Kamis, 08 November 2018

Dana Tak Terfikirkan Setelah Menikah

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum) 



Hola calon manten atau bahkan para pasangan yang lagi honeymoon !
Posting kali ini saya dedikasikan untuk kalian. Ya walaupun saya baru berumah tangga 2 tahun tapi tidak apa2 ya shering masalah ini.
Waktu saya dulu belum berkeluarga, beli lipstik aja bisa sampai Rp. 800.000, tiap hari makan siang di luar, Sabtu Minggu atau Jumat selepas pulang kerja pasti ngeMall buat makan malem diluar dan pastinya nonton bioskop. Apalagi pas ada tiket murah, ya perlu mikir langsung beli dan shortrip ke LN hahahah. Hedon banget lah pokoknya, padahal gaji masih dibawah 3 juta. Alhamdulillah masih sering diingetin orang tua untuk nabung minimal 1 juta/bulan walaupun akhirnya dipakai juga buat liburan ke LN hahaha. Sempet kesel sih awalnya dipaksa suruh nabung. Kan lagi seneng-senengnya punya duit sendiri dan gak ada pikiran hari esok akan gimana karena ya kan tinggal masih sama orang tua, status pun PNS (yang kata orang gak mungkin di pecat).

Akhirnya di tahun pertama lulus S1, saya pingin kuliah S2 biar punya temen dari kalangan baru. Nah di titik itu saya mulai berhemat karen buat bayar uang kuliah. Udah jarang ke Mall tapi masi tetep sering jalan-jalan baik dalam maupun luar negeri. Alhamdulillah tabungan pun sudah ada. Lulus kuliah S2 akhirnya berencana untuk menikah. 

Hmmm...

Pengeluaran buat nikah kalau diturutin lumayan bikin kantong nangis huhuhu. Untungnya calon suami dan orang tua selalu ingetin saya agar ga terlalu jor-joran ketika menikah. Ya kan di bayangan saya menikah seumur hidup sekali (insyallah) ya pingin lah realisasikan seperti impian saya hahaha. Tapi untungnya saya nurut apalagi persiapan pernikahan saya bisa dibilang mendadak yaitu H-3 bulan baru di pastian tanggal dan tempatnya. Untungnya tabungan kamipun cukup untuk melakukan pernikahan ala orang Indonesia pada umumnya (baca: pernikahan di gedung yang dihadiri oleh banyak orang bahkan yang kami gak kenal karen merupakan undangan dari teman Ortu) hehe

Alhamdulillah pernikahan berjalan lancar dan honeymoon pun sudah kami lakukan. Ketika setelah menikah mulailah kehidupan dimulai yang tidak seindah di dongeng. Sekarang saya tau kenapa di dongeng cuma sampai part menikah setelah itu cerita selesai. Ya kan gak mungkin ada cerita cinderella yang stres karena anaknya sedang grouth spurt yang tiap malam nyusu terus atau belle yang lupa pakai alis karena sibuk beberes rumah tiap hari hahaha.

Dana-dana yang tidak saya prediksipun muncul.

Alhamdulillah setelah menikah, sayapun tak lama hamil. Uwooo pengeluaran yang tak kami prediksi yaitu biaya konsul ke dokter dan asupan gizi untuk saya lumayan bikin kantong deg-degan.

Sekali periksa ke dokter bisa 500-700 ribu, kalau mau ke RS yang lebih elit bisa 1-1.5 juta. Karena di BPJS hanya tercover 3-4 kali periksa, ya Alhamdulillah sisanya bayar sendiri. Untuk asupan gizi pun, saya mengganti camilan kue dll menjadi buah.  Sayapun tak lagi mengendarai motor ke kantor. Akhirnya ke kantor menggunakan ojek online ataupun taksi hahhaa pengeluaranpun membengkak.

Ets tunggu dulu biaya lainnya pun mengikuti seperti senam hamil, pijat hamil, USG 4D, beli baju hamil serta buku-buku terkait kehamilan dan anak. Mendekati usia kehamilan 8 bulan mulai deh belanja kebutuhan bayi. Dihitung-hitung saat itu bisa mencapai 10 juta hahaha. 

Ternyata biaya kelahiran anakpun lumayan bikin dahi berkerut. untuk lahiran normal di RS biasa bisa mencapai 10 juta sedangkan untuk cesar bisa mencapai 20-25 juta tergantung tindakan yang diberikan. Untuk kelahiran alhamdulillah saya ditanggung BPJS karena kelahiran cesar.

Alhamdulillah dedekpun telah lahir. Namun dikarenakan saya cuti 3 bulan dan bosen dong di rumah ngapain. Akhirnya belanja online wahahhaha tiap hari ada aja gojek yang datang.

Tak berhenti disitu, Tau istilah imunisasi bayi kan? Pingin kasih yang terbaik buat anak, akhirnya si dedek full imunisasi. Sekali datang ke dokter untuk imunisasi bisa sampai 1 juta lebih huhuhu.

Oiya tak lupa kalau asi seret/gak keluar walau udah diusahakan semaksimal mungkin akhirnya pakai sufor yang notabennya mahal banget cuyy. Dan yang mesti tidak boleh dilupakan biaya anak sekolah. Pingin masukin anak ke sekolah alam/mentossori atau apapun namanya ga murah ternyata. Biaya masuk TK dan SD serta uang bulanannya aja mahal. huhu sediihhhhh




Jadi pesan saya buat para pasangan yang mau menikah atau baru saja menikah, yang di atas itu pengeluaran yang sekiranya akan kalian temui setelah menikah belum termasuk cicilan ruam/mobil/ biaya hidup lohh..


so bijaklah menggunakan uang :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar