kebagusan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12550

Pusat Makanan/Jajanan
Pusat Jajanan favorit saya sejauh ini adalah Kantin Kementerian Pertanian karena hampir semua yang ada di sana jadi favorit saya seperti : Es Podeng, ikan patin bakar, soto dan ada juga warung haji muhayar. Tapi menurut saya yang paling enak di sana adalah gudegnya ...

Warung- warung favorit saya di Kantin Kementerian Pertanian :




warung ini paling enak soto kudusnya

Ini ada d samping jajaran kantin, di sini paling enak gudegnya

 Kadang-kadang saya makan di kedua warung ini

Nah ini bakso yang jadi Favorit di sini yaitu bakso Pak de

 Kalo ini favorit saya banget, es podeng dan ikan patin bakarnya Juara


Mari makan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar