Jumat, 09 November 2018

A-toZ : Berburu Perlengkapan Bayi Jaman Now

Assalamualaikum (السلام عليكم as-salāmu 'alaykum)


Siapa di sini yang ngaku emak-emak irit?
Jadi emak-emak irit di jaman NOW menurut saya sangatlah berat. Astaga sosmed racun banget ternyata..
Sebagai emak-emak zaman now yang tiap hari mantengin instagram, pasti banyak racun dari para selebgram seperti @Ayudhyaghita, @kathleenfleurabbygail, @olevelove dan lainnya. Awalnya si cuma lihat keseharian mereka lama-lama mulai keracunan apapun yang mereka pakai seperti Young living oil, lumba playmate, Upang, I-Angel dll. Nah ternyata efek ini tidak hanya terjadi di saya. Teman-teman saya lainnya pun merasakan. Padahal menurut saya, fokus utama kita harusnya ke dana sekolah anak dan dana darurat eh malah salah fokus ke beli perintilan-perintilan seperti selebgram itu. Nah kalau harganya murah dan berguna sih gak masalah. Namun kalau harganya mahal.. Duh bikin sakit dompet hahhaha
Mereka sih enak di endorse, nah kita .....

Berdasarkan hal tersebut, untung saya segera sadar dan alhamdulillah belum terpengaruh terlalu banyak hahhaa.. Akhirnya saya mulai menimbang-nimbang ketika membeli barang. Yang murah namun kualitas tetap ok. Memang tidak banyak sih, tapi ya lumayan mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Bijak lah dalam mengelola keuangan keluarga (ecie kaya iklan layanan masyarakat)
Beberapa barang dan tempat membeli barang akan saya rekomendasikan (yang menurut saya murah namun gak murahan)

1. Pakaian Bayi dan Anak
Pakaian bayi ini menurt saya harus yang lembut, gampang kering alias tidak begitu tebal, maklum lah kita tinggal di daerah tropis. Saya sudah coba berbagai merk pakaian bayi seperti Libby, Carter, boogy baby, aruchi bahkan yang tidak bermerk sekalipun. Karena baju bayi dan anak itu pasti cuci kering pakai ya untuk semua merk di atas semua akan ada bulunya dan sedikit ngeblur warnanya. Jadi menurut saya gak masalah mau beli yang bermerk ataupun tidak hehe.

Rekomendasi saya sih boogy baby tapi yang motif lama yaitu stripe karena warnanya tidak pudar, bahannya bagus dan tidak belel dibanding boogy baby yang polos. Waktu itu beli di Tanah abang (barang reject) jadi harganya pun murah sekali. Kalu tidak salah harga perpotong tidak sampai 7.000.
Saya beli boogybaby karena murah hehehe, selain boogy baby mungkin bisa juga beli yang tidak merk di tanah abang blok A. Tapi tetap pilih yang bahan lembut dan tidak terlalu tebal. Oiya dari sekian merk baju yang saya beli, saya sedikit kecewa dengan merk Aruchi karena walaupun motifnya saya akui sangat bagus, namun bahannya tebal. Untuk celana panjang saya rekomendasiin merk carter yang satu pak berisi 5/6 celana, karena bahannya bagus.

Pakaian pergi biasanya saya beli merk pipiniko, carter, next,gymboree, circo, gap, janie n jack gak berbulu dan awet. Mahal? tentu tidak karena belinya di pasar jumat hahaa. Harga ada yang 15.000/pcs, 35.000/pcs atau 100.000/3pcs. Oiya untuk usia ada dari 0-7 tahun. Pakaian yang dijual berupa rok tutu, baju kodok, celana rok, dress, kemeja, kaos, legging, dan celana jins.

Tempat beli :
Pakaian Boogy Baby Reject:  Toko Pizerl Maternity Tanah Abang blok A
Pakaian bayi lengkap : Toko Fany Baby ITC Kuningan Lt 4 Blok B2 No 1-8 dan Tanah abang
Pakaian pergi : Pasar Jumat Kementerian Pertanian, Ragunan dan Pasar Jumat di lapangan kolam renang Marinir Cilandak.

Tips:
Menurut saya beli sesuatu yang reject itu tak masalah asal rejectnya tidak parah, namun membeli baju bekas untuk anak sebaiknya dihindari. Untuk baju pergi anak yang di pasar jumat ataupun di sogo jongkok kebanyakan adalah barang reject atau sisa ekspor. Tak jarang juga ada baju bekas. Jadi berhati-hatilah. Untuk membedakan baju reject atau sisa expot dengan baju bekas atau preloved adalah kuantitas barangnya. Jika baju sisa export atau reject biasanya jumlahnya banyak, sedangkan untuk baju bekas hanya masing-masing satu per model. Oiya jangan beli baju bayi banyak-banyak karena bayi di bawah 6 bulan naiknya minimal 800 gram per bulan. Kecuali kalau anak kita lahir ketika musim hujan, mungkin akan lain ceritanya.

Oiya untuk bedong saya jadikan satu dengan alas ompol. Saya gak rekomendasiin beli bedong bermerk karena tidak menyerap, ukuran kecil, sulit dibersihkan dan berbulu. Saya lebih suka membeli bedong meteran jaman dulu karena ukurannya lebar, ompol tidak tembus dan murah hahhaha. untuk motif sendiri banyak yang lucu-lucu kok.

Tempat beli bedong+alas ompol meteran :
Toko Mardhitex (Blok A Lt B2 los B no 36 37/ Blok B lt B2 Los B no 128)

2. Perlengkapan Tidur
Huhuhu ini ku paling menyesal. kenapa? karena saya beli kasur kursi 3 in 1 merk Dialogue yang ternyata hanya dipakai sebentar dan kursinya pun tidak dpat digunakan. Selain beli kasur 3 in 1 saya juga membeli Baby box. Menurut saya ini berguna, ya walaupun tidak digunakan untuk tidur karena ternyata saya lebih nyaman satu kasur dengan anak saya (kalau mau nyusu gampang) Tapi menurut saya baby box ini sangat berguna ketika kita meninggalkan anak kita. Tinggal taruh di box kasi mainan, Aman! Ga takut jatuh ataupun kejedut. selain itu bisa digunakan juga untuk mandi bola (hemat lah gak perlu nge MALL). Waktu anak saya belajar berdiripun karena tidak ada Lumba playmate (huhuhu paling racun) saya menggunakan box bayi ini. Box bayi yang saya gunakan merk Baby does 1808. Baby does seri ini bisa di lipat jadi kecil juga loh (Mirip Merk Nuna) jadi bisa di bawa jalan-jalan juga (kalau mau). Selain bisa dilipat kecil keunggulan lainnya yaitu ukurannya yang besar (120 x 70 x 10), terdapat mosic box dan lampu serta boneka dan yang tidak ketinggalan pula  ada tempat buat ganti popok bayi. Ini esensial banget buat yang habis lahiran cesar karena tidak perlu duduk/jongkok ketika ingin mengganti pakaian bayi. Untuk harga sendiri lebih murah dari pada Nuna yaitu 875.000.

Tempat beli :
Toko Fany Baby ITC Kuningan Lt 4 Blok B2 No 1-8

Tips :
Oiya saran saya sih tidak perlu beli bantal dan guling karena benar-benar tidak terpakai. Untuk selimut pun beli satu saja yang bagus untuk jalan-jalan sisanya mah pakai kain bedong aja hahha. Kalu untuk kelambu sebenarnya penting gak penting. Kalau saya fungsi kelambu bukan buat melindungi anak dari nyamuk (karena pakai minyak telon) tapi melindungi anak dari ciuman para tamu. Kok Pelit? iya sih, soalnya anak saya pernah flu gara2 diciumin sama tamu yang dateng.

3. Perlengkapan Mandi
Haduk mahmerk apa aja asal tebal dan lembut. Untuk yang baru lahir dan ortunya belum jago mandiin, saya rekomendasiin sabun dan sampo yang 2in1 Biar simpel. Minyak telon favorit saya adalah My Baby yang warna biru hijau karena wanginya enak banget. Waslap mandipun penting di awal lahir biar hemat sabun hehehe. Untuk perlak idolaku yaitu perlak merk kuma-kuma.

Tips:
Gak usah beli showercap si menurut saya. Oiya untuk kapas yang berfungsi untuk membersihkan BAK dan BAB saya lebih suka menggunakan kapas gulung karena lebih murah dan bisa berbentuk kotak , sehingga lebih bisa membersihkan permukaan pantat dengan jumlah kapas lebih sedikit dibanding kapas bulat.

4. Perlengkapan Mencuci
TSemua sabun baik untuk cuci baju ataupun cuci perlengkapan makan saya menggunakan merk Cussons karena murah hehhe.

5. Perlengkapan Menyusui
3Saya menggunakan pompa merk Spectra 9+ namun sepertinya lebih bagus yang merk 9s karena bisa di charge menggunakan powerbank. Untuk pemilihan merk pompa sendiri bagi ibu bekerja sebainya melihat rekan kerjanya yang lain, jikalau dimungkinkan menggunakan merk yang sama agar ketika kita lupa membawa mesin atau sparepatnya bisa meminjam punya rekan kerja kita.
Untuk botol asi sendiri saya menggunakan BKA namun saya menyesal karena lebih baik menggunakan botol UC 1000 yang di ganti tutupnya karena kapasitas lebih besar dan tidak mudah copot tutupnya jika dibekukan. Untuk tas asi sendiri favoritsaya merk babygoinc model seperti di bawah ini.



Tips
Untuk ice gel teman saya pernah menggantinya dengan aqua gelas dibekukan dan ternyata lebih tahan lama.

6. Perlengkapan Berpergian
Untuk stroler sendiri pasti saya mencari yang bisa masuk kabin pesawat, hadap depan belakang, posisi tiduran dan tidak berat serta yang pasti tidak mahal. Akhirnya Pilihan saya jatuh pada Baby Elle Avio RS. Alhamdulillah sampai saat ini saya puas. untuk harga sendiri 1.300.000. Selain stroler sayapun punya baby carier yaitu I-Angel miracle. NAH ini saya kemakan iklan emak-emas selebgram. Untung ini dapet dari kado. Harganya lumayan euy 3.000.000.

Tips 
Kalau saya si diaper bag menggunakan tas suami saya seperti tas eiger/bodypack karena kantongnya banyak dan yang terpenting tasnya harus selera suami. Kan yang bawa doi heheh. Tapi serius deh enak banget bawa perlengkapan bocil pakai tas ransel. Gak pegel.


7. Perlengkapan Kesehatan
Wahaah nih yang paling esential dan banyak racun dari selebgram mulai dari young living oil, kutus kutus, botanina dan lainnya. Sayapun ikut teracuni huhuhu. Tapi alhamdulillah berguna. Harga jangan di tanya deh hahaha apalagi yang young living oil. Untuk termometer sendiri saya membeli yang digital. Saran sih beli pas ada pameran bayi karena harganya diskon. Oiya di saya lucas paw-paw dan sudocream tidak terlalu digunakan karena saya menggunakan minyak kelapa.

8. Perlengkapan MPASI

Untuk alat steril sendiri saya lebih suka menggunakan panasonic dish drayer dibanding upang. Selain harga yang murah kapasitas pun lebih besar.  Sebenarnya bisa sih merebusnya tapi menurut saya kurang praktis hehe. Untuk memasak makanan bayi saya menggunakan starco dibanding takagi karena starko bisa memasak lauk, bubur, sayur dengan wadah terpisah sedangkan takagi dicampur jadi satu. Selain iyu, keunggulan starco lainnya bisa digunakan memasak di mobil. Dann harganya pun lebih murah dibandingkan produk setipe.. Penemuan terbaik saya sejauh ini.



Untuk foodmaker sendiri saya menggunakan pigeon. Sangat bermanfaat jika dibawa untuk jalan-jalan. Untuk tempat makan sendiri saya merekomendasikan beli tupperware aja deh tapi yang ukuran sedikit besar (800ml -1.5 liter) karena harganya lebih murah, awet dan ada tutupnya dibanding merk tempat makan bayi jaman NOW seperti nubi, dr brown, tommee tippee yang lebih mahal.  Mending uangnya buat beli bahan makanan yang bergizi buat dedek bayi :)

Untuk membersihkan gigi saya lebih suka menggunakan kain kasa, tapi kalau ingin menggunakan sikat gigi bisa menggunakan oral b karena menurut saya lebih murah dan bagus dari pada dr brown dan pigeon.

Tempat minum sendiri saya paling suka  merk baby safe, karena berbentuk sedotan, tidak mudah tumpah dan kembali lagi yang penting murah tapi gak murahan karena tetap BPA free kok.



Tips :
Kalau takut panasonic tidak membunuh kuman bisa setelah mencuci perlengkapan bayi maka direndam atau dibasuh dengan air panas selanjutnya baru dimasukan ke panasonic, Tapi saya jarang seperti itu. Oiya saran saya jangan beli alat steril yang model uap karena tidak steril.

9. Popok sekali pakai
Walaupun menggunaka clodi, saya tetap menyetok popok sekali pakai apalagi jika musim hujan huhu clodi lama keringnhya. Untuk usia 0-3 bulan saya menggunakan merries putih bergantian dengan mamypoko extradray. Sedangkan untuk usia setelah 3 bulan saya menggunakan merries hijau yang jauh lebih murah dengan kualitas yang baik.


10. Lainnya

❤ Bantal menyusui. Ini amat sangat menyelamatkan malam-malam saya ketika dedek growth spurt terlebih lagi saya masih belum pulih benar bekas sesarnya. Walaupun dipakai cuma sebentar sih.

❤ Kursi menyusui 
Terserah mau yang sofa atau kursi biasa.  Soalny biar duduknya waktu nyusui enak karena belum berani nyusuin sambil tiduran hahahha. Awalnya saya nyusuin gak pakai kursi tapi ko abis itu tulang ekorny sakit.

❤ Pembalut bersalin gak usah beli banyak-banyak. Pakai pembalut menstruasi aja.  Untuk lahiran sesar saya sarankan buat nyetok popok dewasa yang model perekat.

 Tempat sampah besar
Tempat sampah injekan besar ini saya punya dua. Yang satu buat taruh pampers kotor dan yang stau untuk taruh pakaian dan alas ompol kotor. Enakan pakai tempat sampah injek besar dibanding pakai ember tutupan.

Oiya saya juga sharing jadwal anak saya dengan suami, guna banget sih biar tau hari ini udah berapa kali pup/pipis dan tau jadwal bayi bobok atau bangun. Keseharian ini saya tulis sampai si dedek berusia 1 bulan. Diary keseharian baby zizy :

Baby Zizy16.10.17
Note : puput puser, pantat merah kebanyakan pakai pampers
😴 01.00 - 06.00 *💦
🍼 06.00 - 06.22
💩 06.26
🍼 06.45 - 07.14
🤹🏻‍♀ 07.14 - 07.45
🍼 07.45 - 07.50
🤹🏻‍♀ 07.50 - 08.00
🍼 08.00 - 08.15
😴 08.15 - 08.30
💦
🛁 08.30 - 09.00
🍼 09.05 - 09.20
😴 09.20 - 10.30
💦
🍼 10.42-11.00
😴 11.20 - 13.10
💦💩
🍼 13.19 - 13.27
💩
🍼13.45 - 14.10
🤹🏻‍♀ 14.10 -14.57
💦
🍼 15.06 - 15.11
😴 15.11-15.30
💦
🛁 15.30 - 16.14
🍼16.14 -16.38
💩
🍼 16.30-16.50
😴 16.50 - 17.00
💦 17.00
🤹🏻‍♀ 17.10
💦💩
🍼17.38 - 17.55
😴 17.55-21.00
🍼 21.00 - 21.18
😴 21.18- 23.30
💩
Rekap :
💩 BAB : 6
💦BAK : 8
😴Jam tidur : 14 jam 7 mnit
🤹🏻‍♀ main


Oiya saya juga baru paham istilah baru yakni growth spurt. Bisa di baca di sini : http://m.theurbanmama.com/articles/growth-spurt.html

serta istilah wonder week :
https://www.ibupedia.com/artikel/balita/wonder-weeks-fase-bayi-rewel-dan-lebih-sering-menangis
sampai download aplikasinya yakni : The wonder weeks

Tempat Favorit berbelanja :
Fany Baby ITC Kuningan Lt 4 Blok B2 No 1-8
Toko Mardhitex (Blok A Lt B2 los B no 36 37/ Blok B lt B2 Los B no 128)
Tanah Abang
Pasar Jumat Kementerian Pertanian dan Lapangan kolam renang marinir cilandak
Shopee dan tokopedia (tinggal cari harga termurah)

Sumber gambar ;
https://www.bukalapak.com/p/rumah-tangga/dapur/rice-cooker/en7cfi-jual-starco-src202-mini-rice-cooker-multi-fungsi-hemat-listrik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar